Terbit: 4 September 2020 | Diperbarui: 6 September 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Siapa sangka jika manfaat membaca bagi tubuh dan pikiran ada sangat banyak? Ya, membaca ternyata bukan hanya Anda dapat jadikan sebagai hobi yang dapat menambah pengetahuan, tapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Yuk, simak berbagai manfaatnya berikut ini!

10 Manfaat Membaca Buku untuk Tubuh dan Pikiran

Manfaat Membaca bagi Tubuh dan Pikiran

Membaca adalah salah satu kegiatan penuh manfaat yang bisa dilakukan saat waktu luang. Selain dapat memberikan wawasan, ternyata membaca juga dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh hingga kesehatan mental kita, lho!

Apa manfaat membaca? Berikut adalah berbagai manfaat membaca yang sayang jika dilewatkan:

1. Mencegah Penurunan Kognitif Terkait Usia

Membaca adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan oleh The National Institute on Aging sebagai cara untuk melatih pikiran seiring dengan bertambahnya usia.

Sebuah studi oleh Rush University Medical Center yang dilaksanakan tahun 2013 menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik yang merangsang mental selama hidupnya –termasuk membaca– cenderung tidak mengembangkan plak, lesi, dan kekusutan protein tau yang ditemukan pada otak penderita demensia.

Belum ada studi yang secara langsung mencari hubungan antara membaca dan risiko Alzheimer. Meskipun begitu, penelitian menunjukkan bahwa lansia yang membaca dan memecahkan soal matematika setiap hari dapat mempertahankan dan meningkatkan fungsi kognitif mereka.

2. Mengurangi Stres

Manfaat gemar membaca selanjutnya adalah dapat mengurangi stres.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2009 mengukur efek yoga, humor dan membaca terhadap tingkat stres pada mahasiswa ilmu kesehatan di Amerika Serikat. Penelitian menemukan bahwa 30 menit membaca dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan psikologis sama efektifnya dengan yoga dan humor.

3. Membantu Tidur Lebih Berkualitas

Membaca dapat menjadi pengantar tidur yang baik bagi sebagian orang.

Tidak ada salahnya menjadikan kegiatan satu ini sebagai rutinitas sebelum tidur. Pakar kesehatan menyarankan untuk membaca buku cetak dibandingkan versi digital karena kemungkinan besar cahaya dari layar akan membuat Anda sulit untuk tidur.

Jika Anda kesulitan tidur, dokter juga menyarankan untuk membaca di luar kamar tidur. Jika sudah mengantuk atau masuk jam tidur Anda, barulah masuk ke dalam kamar untuk bersiap tidur.

4. Meringankan Gejala Depresi

Bukan hanya menurunkan stres saja, manfaat membaca juga dapat meringankan gejala depresi.

Seseorang yang memiliki depresi cenderung merasa terisolasi dan juga terasing dari orang lain. Perasaan ini dipercaya dapat berkurang ketika seseorang membaca. Ketika membaca cerita fiksi, Anda dapat terhanyut dalam pengalaman yang dialami oleh karakter, hal ini membuat Anda dapat melupakan perasaan terasing dan terisolasi tersebut.

5. Memperkuat Otak

Membaca secara signifikan dapat melatih kekuatan otak, hal ini dibuktikan melalui pemindaian MRI.

Membaca melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Melalui pemindaian MRI, diketahui bahwa jaringan tersebut semakin kuat dan canggih saat kemampuan membaca seseorang matang.

Pemindaian otak juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan konektivitas otak pada saat seseorang membaca, bahkan hingga beberapa hari setelahnya. Konektivitas ini terutama meningkat pada bagian korteks somatosensori, yaitu bagian otak yang merespons sensasi fisik seperti gerakan dan nyeri.

Baca Juga: 13 Manfaat Menulis, Kurangi Stres hingga Tingkatkan Imunitas

6. Meningkatkan Memori Otak

Manfaat membaca selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan memori otak.

Ketika membaca, Anda dituntut untuk mengingat banyak hal. Setiap memori baru terbentuk di otak, sinap baru terbentuk di otak dan ini dapat memperkuat sinap lain yang telah terbentuk. Hal inilah yang membuat memori jangka pendek dan kemampuan mengingat Anda terlatih.

7. Memperbanyak Perbendaharaan Kata

Manfaat satu ini tentunya sangat baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Pada anak-anak, buku mengajarkan 50% kata baru lebih banyak dibandingkan dengan menonton televisi. Pada orang dewasa, memperbanyak perbendaharaan kata dapat membantu meningkatkan soft skill seperti kemampuan berkomunikasi. Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan paling dibutuhkan dalam pekerjaan.

8. Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak

Melatih kebiasaan membaca sejak dini agaknya memang sangat baik dilakukan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar membaca sejak sebelum usia sekolah cenderung berprestasi lebih baik di seluruh aspek pendidikan formal. Hal ini bukan berarti Anda harus memaksa anak belajar membaca sejak kecil, tapi dapat juga dimulai dengan sering membacakan buku cerita untuk anak.

Selain itu anak-anak yang gemar membaca juga dianggap lebih baik dalam memahami konsep abstrak, menerapkan logika dalam berbagai scenario, memahami sebab akibat, dan menggunakan penilaian yang baik.

9. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Manfaat membaca buku selanjutnya adalah dapat membantu Anda melatih fokus dan konsentrasi.

Kecanggihan teknologi dipadu dengan kesibukan sehari-hari mengharuskan Anda menjadi orang yang multitasking dan berpindah dari tugas satu ke tugas lainnya dalam waktu yang singkat. Perilaku seperti ini pada dasarnya dapat menyebabkan stres meningkat dan menurunkan produktivitas.

Membaca dapat membantu Anda untuk melatih konsentrasi karena ketika membaca, Anda akan dapat membenamkan pikiran sepenuhnya pada buku yang sedang dibaca dan sejenak melupakan hal lainnya.

10. Membuat Umur Panjang

Tubuh yang sehat tentunya menjadi salah satu hal yang paling mendukung untuk memiliki umut yang panjang.

Sebuah studi kesehatan dan pensiun jangka panjang diikuti oleh 3.635 peserta selama 12 tahun. studi ini menemukan bahwa partisipan yang membaca buku, dapat bertahan sekitar 2 tahun lebih lama dibandingkan yang tidak membaca, yang membaca majalan, atau membaca buku dalam bentuk media lain.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang yang membaca lebih dari 3,5 jam setiap minggu memiliki kemungkinan 23% untuk hidup lebih lama, jika dibandingkan dengan orang yang tidak membaca sama sekali.

Nah itu dia berbagai manfaat gemar membaca yang bisa Anda rasakan. Mulailah dengan menciptakan sudut rumah yang ramah untuk membaca sehingga aktivitas ini bisa dilakukan dengan lebih tenang dan nyaman. Sudut kecil ruangan dengan pencahayaan yang cukup bagus sudah cukup sebagai tempat membaca yang nyaman di rumah, lho.

 

  1. Brown, Brendan. 2016. 14 reasons why reading is good for your health. https://www.businessinsider.com/14-reasons-why-reading-is-good-for-your-health-2016-12?r=US&IR=T#:~:text=When%20we%20read%2C%20not%20only,developing%20Alzheimer’s%20later%20in%20life. (Diakses 4 September 2020).
  2. Stanborough, Rebecca Joy. 2019. Benefits of Reading Books: How It Can Positively Affect Your Life. https://www.healthline.com/health/benefits-of-reading-books. (Diakses 4 September 2020).
  3. Whiteman, Honor. 2016. Five ways reading can improve health and well-being. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313429. (Diakses 4 September 2020).
  4. Winter, Catherine. 10 Benefits of Reading: Why You Should Read Every Day. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-reading-why-you-should-read-everyday.html. (Diakses 4 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi