Terbit: 14 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mentimun adalah salah satu jenis tumbuhan yang sangat populer dan digemari oleh kebanyakan orang Indonesia. Mentimun bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti sayuran, salad, dan masih banyak lagi.

Inilah 4 Manfaat Konsumsi Mentimun Setiap Hari

Walaupun dikonsumsi dalam jumlah banyak, mentimun tidak akan memberikan efek samping yang berarti serta tidak akan meningkatkan berat badan. Sampai saat ini, mentimun dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga banyak dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu, mengonsumsi mentimun secara rutin juga bisa memberi segudang manfaat bagi kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat mengonsumsi mentimun setiap hari:

1. Menghilangkan Stres

Jika Anda sering mengalami stres akibat masalah pekerjaan, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan mentimun. Baik dikonsumsi maupun digunakan sebagai metode terapi. Sebab, mentimun sangat kaya akan vitamin, mulai dari vitamin B, vitamin B1, vitamin, B5, dan vitamin B7. Lantas, vitamin B7 sendiri dikenal dengan biotin, yaitu senyawa yang bisa meredakan stres serta rasa kekhawatiran yang berlebihan.

2. Meningkatkan Kemampuan Otak

Salah satu kandungan mentimun yang bermanfaat adalah flavonol. Flavonol sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan hubungan antar neuron. Sehingga mengonsumsi mentimun secara rutin bisa meningkatkan kemampuan memori otak dalam jangka waktu panjang. Untuk itu, mentimun juga terbilang cukup efektif dalam menangani kepikunan serta Alzheimer.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Melancarkan Pencernaan

Salah satu penyebab berat badan tak kunjung turun adalah karena gangguan pencernaan. Maka dari itu, tak heran jika timun sering digunakan sebagai bahan saat sedang melakukan proses diet. Lantas, mentimun juga bisa mencegah penyakit asam lambung akibat fungsinya yang bisa menstabilkan kadar pH dalam organ dalam tubuh.

4. Meredakan Lelah

Bagi Anda yang memiliki rutinitas yang sangat padat, tentunya Anda sering merasa kelelahan, bukan? Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi mentimun. Lebih baik digunakan sebagai minuman dengan cara menjadikannya infused water.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi