3 Manfaat Baik dari Menulis dengan Tangan Bagi Kesehatan

manfaat-nulis-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Beberapa tahun yang lalu, sebelum teknologi semakin canggih, banyak orang yang masih menulis secara manual atau menggunakan tangan. Sebanyak apapun tulisan yang harus dibuat, mereka akan tetap menulisnya dengan menggunakan tangan.

Namun, saat ini perkembangan teknologi semakin maju. Sedikit demi sedikit orang mulai meninggalkan kebiasaan menulis dengan tangan dan menggantinya dengan mengetik sebuah komputer, laptop, dan ponsel yang dianggap lebih mudah, cepat, serta tidak begitu melelahkan.

Padahal, menulis dengan tangan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi wanita. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Northwestern mengungkapkan bahwa wanita merasakan kepuasan saat menulis dengan tangan. Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menulis dengan tangan, diantaranya:

1. Mencegah Insomnia

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan pola tidur Anda dan cenderung tidur di malam hari atau yang biasa disebut dengan insomnia, Anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan cara menulis. Anda bisa menulis mengenai hal-hal yang akan Anda lakukan esok hari. Tulislah hal tersebut sebelum Anda pergi tidur. Cara tersebut bisa membantu Ana tertidur 10 menit lebih cepat. Selain itu, menulis dengan tangan juga dapat membantu mengurangi rasa cemas yang menjadi salah satu penyebab Anda sulit untuk tidur.

2. Meredakan Stres

Stres bisa menyerang siapa saja, terutama bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas sehari-hari. biasanya, stres bisa diatasi dengan cara istirahat, makan, olahraga, dan lain sebagainya. namun, mulai sekarang Anda bisa mencoba untuk melakukan hal lain, yakni menulis dengan tangan. Sebab, menurut sebuah studi, menulis bisa membuat seseorang berpikir kritis tentang masalah yang dihadapi, yang menjadi penyebab stres.

3. Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Manfaat terakhir dari menulis dengan tangan adalah bisa mempercepat penyembuhan penyakit. hal ini juga diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa menulis ekspresif dapat membantu tubuh lebih cepat sembuh dari penyakit. Sehingga, sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang mengidap sebuah penyakit untuk melakukan kebiasaan menulis secara rutin setiap hari.