Terbit: 25 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki hewan peliharaan di rumah sesungguhnya tidak mudah. Kita perlu memperhatikan kondisi kesehatan dan kebutuhan hewan peliharaan tersebut dengan baik. Meskipun banyak hal yang perlu diperhatikan, namun memiliki hewan peliharaan ternyata dapat bermanfaat bagi perkembangan kesehatan anak.

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak

Manfaat memiliki hewan peliharaan

Dilansir dari laman Woman’s Day beberapa manfaat memiliki hewan peliharan antara lain:

1. Membantu anak lebih aktif
Ketika anak memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, anak akan ikut bergerak dengan lebih aktif saat mengajak peliharaannya bermain. Hal ini tentu lebih bermanfaat dibandingkan anak yang asik bermain di hadapan gawai.

2. Lebih disiplin dan bertanggung jawab
Dengan memiliki hewan peliharaan, anak akan belajar untuk memberi makan, membersihkan kandang dan memandikan peliharaan secara tepat waktu. Hal ini akan mendorong anak untuk disiplin dalam hal lainnya, termasuk mengatur waktu.

3. Meredakan stres
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Florida menyebutkan bahwa anak yang memelihara dan merawat anjingnya dengan baik lebih mudah meredakan stres daripada yang tidak pernah merawat anjing sama sekali.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Menumbuhkan rasa empati
Memelihara hewan peliharaan dapat menumbuhkan rasa empati sehingga anak akan lebih menyayangi hewan tersebut. Pada kehidupan sosial, rasa empati akan membuat anak lebih mudah untuk saling menyayangi.

5. Mengurangi alergi
Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah menunjukkan hasil tes kulit positif pada alergen di dalam ruangan seperti bulu hewan dan debu. Para ahli berpendapat kondisi ini disebabkan oleh interaksi antara hewan peliharaan dapat mentransfer bakteri yang ada di mulut hewan dan dapat megubah kekebalan tubuh anak saat merespon alergen lainnya.

Wah, ternyata banyak ya pilihan manfaat memelihara hewan peliharaan untuk anak-anak. Apa hewan peliharaan kesayangan buah hati Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi