Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak semua orang suka dengan keberadaan pot kecil berisi tanaman atau bunga di meja kerjanya karena berpikir jika hal ini akan membuat tempat kerja menjadi lebih penuh dan tidak ringkas. Padahal, keberadaan pot kecil ini bisa berpengaruh besar bagi produktivitas kerja lo.

Manfaat Meletakkan Tanaman di Meja Kerja

Photo Source: Flickr/Proflowers

Dikutip dari NBC News, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Tubuh yang bugar, suasana hati yang memadai, atau lingkungan pekerjaan yang tepat bisa menjadi penentunya. Yang menarik adalah, keberadaan benda-benda alamiah seperti pot tanaman, suara gemericik air, atau posisi meja yang berada di dekat jendela yang memungkinkan kita melihat pemandangan alam juga bisa membuat kita lebih produktif.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Environmental Psychology menyebut sebuah fenomena bernama biophilia, kecenderungan manusia untuk terkait dengan alam. Meskipun konsep dari biophilia ini masih diperdebatkan para ahli, ada sebuah fakta yang disetujui oleh semuanya, yakni menikmati pemandangan alam selama 40 detik saja sudah cukup untuk membuat otak menjadi lebih rileks.

Saat otak menjadi lebih rileks, maka kita akan mampu memperhatikan berbagai hal dengan lebih baik, tidak mudah teralihkan, dan membuat lebih sedikit kesalahan. Hal ini berarti, produktivitas bekerja bisa menjadi lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Penelitian lain menghasilkan fakta bahwa merasakan pengalaman alamiah seperti mendengarkan suara gemericik air atau merasakan aroma hutan bisa menurunkan stres, denyut jantung, dan tekanan darah. Melihat keberadaan tanaman juga bisa membuat kita lebih produktif dan sehat.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Queensland menghasilkan fakta bahwa dengan menempatkan tanaman di meja kerja, maka kita bisa meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Bahkan, hanya dengan menempatkan kalender bergambar pemandangan alam saja sudah cukup untuk membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menempatkan pot tanaman di tempat kerja agar lebih mudah mengatasi stress dengan lebih baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi