Manfaat Mengganti Kopi dengan Matcha

matcha_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/nucastiel

DokterSehat.Com– Meski tergolong dalam minuman yang sehat dan bahkan telah terbukti mampu mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, dalam realitanya kopi juga tidak baik jika dikonsumsi dengan berlebihan. Hal inilah yang disadari oleh Hajar Larbah dari Popsugar. Ia kini mulai mulai mengurangi konsumsi kopi dan menggantinya dengan Matcha.

Larbah mengaku suka dengan aroma dan rasa dari kopi. Sayangnya, meski minuman ini bisa menghilangkan rasa kantuk, tetap saja Larbah mengalami kelelahan di siang hari dan susah tidur saat malam hari.

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik atau bisa memicu dehidrasi meskipun kita telah mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak kita minum kopi, semakin parah pula efek diuretik yang bisa muncul. Sebaliknya, matcha tidak akan menyebabkan efek samping ini. Kandungan antioksidan di dalam matcha juga akan membuat kita lebih baik dalam mencegah datangnya kanker hingga diabetes tipe 2.

Hanya dalam seminggu setelah Larbah mengganti kopi dengan matcha, ia mulai menyukai minuman yang bisa membuat pikiran menjadi tenang ini. Kulitnya mulai terlihat lebih sehat dan antioksidan di dalam minuman berwarna kehijauan ini juga mulai membuatnya lebih berenergi. Kini, Larbah pun tak lagi bergantung dengan kopi saat mulai mengantuk di sore hari. Ia juga mengaku tak lagi mencari-cari camilan manis seperti dulu.

Lantas apakah kopi bisa dianggap sebagai minuman tidak sehat? Belum tentu. Dalam dua buah penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annal of Internal Medicine, disebutkan bahwa kopi tetap saja bisa membuat kita memiliki harapan hidup lebih lama.

Hanya saja, setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang mengaku kurang nyaman dan bahkan mengalami efek samping saat mengonsumsi kopi. Jika kita termasuk dalam orang-orang yang mengalami hal ini, ada baiknya kita mulai mencoba minum matcha yang juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.