Terbit: 18 Mei 2020 | Diperbarui: 5 Juni 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Manfaat pisang merah ternyata tak jauh berbeda dengan manfaat pisang yang memiliki warna kulit berwarna kuning. Beberapa orang mengatakan rasa pisang merah seperti pisang pada umumnya, tetapi dengan sedikit rasa raspberry. Simak khasiat pisang merah selengkapnya di bawah ini.

14 Manfaat Pisang Merah, Meningkatkan Imunitas hingga Metabolisme

Kandungan Pisang Merah

Sebelum mengetahui berbagai manfaat pisang merah, hal penting yang harus Anda ketahui adalah kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Berikut adalah berbagai kandungan pisang merah, antara lain:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Potasium
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Magnesium

Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan

Seperti halnya dengan pisang yang memiliki warna kulit kuning, pisang warna merah juga mampu memberikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Apa saja khasiatnya bagi kesehatan? Berikut adalah berbagai manfaat pisang merah yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Pisang warna merah kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Jika rutin mengonsumsinya, Anda akan jarang mengalami pilek dan flu.

2. Meningkatkan Energi

Manfaat pisang merah berikutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan energi. Pisang warna merah mengandung tiga varietas gula alami yang berbeda: fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Karena ketiga varietas gula ini dipecah dengan cepat, mengonsumsi buah ini akan memberi Anda energi yang cepat dan energi yang berkelanjutan sepanjang hari. Hal inilah yang membuat pisang merah menjadi menu sarapan yang baik.

3. Mengatasi Sembelit

Pisang warna merah juga merupakan pilihan tepat jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit karena kaya akan kandungan serat. Serat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan mendorong makanan melaluinya dengan lebih efisien.

Selain itu, manfaat pisang merah juga bisa mengurangi kemungkinan Anda menderita rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dapat disebabkan oleh sembelit. Gerakan usus yang teratur juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

4. Mengatasi Rasa Mulas

Sembelit bukan satu-satunya masalah lambung yang dapat dibantu oleh pisang warna merah. Manfaat pisang merah lainnya yang bisa didapatkan adalah kemampuannya untuk mengatasi mulas. Selain itu, pisang merah memiliki efek antiasam, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi sakit maag kronis.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada di dalam pisang warna merah menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan beta-karoten adalah dua karoten dalam pisang merah yang mendukung kesehatan mata.

Makanan yang kaya lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut. Sementara itu, beta-karoten adalah karotenoid yang mendukung kesehatan mata dan pisang warna merah menyediakan lebih banyak daripada varietas pisang lainnya.

Baca Juga: 20 Manfaat Pisang bagi Kesehatan dan Nutrisi di Dalamnya

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pisang merah lainnya yang cukup penting untuk mendukung kesehatan tubuh adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Buah ini kaya akan kalium yang menangkal efek negatif natrium dan menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan bentuk-bentuk lain penyakit jantung

7. Mengobati Anemia

Anemia terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh yang lain) berada di bawah normal. Manfaat pisang merah dapat membantu mengobati anemia karena kaya akan vitamin B6, mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun hemoglobin.

8. Membantu Berhenti Merokok

Manfaat pisang merah berikutnya berguna bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok. Berhenti merokok bagi mereka yang sudah memiliki kebiasaan ini bukanlah perkara yang mudah. Namun, pisang merah dapat membantu proses ini. Pisang warna merah kaya akan kalium dan magnesium, mineral yang membantu tubuh untuk mengatasi efek penarikan nikotin, sehingga lebih mudah untuk memutus siklus kecanduan.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat, sepertinya Anda tidak perlu ragu untuk mendapatkan manfaat pisang merah. Mengapa pisang merah baik untuk menurunkan berat badan?

Pertama, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, satu pisang umumnya hanya mengandung 90 kalori. Kedua, karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat memberi rasa kenyang dan lebih mudah untuk mengurangi kalori tanpa mengalami rasa lapar.

10. Morning Sickness

Manfaat pisang merah lainnya juga bisa digunakan oleh ibu hamil yang sering mengalami morning sickness. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita hamil karena perubahan hormon dalam tubuh. Pisang merah mengandung pyridoxine atau vitamin B6 yang mengendalikan masalah mual dengan mempertahankan kadar gula darah.

11. Menjaga Suasana Hati

Manfaat pisang merah berikut jarang disadari oleh banyak orang. Ternyata, pisang merah tidak hanya dapat membantu kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu kesehatan emosional. Vitamin B6 yang terdapat di dalamnya dapat mengubah triptofan menjadi serotonin, hormon yang membantu mengatasi masalah depresi.

Kadar serotonin yang sedikit berisiko menyebabkan gangguan psikologis termasuk gangguan kecemasan.

12. Menjaga Kesehatan Rambut

Khasiat pisang merah berikutnya juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan potasium, karbohidrat, vitamin, dan mineral lainnya dapat meningkatkan dan memperkuat folikel rambut. Pada akhirnya, hal itu dapat mencegah kerontokan rambut, ketombe, rambut kering, dan masalah rambut lainnya.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang warna merah mengandung vitamin C dan B6 yang mencegah masalah kulit seperti penuaan dini, eksim, jerawat, noda, dan masalah lainnya. Meski begitu, manfaat yang didapatkan setiap individu bisa berbeda-beda. Sebelum digunakan untuk mengatasi masalah kulit, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

14. Meningkatkan Proses Metabolisme

Pisang warna merah juga bisa menjadi pendorong metabolisme. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 yang tinggi mampu mendukung metabolisme yang sehat. Jika metabolisme Anda berfungsi dengan baik, ini berarti tidak hanya lebih mudah menurunkan berat badan tetapi juga menjaga tingkat energi tetap stabil sepanjang hari.

Nah, itulah berbagai manfaat pisang merah yang bisa didapatkan tubuh. Meski pisang merah memiliki banyak manfaat, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk menilai manfaatnya mengatasi beberapa penyakit tertentu.

 

  1. Anonim. 10 Astonishing health benefits of Red Banana you should know. https://www.bloomingyourlifestyle.com/health-benefits-of-red-banana/. (Diakses pada 18 Mei 2020).
  2. Wu, Brian. 13 Amazing Health Benefits Of Red Banana (Better Than Yellow Banana!). https://www.lifehack.org/453528/13-amazing-health-benefits-of-red-banana-better-than-yellow-banana. (Diakses pada 18 Mei 2020).
  3. Zamarripa, Maria. 2019. 7 Red Banana Benefits (And How They Differ From Yellow Ones). https://www.healthline.com/nutrition/red-bananas. (Diakses pada 18 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi