Terbit: 5 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Antonius Hapindra Kasim

Yuk, cari tahu apa saja kandungan, manfaat masker timun, cara membuat, dan tips kecantikan lainnya di sini! Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan sebagai alternatif perawatan kecantikan. Salah satunya adalah timun yang memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit.

manfaat-masker-timun

Kandungan Timun untuk Kulit

Timun adalah bahan alami yang tidak hanya membawa manfaat kesehatan untuk tubuh, namun juga baik untuk kulit. Apa saja kandungan timun yang baik untuk kulit? Berikut ini daftarnya!

  • Vitamin C: Berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti keriput, penuaan dini, dll.
  • Vitamin A: Memproduksi kolagen untuk memelihara kesehatan kulit.
  • Asam Folat Omega 3: Kandungan alami untuk mengatasi penuaan dini dan meningkatkan kesehatan kulit.
  • 96% Konten Air: Menghidrasi tubuh dan kulit.

Timun juga mengandung efek anti peradangan dan antioksidan alami yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit sehingga banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan perawatan kulit.

Manfaat Masker Timun

Timun mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi untuk membantu merawat kecantikan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker mentimun untuk kulit, yaitu:

1. Mengatasi Jerawat

Penyebab jerawat yang paling umum adalah karena adanya sel-sel kulit mati dan kulit berminyak yang menyumbat pori-pori hingga timbul jerawat.

Anda dapat mencegah jerawat dengan masker timun. Timun memiliki sifat astringen, yaitu zat yang menyempitkan jaringan kulit untuk membantu mengencangkan pori-pori dan membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan sebum berlebih.

Masker timun juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat secara alami karena timun memiliki efek antiinflamasi untuk meredakan peradangan pada jerawat. Kandungan ini membantu jerawat lebih cepat mengempis dan mengembalikan kondisi kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Terdapat banyak penyebab penuaan dini pada kulit wajah di antaranya adalah paparan sinar UV, pola makan dan tidur yang buruk, atau pengaruh stres, namun jangan khawatir karena Anda dapat mengatasinya dengan perawatan kulit secara alami dengan masker timun.

Timun mengandung vitamin C, asam caffeic, asam folat, serta komponen antioksidan untuk mengatasi penuaan dini, termasuk gejala kulit keriput, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dll.

Kombinasi berbagai nutrisi alami tersebut berperan untuk melawan racun, menyegarkan kulit yang lelah, merangsang pertumbuhan sel baru, dan menghilangkan berbagai gejala penuaan dini pada kulit.

Baca Juga: 12 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

3. Mengatasi Iritasi Kulit

Manfaat masker mentimun selanjutnya adalah untuk mengatasi iritasi kulit seperti kulit ruam, kemerahan, gatal, nyeri, dan sensasi kulit terbakar lainnya yang umumnya disebabkan oleh gigitan serangga, paparan sinar matahari, atau alergi dan efek samping produk kecantikan tertentu.

Timun memiliki efek mendinginkan dan meredakan peradangan kulit. Anda cukup mengaplikasikan masker timun di area kulit yang teriritasi selama sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Mengatasi Mata Panda

Kombinasi kandungan flavonoid dan antioksidan dalam timun efektif untuk mengatasi mata panda, lingkar mata hitam, dan bengkak di bawah mata. Timun juga memiliki efek anti inflamasi untuk membantu meredakan pembengkakan mata yang umumnya terjadi akibat kurang tidur atau efek setelah menangis.

Anda tidak perlu mengolah timun menjadi masker untuk mendapatkan khasiat ini, cukup iris tipis timun dalam keadaan dingin dan letakkan di mata sepanjang malam. Efek mendinginkan dari timun juga dapat merelaksasi mata Anda.

5. Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan pada timun berperan dalam membantu mencerahkan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam. Kandungan ini juga dapat meremajakan kondisi kulit Anda.

Cara membuat masker timun untuk mencerahkan wajah adalah dengan menumbuk timun hingga halus, lalu aduk rata dengan campuran beberapa tetes jus lemon. Setelahnya, aplikasikan ke wajah dan diamkan masker selama sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Berbagai produk perawatan kecantikan menggunakan bahan dasar timun sebagai toner atau pembersih karena timun memiliki komponen astringen alami untuk mengecilkan pori-pori. Pori-pori besar memicu mudahnya jerawat dan gangguan kulit lainnya timbul.

Anda dapat menggunakan masker timun dengan campuran madu, bulir tomat, atau aloe vera untuk meningkatkan efektivitas manfaat masker timun.

7. Meratakan Warna Kulit Wajah

Apakah Anda memiliki masalah warna kulit yang tidak merata terutama di T zone kulit wajah? Anda dapat mengatasinya secara alami dengan masker timun.

Timun mengandung vitamin A yang berperan sebagai kolagen. Kolagen adalah zat yang dibutuhkan untuk mendukung pembentukan struktur dan warna kulit. Manfaat kolagen lainnya adalah untuk menjaga tekstur kulit menjadi kenyal, halus, dan sehat.

8. Menghidrasi Kulit

Timun mengandung 96% air untuk membantu melembapkan kulit dan tubuh secara alami. Kenapa kulit harus terhidrasi dengan baik? Kulit yang kurang terhidrasi akan membuat kondisi kulit menjadi kering yang memicu gatal, keriput, mudah terkelupas, bersisik, hingga risiko eksim.

Kondisi kulit kering tersebut tentu tidak diinginkan, jadi sangat penting untuk mempertahankan kelembapan kulit sehingga kulit selalu dalam kondisi sehat. Anda juga dapat menambahkan madu atau lidah buaya untuk meningkatkan efektivitas dalam melembapkan dan menenangkan kulit Anda.

9. Menyegarkan Kulit

Selain berbagai kombinasi nutrisi dan vitamin seperti Vitamin A, C, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit, timun juga memiliki komponen air dan efek dingin yang dapat menyegarkan kulit wajah Anda.

Masker timun ini cocok untuk Anda yang lelah beraktivitas seharian atau sering begadang agar wajah tidak terlihat kusam dan selalu segar.

10. Mengatasi Selulit

Selulit adalah kondisi dimana kulit tampak bergelombang dan tekstur seperti benjolan akibat perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat. Selulit paling sering terjadi pada wanita di bagian tubuh paha, pinggul, bokong, dan perut.

Salah satu cara alami mengatasi selulit adalah dengan masker timun yang dicampur dengan setengah cangkir ground coffee dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan area selulit dan bungkus dengan plastik atau kain pembungkus selama 30 menit sampai meresap.

Selanjutnya, eksfoliasi masker yang sudah kering dan bilas sampai bersih. Anda mungkin harus melakukannya secara rutin satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

Cara Membuat Masker Timun

Setelah mengetahui manfaat masker timun, ketahui cara membuat masker timun pada pembahasan ini.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 buah timun.
  • Mangkuk.
  • Blender atau food processor.
  • Sendok.

Anda juga dapat menambahkan aloe vera, madu, atau oatmeal sebagai bahan campuran masker.

Cara Membuat:

  • Haluskan timun tanpa dikupas dengan blender sampai konsistensi pasta agak encer.
  • Saring untuk memisahkan ampas timun.
  • Tuang ke mangkuk dan masker timun siap digunakan.
  • Cuci wajah Anda sebelum mengaplikasikan masker.
  • Oleskan masker dan diamkan selama sekitar 15 menit.
  • Bila sudah, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Anda dapat menambahkan campuran 2 sendok teh madu, pasta aloe vera, atau oatmeal pada masker timun original tersebut.

Itulah pembahasan tentang manfaat masker timun. Timun adalah bahan alami untuk perawatan kecantikan, namun Anda tetap harus menjaga kesehatan kulit dengan asupan nutrisi lain, menjaga pola makan, serta olahraga teratur.

 

  1. Börve, Alexander. 2017. 5 Key Nutrients for Healthy Skin. https://www.firstderm.com/5-nutrients-for-healthy-skin-and-where-to-find-them/. (Diakses pada 5 Februari 2020).
  2. Elisabeth. 2018. These Are 5 Benefits of Cucumber Masks for Facial Skin. https://www.avoskinbeauty.com/blog/en/these-are-5-benefits-of-cucumber-masks-for-facial-skin/. (Diakses pada 5 Februari 2020).
  3. Higuera, Valencia. 2019. Benefits of a Cucumber Face Mask and How to Make One. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cucumber-face-mask. (Diakses pada 5 Februari 2020).
  4. Nutrition Data. 2018. Cucumber, with Peel, Raw Nutrition Facts and Calories. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2439/2. (Diakses pada 5 Februari 2020).
  5. Oliver, Dana. 2017. 3 Reasons Why Cucumber Is Your Skin’s New Best Friend. https://www.huffpost.com/entry/cucumber-skin-benefits_n_7645976. (Diakses pada 5 Februari 2020).
  6. Visually. 2013. 7 Wonderful Benefits Of Cucumber For Healthy Skin. https://visual.ly/community/infographic/health/7-wonderful-benefits-cucumber-healthy-skin. (Diakses pada 5 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi