Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengkudu atau yang juga disebut sebagai ‘noni fruit’ oleh orang luar merupakan salah satu buah yang dikenal sebagai buah penyembuh. Kendati memiliki rasa yang pahit, buah mengkudu kerap digunakan sebagai obat-obatan alami untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Tidak heran jika sejumlah orang juga menggunakan mengkudu untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat. Bahkan, sudah banyak suplemen yang dikestrak dari buah mengkudu yang sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin memiliki kulit bersih dan sehat. Hal ini lantaran buah mengkudu memiliki kandungan vitamin yang cukup beragam. Tidak heran jika buah mengkudu mampu mencegah sejumlah penyakit kulit seperti:

Manfaat Mengkudu dalam Mencegah Penyakit Kulit

1. Jerawat

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah kulit satu ini. Dilansir dari laman Steemit, kandungan vitamin C pada buah mengkudu dapat menjaga kulit terhindar dari serangan bakteri penyebab jerawat. Seperti yang telah diketahui, infeksi bakteri penyebab jerawat hanya akan bekerja saat imunitas sel kulit dalam keadaan lemah. Namun kandungan vitamin C pada buah mengkudu justru memperkuat sistem imun kulit yang mencegah P. Acnes merusak sel kulit dan memicu munculnya jerawat.

2. Breakout

Masalah lain pada kulit yang banyak menjadi kendala adalah breakout. Saat kulit mengalami breakout, kulit tidak hanya kehilangan kelembapannya. Namun juga mengalami sejumlah masalah. Mulai dari iritasi yang menyebabkan rasa gatal atau bahkan menjadikan kulit mengelupas. Sayangnya, buah mengkudu ternyata dapat menjadi solusi dari masalah satu ini. Buah mengkudu tidak hanya dilengkapi dengan vitamin C yang mempercepat proses penyembuhan kulit tetapi juga kandungan vitamin A dan moisturizer tinggi yang menjadikan sel kulit tetap terjaga kelembapannya.

3. Kulit yang Kasar

Masih berhubungan dengan dua masalah sebelumnya, kulit yang kasar ternyata disebabkan karena jaringan tisu mengalami kerusakan. Jaringan tisu yang rusak bisa disebabkan oleh bekas jerawat hingga luka bekas iritasi pada kulit. Namun, kandungan bahan kimia yang bernama xeronine pada buah mengkudu akan memperbaiki kerusakan pada jaringan sehingga kulit akan memiliki tekstur yang sama. Penggunaan buah mengkudu sebagai bahan alami untuk merawat kulit juga menjadikan kulit terasa lebih halus dan lembut.

Buah mengkudu yang juga dikenal sebagai salah satu buah-buahan tropis ini memang banyak diolah menjadi minyak atau pun suplemen. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menggunakan ekstrak mengkudu sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Anda yang lebih berani juga dapat mengonsumsi jus buah mengkudu segar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi