10 Manfaat Memegang Payudara, Bisa Memperbesar Ukuran?

manfaat-memegang-payudara-doktersehat

DokterSehat.Com – Selain memiliki fungsi utama memproduksi susu pada wanita, payudara juga merupakan bagian tubuh yang sangat peka terhadap rangsangan seksual. Hal ini lah membuat aktivitas memegang payudara atau meremas payudara menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pasangan. Apa saja sebenarnya manfaat memegang payudara?

Fungsi Payudara

Payudara merupakan salah organ yang masuk ke dalam sistem reproduksi wanita. Payudara tersusun dari kelanjar susu, kelenjar adiposa, dan juga saluran susu. Perkembangan payudara pada wanita mulai terlihat ketika memasuki masa pubertas dan akan terus berkembang kurang lebih hingga usia 21 tahun.

Fungsi utama dari payudara adalah memproduksi air susu ibu atau ASI. Selain memproduksi ASI, payudara juga memiliki fungsi sebagai penanda ciri fisik yang membedakan wanita dengan pria. Payudara juga bisa dikatakan sebagai salah satu daya tarik yang dimiliki oleh wanita.

Payudara merupakan bagian tubuh yang sensitif sehingga menjadikan bagian tubuh yang satu ini menjadi sasaran rangsangan seksual. Terdapat beberapa cara untuk memberikan rangsangan pada payudara mulai dari memegang hingga meremas payudara.

Manfaat Memegang Payudara

Memegang atau meremas payudara merupakan hal wajah yang dilakukan oleh pasangan. Selain itu, tentunya terdapat juga aktivitas memijat payudara yang biasa dilakukan untuk mengatasi beberapa keluhan payudara. Meskipun kegiatan ini sudah umum dilakukan, tapi tahukah Anda bahwa memegang payudara dapat mendatangkan berbagai manfaat?

Berikut adalah 13 manfaat memegang payudara yang wajib Anda dan pasangan ketahui!

1. Meningkatkan gairah seksual

Manfaat memegang payudara yang pertama adalah meningkatkan gairal seksual. Payudara merupakan salah satu bagain tubuh wanita yang paling sensitif. Sentuhan pada payudara ketika sedang melakukan aktivitas seksual dapat meningkatkan gairah wanita.

2. Membuat ukuran payudara lebih besar

Manfaat memegang payudara yang kedua adalah dapat menambah ukuran payudara. Manfaat yang satu ini sangat dipercaya oleh masyarakat bahwa memegang atau meremas payudara dapat membuat payudara membesar. Hal ini merupakan mitos, namun tidak sepenuhnya salah.

Memegang atau meremas payudara memang dapat membuat ukuran payudara membesar, namun ternyata hal ini hanya terjadi sementara. Membesarnya payudara hanya merupakan respons pada rangsangan saja. Ketika payudara disentuh maka aliran darah ke payudara akan meningkat dan membuat payudara lebih kencang sehingga terlihat lebih besar.

3. Melancarkan produksi hormon dalam tubuh

Memegang payudara juga dipercaya dapat melancarkan produksi hormon dalam tubuh, terutama hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Seperti yang kita ketahui, hormon merupakan komponen yang sangat penting dalam tubuh. Tidak seimbangnya hormon dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

4. Mencegah stres

Manfaat memegang payudara selanjutnya adalah dapat mencegah stres. Ketika payudara mendapatkan rangsangan, tubuh akan memberikan berbagai reaksi. Salah satu reaksinya adalah produksi hormon endorfin. Hormon yang satu ini merupakan hormon yang dapat memberikan efek bahagia dan juga rasa nyaman pada tubuh.

5. Menurunkan risiko tumor dan kanker

Manfaat memegang payudara lainnya adalah dapat menurunkan risiko tumor dan kanker. Memegang degan cara memijat atau meremas payudara dipercaya dapat memberikan tekanan fisik yang dapat mencegah perkembangan sel yang tidak normal dalam tubuh dan mengembalikan perkembangan sel akan dapat normal kembali.

Memegang atau memijat payudara juga bisa menjadi cara untuk mengidentifikasi adanya tumor payudara. Hal ini sangat penting agar tumor dapat diketahui sejak dini dan ditangani dengan lebih cepat dan tepat.

6. Relaksasi otot

Sebelum masuk ke masa mentruasi, umumnya wanita akan mengalami yang disebut dengan PMS atau premenstrual syndrome. Salah satu gejala PMS adalah nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk payudara. Memegang atau lebih tepatnya memijat payudara dapat membantu untuk relaksasi otot payudara agar rasa nyeri berkurang.

Cara ini juga bisa diterapan pada ibu menyusui. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pijat payudara dapat secara efektif mengurangi nyeri payudara yang dirasakan oleh banyak ibu menyusui.

7. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Manfaat memegang payudara selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika payudara diberikan rangsangan selama beberapa saat, detak jantung dan ritme napas seseorang akan meningkat dan menjadi lebih cepat.

Cara ini dipercaya memiliki manfaat untuk melatih jantung dan paru-paru, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular dan gangguan pernapasan. Namun tentunya cara untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru akan lebih efektif jika dibarengi juga dengan olahraga kardio secara rutin.

8. Membuat awet muda

Segala bentuk aktivitas seksual, termasuk memegang atau meremas payudara dipercaya dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas seksual secara rutin terlihat lebih muda dibandingkan yang tidak melakukannya.

Hal ini lah diduga terjadi karena terlepasnya hormon seperti endorfin dan serotonin ketika sedang dan setelah melakukan aktivitas seksual. Tidak hanya menghasilkan rasa bahagia dan nyaman, tetapi kedua hormon ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit Anda.

9. Membakar kalori

Manfaat memegang payudara yang kesembilan adalah dapat membakar kalori. Aktivitas seksual memang sering dianggap sebagai salah satu jenis olahraga karena memicu seseorang mengeluarkan banyak keringat. Hal ini membuktikan bahwa ada banyak kalori yang terbakar dalam tubu berkat kegiatan ini.

Namun perlu diingat bahwa meskipun dapat membakar kalori, tapi aktivitas seksual tidak dapat dikategorikan sebagai kegiatan membakar kalori yang dapat membantu penurunan berat badan. Jika ingin berat badan turun maka harus lebih banyak lagi kalori yang dibakar dengan cara melakukan olahraga lainnya.

10. Mengencangkan payudara

Manfaat memegang payudara yan terakhir adalah dapat mengencangkan payudara. Banyak mitos yang beredar bahwa memegang atau meremas payudara terlalu sering akan membuat payudara kendur, namun hal ini belum dapat dibuktikan. Pada dasarnya ada banyak faktor yang dapat membuat payudara kendur seperti faktor usia hingga penurunan berat badan.

Di sisi lain, sebagian orang percaya bahwa memegang payudara atau lebih tepatnya memijat payudara dapat membantu mengencangkan payudara dan mencegah payudara kendur. Hal ini bisa terjadi karena pijat payudara dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga payudara pun menjadi lebih kencang.

Efek Samping Memegang Payudara

Pada dasarnya tidak ada efek samping pasti dari memegang payudara, tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memegang payudara untuk menghindari terjadinya efek samping. Terdapat beberapa kondisi di mana Anda tidak diperbolehkan memegang baik itu memijat atau pun meremas payudara.

Kondisi seperti adanya kanker atau tumor payudara, mastitis (radang kelanjar susu), adanya infeksi pada payudara, adanya luka pasca operasi, atau kondisi lainnya merupakan kondisi yang mengharuskan Anda untuk berhati-hati. Memegang payudara ditakutkan akan dapat memperburuk kondisi yang sedang dialami.

Manfaat memegang payudara di atas merupakan manfaat yang banyak dipercaya oleh masyarakat, namun belum semua manfaat tersebut memiliki bukti ilmiah. Efek yang dirasakan setiap orang juga mungkin berbeda-beda, bergantung pada kondisi tubuh masin-masing.

Namun hal tersebut tidak membuat memegang payudara menjadi hal yang berbahaya, sehingga memang tidak ada salahnya untuk dilakukan, asalkan dengan tetap memerhatikan kondisi payudara itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat!