Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika sedang senggang, tidak sedikit orang yang hanya bermain dengan gadget mereka. Hal ini berlaku bagi siapa saja, baik anak muda sampai orang dewasa. Sebab, gadget sudah seakan-akan menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Memijat Kaki Sendiri di Waktu Senggang

Misalnya, saat sedang menunggu sesuatu ataupun jam istirahat, tentunya kebanyakan orang lebih cenderung untuk memainkan gadget mereka. Padahal, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan dan tentunya memiliki manfaat lebih baik. Salah satu aktivitas yang baik dilakukan ketika waktu senggang adalah memijat kaki sendiri.

Ya, memijat kaki sendiri memang melelahkan dan membosankan. Tapi, ada manfaat baik di balik itu. Jangan pernah merasa lelah jika hal tersebut berhubungan dengan kesehatan. Sebab, sering memijat kaki ternyata memiliki beberapa manfaat berikut ini.

1. Meregangkan Otot

Kaki adalah bagian penting bagi tubuh manusia. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa kaki adalah pondasi yang akan menopan tubuh sepanjang waktu. Maka tak heran jika otot kaki sering mengalami cedera dan kaku. Untuk itu, ketika dalam waktu senggang disarankan agar kita memijat kaki sendiri agar otot menjadi lebih rileks dan terhindar dari kelelahan.

2. Meredakan Stres

Mungkin terdengar aneh, tapi itulah faktanya. Memijat kaki ternyata bisa meredakan stres sehingga cocok bagi kita yang penuh dengan tekanan pekerjaan. Sekedar informasi, pada telapak kaki ada beberapa titik yang bernama solar plexus. Nah, titik tersebut merupakan sumber dari stres kita. Maka dengan pijatan yang rutin, dapat dipastikan bisa meredakan stres secara efektif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selanjutnya manfaat dari sering memijat kaki di waktu senggang adalah melancarkan sirkulasi darah. Seperti diketahui, kaki merupakan pusat dari jaringan yang terhubung ke semua bagian tubuh. Dengan sering memijat kaki, tentu saja suplai darah pun akan menjadi lancar dan kita bisa terhindar dari pembekuan darah pada titik tertentu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi