Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kesehatan adalah sebuah hal yang tidak bisa ditawar ataupun diganti dengan apapun. Sebab, dengan tubuh serta mental yang sehat, seseorang bisa menjalani kehidupan dengan baik dan lancar. Sehat sendiri bisa didefinisikan sebagai kondisi jiwa dan raga yang berfungsi normal sebagaimana mestinya tanpa gangguan sedikitpun.

Menikah Bisa Cegah Risiko Stroke dan Sakit Jantung

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Misalnya, berolahraga, menjaga pola makan, serta menjaga pola tidur. Namun, tak hanya itu saja, masih ada beberapa cara lagi yang terbilang ampuh dalam menjaga kesehatan. Seperti hasil penelitian yang baru-baru ini sempat mengehbohkan banyak orang, yakni sehat bisa didapatkan hanya dengan pernikahan.

Ya, penelitian yang dilakukan oleh Department Kardiologfi Royal Stroke Hospital, Inggris tersebut telah menemukan sebuah manfaat baru dalam pernikahan. Disebutkan bahwa risiko kematian karena stroke dan jantung akan menurun bila seseorang melangsungkan pernikahan. Dari ratusan responden yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa, orang-orang yang sendirian, baik status lajang maupun bercerai, memiliki risiko penyakit jantung serta stroke yang cukup tinggi.

Lebih jelas lagi, para ilmuan tersebut mengatakan saat menikah, terjadi reaksi alamiah di dalam tubuh yang tak terkira sebelumnya, termasuk lancarnya sirkulasi darah secara signifikan. Dengan aliran darah yang lancar, maka seluruh organ di dalam tubuh bekerja dengan normal. Kesehatan yang memuncak tiba-tiba tersebut ditengarai datang dari rasa bahagia yang luar biasa.

Seperti diketahui, jika seseorang sedang sangat bahagia, maka otak akan mengirimkan sinyal baik sehingga reproduksi hormon dan sel akan berjalan semakin baik pula. Lantas, dalam pernikahan juga bisa mencegah terjadinya gangguan psikologis akibat kesendirian. Hal itu dikarenakan setiap ada masalah, pasangan yang menikah bisa saling berbagi cerita sehingga tidak memendamnya sendirian. Sebab, memendam masalah adalah cara paling mudah membuat fisik dan mental melemah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi