12 Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah & Rambut

masker-spirulina-asli-doktersehat

DokterSehat.Com – Masker spirulina memiliki banyak manfaat terkait dengan kesehatan kulit wajah. Hal ini dikarenakan spirulina mengandung zat yang memang dibutuhkan oleh kulit agar tetap sehat dan terlihat menawan. Apa saja manfaat masker spirulina untuk wajah?

Apa itu Masker Spirulina?

Masker spirulina adalah produk alami yang terbuat dari ganggang biru hijau dengan nama yang sama. Spirulina atau Ganggang biru hijau ini juga dikenal dengan nama cyanobacteria. Cyanobacteria adalah bakteri yang hidup di dalam air dan dapat melakukan fotosintesis.

Habitat spirulina adalah di air laut dan di air tawar. Orang-orang juga menyebut spirulina dengan sebutan makanan masa depan. Anggapan ini didasari fakta bahwa spirulina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi Spirulina

Manfaat masker spirulina yang bisa menuai hasil mengesankan bagi kecantikan tentunya tidak terlepas dari zat-zat yang dikandung oleh spirulina, yaitu:

  • Zat gizi makro. Kandungan zat gizi makro dari spirulina adalah karbohidrat, lemak (termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6), dan protein.
  • Serat dan asam amino. pirulina juga mengandung serat dan  asam amino seperti lisin, leusin, isoleusin, sistein, arginin, valin, treonin, histidin, tirosin, alanin, fenilalanin, triptofan, metionin, prolin, dan serin.
  • Vitamin. Berbagai vitamin yang ada di dalam spirulina di antaranya adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K. Kolin dan lutein juga ada di dalam spirulina.
  • Mineral. Spirulina mengandung beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, potasium, mangan, magnesium sodium, dan seng.

Zat-zat tersebut akan memberikan dampak positif bagi kecantikan kulit, wajah, dan rambut Anda.

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan

Banyak di antara kaum hawa yang menggunakan spirulina dalam bentuk masker. Manfaat masker spirulina bisa memberikan hasil yang menakjubkan pada kulit, wajah, dan rambut Anda. Penggunaan secara teratur bisa membuat Anda lebih mempesona.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker spirulina untuk kecantikan:

1. Membersihkan Kulit Wajah

Apakah kulit Anda nampak kusam dan kering? Kulit kusam dan kering biasanya muncul akibat paparan sinar matahari yang cukup lama. Ini bisa membuat penampilan Anda terganggu sehingga menurunkan kepercayaan diri.

Gunakanlah masker spirulina untuk kulit Anda karena salah satu manfaat spirulina untuk wajah adalah membersihkan kulit dari kekusaman. Spirulina mengandung klorofil yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan kasar.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Apakah Anda menginginkan kulit tubuh dan wajah yang putih berseri? Jika ya, maka gunakanlah masker spirulina. Kandungan antioksidannya disebut-sebut dapat meningkatkan kecerahan kulit sehingga kulit makin tampak bercahaya.

3. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Kelembapan kulit baik kulit tubuh maupun kulit wajah harus tetap dijaga. Kelembapan yang baik akan mencegah kulit kering dan bersisik. Masker spirulina memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Selain itu, masker spirulina juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan spirulina memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kulit tubuh dan wajah Anda pun akan tetap terasa lembut.

4. Merawat Kulit Berminyak

Siapa bilang kulit berminyak tidak perlu dihidrasi? Sama seperti jenis kulit lainnya, kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi jika tidak dirawat dengan baik.

Masker spirulina cocok untuk digunakan pada jenis kulit wajah apapun, tak terkecuali kulit wajah berminyak. Anda bisa menggunakan masker spirulina dengan dicampur madu untuk membuat kulit wajah yang berminyak tetap terhidrasi sehingga tampak segar.

5. Mengangkat Racun-Racun

Masker spirulina ternyata juga memiliki peran penting dalam detoksifikasi. Kandungan zat yang ada di dalam spirulina menurut penelitian memiliki sifat anti-toxic sehingga efektif untuk mengangkat racun-racun yang ada pada kulit bagian luar.

Racun-racun atau logam yang menempel pada kulit wajah Anda bisa dibuang sehingga kulit menjadi lebih sehat. Masker spirulina juga bisa memberikan efek penenang karena racun telah terangkat.

6. Sebagai Anti-Aging 

Para wanita tentunya tidak ingin nampak tua bahkan lebih tua dari usianya. Kulit dan wajah yang terlihat tetap awet muda adalah impian bagi hampir semua wanita. Nah, salah satu manfaat masker spirulina untuk wajah adalah mencegah terjadinya penuaan dini.

Kandungan antioksidan, vitamin E, dan beberapa zat lainnya pada spirulina bekerja untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda hitam, kerutan halus, dan lainnya. Selain itu, masker spirulina juga bisa mengencangkan sel-sel kulit.

Baca Juga: Masker Wajah Alami Sebelum Tidur

7. Mengatasi Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit menjadi salah satu jenis masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya.

Dari sekian macam cara mengatasi masalah pigmentasi kulit secara alami, menggunakan masker spirulina sepertinya layak Anda coba. Manfaat masker spirulina untuk mengatasi pigmentasi kulit yang ditandai oleh sejumlah gejala seperti munculnya bintik hitam (dark spot) ini dihasilkan oleh kandungan klorofil di dalamnya.

Akan tetapi, klaim manfaat masker spirulina untuk wajah ini belum bisa dikatakan kuat oleh karena masih terbatasnya bukti ilmiah yang mendukung.

8. Mengatasi Jerawat

Mungkin masih banyak orang yang memiliki pertanyaan, bisakah masker spirulina untuk mengatasi jerawat? Jawabannya adalah iya. Hal ini disebabkan oleh kandungan beberapa senyawa pada spirulina yang bersifat antibakteri.

Jerawat adalah masalah medis pada permukaan kulit yang disebabkan adanya infeksi akibat bakteri. Zat antibakteri pada spirulina mampu menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Jika ingin mendapatkan hasil optimal maka campurlah madu dan spirulina untuk membuat masker yang ampuh atasi jerawat.

9. Mengatasi Peradangan pada Kulit Wajah

Manfaat masker spirulina untuk wajah yang juga tak kalah penting adalah untuk mengatasi kondisi kulit yang mengalami peradangan, misalnya pada kasus dermatitis kontak.

Hal ini dikarenakan spirulina mengandung senyawa antioksidan bernama phycocyanin. Menurut penelitian, phycocyanin pada masker spirulina juga bersifat antiinflamasi sehingga dapat mencegah sekaligus mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh, termasuk kulit wajah.

10. Mengatasi Reaksi Alergi

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa spirulina dapat mengatasi reaksi alergi, termasuk reaksi alergi yang terjadi di kulit wajah dan kulit pada bagian tubuh lainnya yakni gatal-gatal.

Selain mengonsumsi obat antihistamin dari dokter, Anda bisa coba untuk mengoleskan masker spirulina pada kulit wajah maupun area tubuh lainnya yang mengalami reaksi alergi tersebut.

11. Membantu Pertumbuhan Rambut

Tak hanya untuk wajah, manfaat spirulina juga bisa untuk membantu pertumbuhan rambut, lho!

Gunakan spirulina secara rutin (misalnya 1 atau 2 kali seminggu) saat keramas. Dengan begitu, rambut Anda diprediksi akan tumbuh panjang lebih cepat.

12. Mengatasi Rambut Rontok

Masih berkaitan dengan rambut, manfaat spirulina lainnya adalah untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

Kandungan protein pada spirulina diklaim menjadi penghasil manfaat spirulina yang satu ini. Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut, cobalah untuk mengoleskan ekstrak spirulina pada rambut secara rutin 2-3 kali seminggu sampai rambut tidak lagi rontok.

Baca Juga: 14 Cara Menghilangkan Jerawat yang Alami & Aman

Cara Memakai Masker Spirulina yang Baik & Benar

Agar manfaat masker spirulina bisa dirasakan secara maksimal, Anda perlu tahu bagaimana cara memakai masker spirulina yang baik dan benar.

  • Oleskan masker spirulina pada kulit wajah secara merata, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Anda juga bisa mengkombinasikan masker spirulina dengan bahan alami lainnya seperti madu untuk menambah efektivitasnya
  • Setelah selesai, cuci muka sampai bersih dengan air hangat
  • Gunakan masker spirulina secara rutin dan teratur

Cara Membedakan Masker Spirulina Palsu dan Asli

Manfaat masker spirulina untuk wajah di atas bisa Anda dapatkan jika menggunakan masker spirulina asli. Masker spirulina palsu tidak bisa memberikan manfaat serupa bahkan bisa membahayakan kesehatan dan keindahan kulit.

Beberapa cara membedakan masker spirulina asli dan palsu:

  • Tekstur. Tidak seperti masker spirulina asli yang memiliki tekstur halus dan akan langsung mengental bila tercampur air, masker spirulina palsu memiliki tekstur yang kasar dan cenderung encer jika ditambahkan air.
  • Warna. Masker spirulina yang asli berwarna biru hijau sedangkan yang palsu hanya berwarna hijau. Aroma masker spirulina asli sangat segar seperti ganggang, sedangkan yang palsu berbau bahan kimia.
  • Kemasan. Selain itu, Anda juga bisa membedakan masker spirulina palsu dan asli melalui kemasannya. Masker spirulina asli akan memiliki segel di tiap kemasan, sedangkan yang palsu tidak memiliki segel di bawah kemasan.
  • Harga. Indikator berupa harga masker juga dapat menjadi cara membedakan masker spirulina palsu dan asli. Masker spirulina asli tentunya memiliki harga yang lebih mahal karena terbuat dari bahan alami berupa ganggang biru hijau asli, sedangkan harga masker spirulina palsu cenderung lebih murah karena bahannya yang tidak asli.

Itu dia informasi seputar manfaat masker spirulina beserta cara memakai spirulina dan tips membedakan produk masker spirulina asli dan palsu. Mengingat efektivitas spirulina ini tidak bisa dijadikan rujukan semata, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Burgess, L. 2018. What are the Benefits of Spiriluna? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324027.php (Diakses pada 8 November 2019)
  2. Jovana, R. 2019. Spirulina Face Mask Benefits & 5 Best Recipes. https://bespotted.org/spirulina-face-mask-benefits-5-best-recipes/ (Diakses pada 8 November 2019)
  3. Kamburowski, G. 2017. Beauty Lab: The Skin Health Benefits of Spirulina (Or Blue Green Algae). https://www.ecodivabeauty.com/blogs/ed/beauty-lab-the-skin-health-benefits-of-spirulina-or-blue-green-algae (Diakses pada 8 November 2019)
  4. Leech, J. 2018. 10 Benefits of Spirulina. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina (Diakses pada 8 November 2019)
  5. Tadimalla, R. 2019. Benefits of Spirulina:14 Major Reasons to Try This Superfood. https://www.stylecraze.com/articles/best-benefits-of-spirulina-for-skin-hair-and-health/#gref (Diakses pada 8 November 2019)