10 Manfaat Menari bagi Kesehatan ( No. 9 Siapa yang Tidak Mau? )

0
379
manfaat-menari-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat ini banyak pria dan wanita yang memiliki hobi menari atau dance terutama karena dianggap menyenangkan. Selain mengasyikkan, aktivitas seni ini juga termasuk aktivitas fisik yang memiliki segudang manfaat menari bagi kesehatan tubuh, seperti membantu menghilangkan stres hingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selengkapanya simak manfaat dance lainnya di bawah ini:

Manfaat Menari bagi Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki hobi menari, berikut adalah sederet manfaat menari yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Meningkatkan daya ingat

Manfaat menari juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rutin menari mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah dari demensia atau pikun saat usia semakin bertambah.

Anda bisa memilih tarian yang memiliki tempo teratur seperti aerobik. Selain bisa meningkatkan daya ingat, aerobik juga bisa membuat jantung lebih sehat.

2. Meningkatkan kesehatan fisik

Bila dilakukan secara rutin, manfaat menari dapat meningkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan, bahkan saat Anda tidak menari. Satu penelitian pada 54 orang dewasa yang berusia 65-74 selama empat bulan. Kelompok ini menjalani kelas dansa dua kali seminggu di berbagai tempat, seperti taman dan lingkungn masyarakat.

Para peneliti membuat gerakan dasar koreografi yang lebih kompleks, untuk menghindari kelelahan pada peserta, dan menguji kemampuan fisiknya sebelum dan sesudah penelitian.

Setelah menari, peserta beralih dengan jalan kaki 400 meter dalam waktu lebih dari 7 menit menjadi 6,5 menit. Yang lebih menyenangkan, aktivitas fisik yang mereka lakukan sendiri meningkat dari 650 menit atau 10,8 jam, menjadi hampir 818 menit atau 13,6 jam. Mereka tidak hanya menari, tapi melakukan aktivitas fisik yang lebih banyak.

Peningkatan aktivitas fisik bermanfaat banyak bagi kesehatan peserta. Manfaat olahraga sendiri dapat menurunkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, juga membuat tidur lebih baik dan lebih berenergi.

3. Menurunkan berat badan

Tidak sedikit orang yang melakukan aktivitas fisik atau olahraga tujuannya hanya ingin menurunkan berat badan. Sama seperti olahraga, manfaat dance atau menari juga bisa menurunkan berat badan, lho!

Cara tersebut dianggap lebih menyenangkan dan lebih efektif membakar kalori, apalagi bagi Anda yang tidak menyukai olahraga seperti lari. Ketika Anda menari selama 30 menit, maka kalori yang bisa terbakar adalah sebanyak 250 kalori.

4. Mengatasi stres

Mungkin sebagian besar orang memiliki cara sendiri untuk mengurangi stres, misalnya seperti makan, jalan-jalan, berenang, dan lain sebagainya. Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi stres dengan menari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak sedikit orang menari hanya karena ingin mengurangi stres.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat menari secara berpasangan dapat membantu menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan hormon endorfin atau hormon bahagia akan dilepaskan oleh tubuh saat menari. Sehingga, Anda akan merasa lebih bahagia dan perasaan stres pun akan berangsur hilang.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Berdasarkan sebuah penelitian di Italia, menari ternyata kagiatan menyenangkan yang bagus untuk mereka yang berisiko penyakit kardiovaskular. Penderita gagal jantung yang rutin menari dapat meningkatkan kesehatan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang hanya bersepeda atau treadmill untuk berolahraga.

Senada dengan Department of Health and Human Services yang berbasis di Amerika, bahwa manfaat menari bagi kesehatan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Agar mendapatkan manfaat secara maksimal, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit hingga 300 menit per minggu latihan intensitas sedang, atau 75 menit hingga 150 menit per minggu dari aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi.

Penari profesional dan pelatih pribadi bersertifikat, Leon Turetsky, mengatakan bahwa semua gaya tarian menghasilkan latihan kardio yang hebat karena detak jantung tertantang oleh gerakan yang berbeda.

6. Meningkatkan energi

Tidak hanya membuat Anda semangat dan aktif, mengikuti kelas menari mungkin membantu lebih semangat dan aktif. Ini selaras dengan penelitian yang dipublikasikan di The Scholarly Publishing dan Academic Resources Coalition, bahwa manfaat dance atau menari mingguan dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan energi pada orang dewasa.

7. Keseimbangan tubuh lebih baik

Jika tubuh mulai mengalami kehilangan keseimbangan seiring bertambahnya usia, beberapa gerakan tarian mungkin dapat membantu mengurangi kekhawatiran gejala tersebut.

Menurut sebuah peneitian dalam Journal of Aging and Physical Activity, yang menunjukkan bhawa tarian tango dapat meningkatkan keseimbangan tubuh orang lanjut usia (lansia).

Menari membutuhkan banyak gerakan cepat dan postur tubuh yang baik. Jadi bila sering dilakukan, manfaat menari akan membantu menstabilkan dan dapat mengontrol keseimbangan tubuh yang lebih baik.

8. Menangkal penyakit virus

Latihan aerobik juga termasuk manari yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan cara yang baik. Manfaat dance aerobik ini mungkin dapat mengurangi kerentanan terhadap berbagai penyakit virus ringan, seperti pilek dan flu.

9. Panjang umur

Berdasarkan penelitian, orang yang mengikuti olahraga aerobik hidup lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga secara teratur.

Mereka yang rutin melakukan aerobik mungkin juga memiliki risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab, seperti penyakit jantung dan beberapa kanker. Itu artinya Anda bisa mengolaborasikan antara manfaat menari dan aerobik bagi kesehatan.

10. Mengelola kondisi kronis

Latihan aerobic dance atau latihan yang dipadukan dengan tarian dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah, yang dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi sendi pada penderita artritis.

Manfaat aerobic dance juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kebugaran pada penderita kanker. Jika memiliki penyakit arteri koroner, olahraga aerobik dapat membantu mengelola kondisi tersebut.

 

Sumber:

  1. 9 Health Benefits of Dance (https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/health-benefits-of-dance.aspx, diakses 15 Agustus 2019).
  2. 8 Benefits of Dance (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-dance#benefits, diakses 15 Agustus 2019).
  3. 4 Major Benefits of Dancing, Including Increasing Your Brainpower!
    (https://draxe.com/health/brain-health/lets-dance/, diakses 15 Agustus 2019).
  4. Aerobic exercise: Top 10 reasons to get physical (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/aerobic-exercise/art-20045541, diakses 15 Agustus 2019).