Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merangkak adalah sebuah aktivitas melaju ke depan yang dilakukan dengan cara merunduk. Jika lebih rinci, merangkak bisa dibilang sebagai sebuah gerakan atau aktivitas bergerak yang bertumpu pada tangan sebagai pusat kekuatan. Gerakan itu akan dilakukan maju dengan kecepatan tertentu.

Sering Disepelekan, Inilah Manfaat dari Merangkak

Nah, bicara mengenai merangkak, tentu saja setiap orang pernah melakukannya, yakni saat masih dalam keadaan bayi. Sebab, sebelum bisa berdiri atau berjalan, bayi akan belajar merangkak terlebih dahulu. Fase itu merupakan fase yang penting dalam membentuk kekuatan otot.

Kebanyakan orang hanya melakukan aktivitas ini ketika masih bayi saja, setelah dewasa jarang, bahkan tidak pernah sama sekali. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa merangkak ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, utamanya menguatkan otot.

Hal itu dibenarkan oleh ahli terapis fisik asal Amerika yang menyebutkan bahwa ada berbagai macam jenis gerakan yoga dan latihan kebugaran yang diadopsi dari gerakan merangkak. Dengan sering latihan merangkak di usia produktif, bisa menguatkan otot, tulang, dan jaringan pada tubuh hampir secara keseluruhan.

Setelah terlalu lama dilupakan, gerakan yang khas bagi bayi ini sekarang digunakan sebagai latihan dasar untuk menciptakan tubuh yang bugar dan terhindar dari berbagai macam gangguan otot.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Hal senada disampaikan oleh pusat kebugaran Original Strength, bahwa merangkak setiap hari bisa membuat sistem saraf disegarkan kembali. Jadi, selain bisa membuat fisik bugar, merangkak juga ternyata mampu mengembalikan kemampuan saraf yang telah melah akibat aktivitas sehari-hari.

Bahkan, hebatnya lagi dijelaskan kalau merangkak bisa melatih kemampuan motorik yang mengaktifkan sistem vestibular, yaitu sistem sensor yang berhubungan dengan keseimbangan spasial.

Melakukannya tak perlu lama-lama, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja setiap hari. Tanpa harus menyiksa tubuh, Anda akan mendapat manfaat maksimal dari aktivitas yang satu ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi