5 Manfaat Masturbasi Kalau Dilakukan dengan Kontrol yang Tepat

doktersehat manfaat masturbasi

DokterSehat.Com – Masturbasi adalah aktivitas seks secara solo yang nikmat tapi juga memberikan banyak efek yang buruk. Kalau masturbasi dilakukan dengan sembarangan dan berlebihan, Anda akan mengalami banyak gangguan pada tubuh hingga gangguan psikologi yang menyebabkan seorang jadi pendiam hingga depresi.

Kalau masturbasi dilakukan dengan kontrol yang baik mulai dari waktu hingga perilakunya, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar. Oh ya, manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh pria saja, wanita juga akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baiklah langsung saja, inilah manfaat masturbasi untuk pria dan wanita kalau dilakukan dengan kontrol yang benar dan waktu yang tepat.

  1. Menurunkan rasa sakit saat menstruasi atau setelah melahirkan

Saat sedang menstruasi wanita akan mengalami peluruhan dinding rahim secara alami. Luruhnya dinding ini menyebabkan rasa sakit yang sangat besar. Rasa sakit saat wanita mengalami menstruasi bisa ditekan dengan masturbasi. Wanita diperbolehkan merangsang alat vitalnya hingga mendapatkan orgasme.

Pada wanita yang baru saja melahirkan, alat vital akan masih sakit dan kering. Kalau seks dipaksakan akan memberikan rasa sakit sehingga masturbasi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kenikmatan secara seksual. Oh ya, pada wanita yang baru melahirkan, masturbasi bisa dibantu pasangan atau dilakukan sendiri.

  1. Mencegah gangguan pada prostat

Pria yang rutin mengalami ejakulasi akan melindungi organ prostat yang sangat penting. Saat pria melakukan ejakulasi cairan mani akan keluar secara rutin. Keluarnya cairan ini juga memicu keluarnya zat bersifat karsinogen yang ada di sekitar prostat.

Saat zat yang bersifat karsinogen ini keluar, peluang terjadi kanker prostat akan menurun. Jadi, melakukan masturbasi secara rutin asal tidak berlebihan pada pria justru bisa melindungi tubuh dari kanker yang berbahaya.

  1. Memperbaiki kualitas sperma

Sperma pada pria matang dan sempurna setelah 2-3 hari. Setelah matang, sperma sebaiknya dikeluarkan untuk pembuahan. Pada pria yang belum menikah, kondisi ini tentu tidak mungkin dilakukan sehingga jalan satu-satunya untuk menjaga agar regenerasi sperma berjalan dengan lancar adalah masturbasi.

Pria bisa melakukan masturbasi sebanyak dua kali dalam seminggu agar sperma tetap terproduksi dengan baik dan tidak berlebihan. Kalau pria melakukan masturbasi lebih dari dua kali atau bahkan setiap hari justru membuat mereka menjadi ketagihan dan susah untuk berhenti.

  1. Melepaskan hormon bahagia

Saat mengalami orgasme ketika masturbasi, tubuh akan melepas semacam hormon bahagia berupa endorfin dan dopamin. Dua zat ini akan menyebabkan siapa saja menjadi lebih relaks, bahagia, dan mendapatkan kepuasan secara psikologi, tidak hanya seksual dalam bentuk orgasme.

Kalau pria atau wanita melakukan masturbasi secara berlebihan, tubuh akan mulai resisten dengan zat yang diciptakan ini. Dampaknya penurunan kenikmatan atau kesulitan dalam menerima rangsang saat melakukan seks aktual akan terjadi.

  1. Meningkatkan performa seks

Beberapa pria yang mengalami gangguan kemampuan seksual seperti kerap mengalami ejakulasi dini bisanya disarankan untuk melakukan masturbasi beberapa jam sebelum bercinta. Melakukan masturbasi ini akan sedikit menurunkan sensitivitas dari penis sehingga pria bisa lebih tahan saat melakukan penetrasi.

Masturbasi ini bisa dibantu dengan pasangan sebelum melakukan sesi utama bercinta atau dilakukan sendiri. Yang penting, Anda tidak melakukannya secara berlebihan sehingga mengganggu aktivitas seks yang dilakukan. Kalau sampai Anda kecanduan masturbasi, kondisi seperti disfungsi ereksi dan ketidakmampuan mempertahankan ereksi bisa terjadi.

Demikianlah manfaat dari masturbasi yang bisa dirasakan oleh pria atau wanita kalau dilakukan dengan kontrol yang baik dan benar.