Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Segudang aktivitas yang kita lakukan setiap hari memang membuat lelah. Tidak heran jika di akhir hari kebanyakan orang berusaha mencari cara untuk melakukan relaksasi. Adapun salah satu cara yang belakangan ini cukup populer dilakukan adalah merendam kaki dengan cuka apel.

Manfaat Merendam Kaki dengan Cuka Apel dan Cara Membuatnya

Nyatanya, merendam kaki dengan cuka apel memang membawa banyak manfaat. Selain membuat tubuh lebih rileks, otak yang penat digunakan seharian pun perlahan akan lebih fresh. Ditambah lagi, ada beberapa khasiat yang bisa dirasakan dengan berendam menggunakan cuka apel.

Dilansir dari Beauty Epic, cuka memang dikenal memiliki manfaat untuk kulit, seperti menghilangkan jamur, bau, dan lain-lain. Selain itu, elemen asam di dalam cuka juga bisa menghaluskan kulit dan memulihkan kulit kering atau kapalan. Dengan menggunakan cuka apel, maka masalah yang terjadi pada kulit, terutama kaki, akan teratasi dengan baik.

Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel. Sediakan kurang lebih dua sendok teh penuh cuka apel, setengah galon air, dan setengah cup garam epsom. Campurkan semua bahan dan setelahnya rendam kaki di dalamnya. Lakukan selama kurang lebih 20-30 menit, kemudian angkat dan keringkan kaki dengan handuk

Jika Anda memiliki kulit yang tergolong kering, cukup rendamlah dengan cuka apel. Namun sebaiknya gunakan air dingin agar khasiat cuka apel lebih cepat terlihat. Jangan gunakan air hangat atau panas karena akan membuat kulit semakin kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Waktu terbaik untuk berendam dengan cuka apel adalah saat malam hari. Pastikan semua pekerjaan telah terselesaikan sehingga Anda bisa menikmati relaksasi dengan tenang. Jangan lupa untuk lebih dulu menggunakan moisturizer, dan usahakan untuk menggunakan kaos kaki saat berendam. Lakukan secara teratur setidaknya seminggu sekali.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi