Menakjubkan, Ini Manfaat Memeluk Anak untuk Perkembangannya

beberapa-manfaat-memeluk-anak-untuk-perkembangannya-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada umumnya, setiap orang tua suka memeluk anak yang dicintainya setiap hari. Pastinya orang tua akan memberikan pelukan hangat untuk anak-anaknya setiap saat. Pelukan hangat merupakan salah satu bentuk kasih sayang dan ungkapan cinta dari orang tua kepada anaknya.

Apakah Anda mengetahui bahwa tentang manfaat memeluk anak? Ternyata, memeluk anak memiliki banyak manfaat untuk perkembangannya. Tanpa disadari, pelukan hangat yang sering Anda berikan ini tak hanya sebagai bentuk ungkapan cinta dan kasih sayang tetapi juga memiliki banyak manfaat.

Manfaat memeluk anak untuk perkembangannya

Tetaplah memeluk anak Anda dan jangan ragu untuk selalu memberikannya pelukan hangat. Setiap anak tentunya akan bahagia bila sering mendapatkan pelukan setiap hari. Simaklah tentang manfaat memeluk anak yang akan membuat Anda semakin ingin memeluk anak Anda setiap saat.

1. Memeluk anak bisa membuat anak bahagia

Tahukah Anda, bahwa pelukan hangat yang lama dapat membuat anak bahagia?

Pelukan hangat akan mengangkat serotonin anak sehingga meningkatkan suasana hatinya dan anak pun menjadi bahagia. Pelukan hangat merupakan obat penawar dari amarah, kesepian, dan perasaan lainnya yang tidak enak. Oleh karena itu, tetaplah Anda memeluk anak lebih lama.

2. Memeluk anak bisa memperkuat ikatan dengan anak

Ketika Anda memeluk anak-anak, waktu akan terasa berhenti pada saat itu. Pelukan hangat membuat Anda terasa benar-benar hadir untuk hidup anak. Perasaan Anda dan anak akan terhubung secara emosional dan fisiologis. Dengan demikian, terbentuklah ikatan antara orang tua dengan anak. Berikanlah anak-anak Anda pelukan hangat dan lembut setiap hari.

Baca juga: Ide Kegiatan Ayah dan Anak Untuk Bonding Time

3. Memeluk anak bisa memperkuat kekebalan tubuh anak

Pelukan itu menyehatkan. Saat Anda memeluk anak dengan pelukan hangat maka akan terjadi peningkatan kadar oksitosin. Peningkatan kadar oksitosin ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan menjaga tubuh anak Anda tetap sehat.

4. Memeluk anak bisa membuat anak lebih cerdas

Sebuah studi menemukan bahwa kontak kulit atau sentuhan fisik bisa merangsang perkembangan otak anak tersebut. Akan tetapi, sentuhan fisik yang dimaksud hanyalah sentuhan pengasuhan seperti pelukan hangat dari orang tua kepada anaknya. Jadi, dengan menyentuh anak dengan memberi pelukan hangat maka otak anak akan berkembang dan bertumbuh dengan baik.

5. Memeluk anak bisa membantu pertumbuhannya

Ternyata, ketika anak-anak kehilangan kontak fisik, tubuh mereka kurang bertumbuh meskipun asupan nutrisi normal. Anak-anak ini mengalami gangguan pertumbuhan. Gangguan pertumbuhan ini dapat diatasi apabila anak mendapatkan pelukan hangat orang tuanya.

Memeluk anak akan memicu pelepasan oksitosin yang sering dikenal sebagai hormon cinta. Ketika pelepasan oksitosin meningkat, beberapa hormon pertumbuhan juga meningkat. Tubuh anak pun akan mengalami peningkatan pertumbuhan dengan baik dan pesat.

6. Memeluk anak bisa menghentikan tantrum temper

Saat lahir, sistem saraf anak-anak tidak cukup matang untuk mengatur emosi mereka. Inilah sebabnya mengapa balita memiliki emosi yang tak terkendali dan sulit berhenti alis tantrum. Pelukan hangat akan memicu pelepasan oksitosin untuk menurunkan tingkat hormon stres.

Penurunan tingkat hormon stres pada anak akan membuat anak merasa lebih tenang sehingga tantrum pun bisa di atasi. Selain itu, dengan sering memeluk anak maka Anda telah membuat anak Anda menjadi lebih percaya diri.

Baca juga: Mengenal Kecerdasan Emosi Anak dan Cara Mengembangkannya

7. Memeluk anak bisa membuat anak merasa aman & nyaman

Anak-anak membutuhkan kasih sayang yang penuh kasih dari orang tua mereka untuk merasa aman dan nyaman secara emosional. Sebuah pelukan hangat dari orang tuanya akan membangun rasa aman dan nyaman yang mendalam pada anak-anak.

Rasa aman dan nyaman yang dipupuk sejak masa kanak-kanak ini akan meningkatkan keterbukaan mereka untuk mempelajari hal-hal baru dan membuka jalan untuk komunikasi yang terbuka dan jujur.

8. Memeluk anak bisa memperbaiki kedisiplinan anak

Biasanya orang tua akan membentak atau memukul anaknya ketika anak-anak berbuat salah. Seharusnya, orang tua memberikan sebuah pelukan hangat saat anak-anak melakukan sebuah kesalahan.

Pelukan hangat akan menenangkan hati anak Anda terlebih dahulu dan membuatnya merasakan bahwa Anda adalah orang yang amat menyayanginya. Jadi melaui pelukan hangat, suasana yang lebih kondusif akan tercipta untuk memulai pembicaraan yang tegas dengan anak.

Hal ini membuat anak lebih bersedia mendengarkan apa yang Anda katakan atau harapkan tentang perilaku mereka. Dan mereka pun akan berusaha untuk memperbaikinya. Jadi peluklah anak dengan lembut saat mereka melakukan kesalahan sampai suasana hati mereka membaik lalu nasihatilah mereka.