Terbit: 13 Februari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menulis menjadi kegiatan yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bukan hanya seseorang yang berprofesi sebagai penulis saja, setiap orang mungkin tanpa sadar melakukan aktivitas ini setiap harinya. Tahukah Anda bahwa kegiatan satu ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan aspek kehidupan lainnya? Yuk, simak berbagai manfaat menulis berikut ini!

13 Manfaat Menulis, Kurangi Stres hingga Tingkatkan Imunitas

Manfaat Menulis

Menulis pesan, menulis diary, menulis artikel, menulis to-do list, dan banyak kegiatan menulis lainnya kita lakukan sehari-hari. Ternyata kemampuan yang sudah kita pelajari sejak awal menginjak bangku sekolah ini memang tidak dapat disepelekan.

Berikut adalah 13 manfaat menulis bagi kesehatan dan karier yang mungkin tidak Anda sadari!

1. Menurunkan Depresi dan Kecemasan

Siapa sangka bahwa kegiatan seperti menulis dapat membantu mengatasi gejala depresi dan kecemasan?

Menulis dapat mengurangi frekuensi pikiran negatif yang mengganggu dan membuat pikiran lebih tenang. Aktivitas ini juga dapat membantu Anda untuk berdamai dengan trauma masa lalu. Menulis akan membantu Anda untuk melepaskan emosi yang tertahan yang dapat membuat Anda stres.

Ketika Anda menuliskan peristiwa yang ada di masa lalu, Anda juga akan dapat melihat perubahan positif yang telah terjadi pada diri Anda. Selain itu, menulis juga dapat membantu mendeteksi pola tidak sehat pada perilaku dan pikiran Anda. Hal ini dapat membantu Anda menemukan apa yang sebenarnya membuat Anda stres.

2. Memperkuat Sistem Imun

Salah satu manfaat menulis bagi kesehatan adalah meningkatkan sistem imun dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai penyakit.

Menuliskan emosi dan pikiran dapat meningkatkan kemungkinan melawan beberapa penyakit seperti asma, rheumatoid arthritis, gangguan tidur, hingga kanker.

Sebuah studi di Selandia Baru menemukan 76% orang dewasa yang menulis jurnal tentang kegiatannya sehari-hari selama 20 menit per hari selama 3 hari berturut-turut sebelum menjalani biopsi, sembuh sepenuhnya pada hari ke-11. Hal ini menunjukkan bahwa menulis membantu pemulihan fisik lebih cepat.

Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa menulis ekspresif (seperti menulis diary) memang ampuh untuk mengurangi stres sehingga memberikan efek memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Membuat Lebih Bahagia

Selain meningkatkan sistem imun, manfaat menulis diary atau menulis ekspresif lainnya adalah dapat membuat seseorang lebih bahagia.

Hal ini dikaitkan dengan manfaat menulis yang dapat menurunkan stres secara teratur dan meningkatkan suasana hati. Ketika tingkat stres menurun dan mood membaik, tentunya seseorang akan merasa lebih bahagia.

Dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menuliskan tujuan dan impian masa depan dapat membuat seseorang lebih bahagia dan sehat.

Membuat tulisan tentang rasa syukur juga dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan karena dapat membantu kita lebih melihat hal-hal baik dalam kehidupan ini.

4. Mempertajam Memori

Menulis dapat membantu mempertajam memori dan menyaring informasi penting untuk diingat.

Otak menerima banyak informasi setiap harinya, salah satu cara untuk berkonsentrasi, mengingat, dan memahami informasi ini adalah dengan menulisnya.

Menulis dapat mengaktifkan reticular activating system (RAS) di otak, yang merupakan sistem yang bertanggung jawab dalam penyaringan informasi. Ingatan bersifat selektif sehingga Anda hanya akan mengingat informasi yang difokuskan. Menulis membantu Anda fokus pada informasi tersebut.

5. Mengobati Patah Hati

Menulis juga dipercaya dapat menjadi salah satu obat untuk patah hati.

Ketika mengalami putus cinta, seseorang mengalami banyak emosi sekaligus sehingga membuatnya tidak fokus, sulit berpikiran jernih, atau bahkan memicu stres. Jika dibiarkan, kondisi ini juga dapat memengaruhi kesehatan fisik seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa menulis jurnal tentang cara menghadapi putus cinta dapat membantu mendefinisikan perasaan kembali dan membantu kita menerika pengalaman tersebut dengan lebih baik.

Menulis juga dapat membantu melepaskan pikiran dan emosi yang dirasakan selama mengalami perpisahan tersebut.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebelum memulai hari, Anda membutuhkan pemanasan otak yang dapat membantu Anda lebih fokus untuk memulai hari.

Menulis dapat menjadi salah satu pemanasan sebelum memulai hari. Anda dapat menulis apa saja, termasuk menulis tentang kegiatan apa saja yang ingin dilakukan hari itu sambil menikmati sarapan pagi.

Pemanasan yang cukup akan membuat pikiran Anda lebih fokus dan tajam, sehingga Anda dapat menjalani hari dengan lebih produktif.

7. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat menulis artikel, jurnal, atau bentuk tulisan lain selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan kreativitas.

Ketika berlatih menulis, tidak perlu menuntut hasil yang sempurna, yang penting adalah terus berlatih. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari tulisan yang dihasilkan.

8. Membantu Mencapai Tujuan

Apakah Anda termasuk ke dalam orang yang suka menulis resolusi tahunan atau rencana kehidupan lainnya?

Menulis ternyata terbukti dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang menuliskan tujuan dan impiannya secara teratur memiliki kemungkinan 42% lebih besar dalam mencapai impiannya dibandingkan yang tidak menuliskannya.

Ketika seseorang menuliskan tujuannya, alam bawah sadarnya akan mencari peluang dan cara yang relevan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

9. Melatih Kosa Kata

Semakin banyak menulis, maka semakin banyak kata yang akan Anda pelajari.

Ketika menulis suatu teks yang panjang, Anda mungkin ingin menghindari penggunaan satu kata yang sama berulang-ulang. Kondisi ini kemudian menuntut Anda untuk mencari padanan kata dari kata tersebut, yang artinya sudah ada kosa kata baru yang Anda pelajari.

Banyaknya kosa kata yang Anda miliki ini tentunya akan meningkatkan kemampuan berbahasa Anda dan ini berguna hampir untuk setiap profesi.

10. Berkomunikasi dengan Lebih Baik

Ketika kemampuan berbahasa Anda telah meningkat, bukan hanya kualitas tulisan Anda saja yang meningkat, tapi kemampuan berbicara Anda juga dapat meningkatkan.

Perbendaharaan kata yang banyak dan pengetahuan yang lebih luas akan membuat Anda lebih percaya diri dalam berbicara. Ini akan sangat membantu ketika Anda harus menyampaikan sebuah presentasi atau membangun percakapan dengan individu maupun kelompok.

11. Lebih banyak Membaca

Ketika banyak menulis, Anda kemungkinan juga akan lebih banyak membaca.

Membaca sumber lain seperti buku, artikel, blog, atau bahkan koran dapat memberikan inspirasi berupa ide, referensi, atau bahkan kosa kata baru yang dapat menunjang tulisan Anda.

Semakin banyak bacaan yang dibaca, pengetahuan yang Anda dapatkan juga tentunya semakin luas. Semakin banyak juga kemampuan yang dapat dipelajari yang nantinya dapat menunjang kehidupan sehari-hari dan karier Anda.

12. Bertemu dengan Lebih Banyak Orang

Manfaat menulis selanjutnya adalah dapat membantu Anda untuk bertemu dengan lebih banyak orang dan memperluas jaringan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menerbitkan tulisan dalam sebuah blog, Anda berkesempatan untuk berkomunikasi dengan pembaca melalui tulisan tersebut. Selain itu, tidak jarang juga komunitas yang menaungi para penulis dengan skala yang berbeda-beda. Anda dapat bergabung dengan komunitas ini.

Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan. Kesempatan ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan karier Anda.

13. Meningkatkan Rasa Bersyukur

Menghitung berkat dalam hidup terbukti sebagai salah satu cara ampuh untuk meningkatkan pandangan hidup.

Sebuah studi menunjukkan bahwa subjek yang merefleksikan hal-hal baik dalam hidup mereka seminggu sekali dengan cara menuliskannya, menjadi lebih positif dan termotivasi tentang situasi mereka saat ini dan masa depannya.

Uniknya, manfaat justru lebih sedikit ketika aktivitas ini dilakukan setiap hari. Jadi dapat dikatakan bahwa menuliskan hal baik tentang kehidupan dapat berguna, Anda perlu melakukannya secara berkala, namun tidak perlu setiap hari.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menulis sesuatu yang berbeda setiap harinya.

Itu dia berbagai manfaat menulis yang bisa Anda dapatkan. Setiap orang mungkin memiliki tujuan yang berbeda dalam menulis dan bentuk tulisan yang Anda tulis tentunya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi, apakah Anda sudah siap menulis hari ini?

 

Sumber:

  1. Anonim. 7 Science-Based Benefits of Journaling. https://mylifejournal.co/blogs/blog/7-science-based-benefits-of-journaling. (Diakses 13 Februari 2020).
  2. Ciotti, Gregory. 2014. How Writing Makes You Happier, Smarter, and More Persuasive. https://www.psychologytoday.com/us/blog/habits-not-hacks/201408/how-writing-makes-you-happier-smarter-and-more-persuasive. (Diakses 13 Februari 2020).
  3. Hughes, Adam. 8 Amazing Things Will Happen To Your Brain When You Keep Writing Every Day. https://www.lifehack.org/322592/8-amazing-things-will-happen-your-brain-when-you-keep-writing-every-day. (Diakses 13 Februari 2020).
  4. Winter, Catherine. 5 Benefits of Writing: Why You Should Write Every Day. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/benefits-writing-why-you-should-write-all-the-time.html. (Diakses 13 Februari 2020).

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi