Terbit: 14 Agustus 2018 | Diperbarui: 24 November 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat – Madu adalah salah satu bahan alami yang sudah terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Kebaikan dari madu ini membuatnya menjadi salah satu bahan masker wajah yang paling populer. Manfaat masker madu dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah dan juga mempercantik wajah.

7 Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan Wajah

Daftar Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Tidak perlu bingung memilih produk masker madu yang beredar di pasaran, Anda juga bisa langsung membuat masker madu dari madu murni yang mungkin sudah tersedia di dapur Anda. Salah satu jenis madu murni terbaik untuk kecantikan adalah madu Manuka, namun tidak jadi masalah jika Anda menggunakan jenis madu murni lainnya.

Tertarik untuk mencoba masker madu untuk wajah sendiri di rumah? Berikut adalah 7 manfaat masker madu yang bisa Anda dapatkan jika Anda melakukan perawatan rutin dengan madu!

1. Manfaat Masker Madu untuk Melembapkan Kulit

Manfaat masker madu yang pertama adalah melembapkan kulit.

Masker madu bekerja melembabkan kulit dengan cara menyerap udara yang ada di sekitarnya. Jika Anda berada di tempat yang cukup lembap, maka Anda bisa mengaplikasikan masker madu secara langsung pada kulit Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Jika Anda berada di tempat dengan tingkat kelembapan yang rendah maka sebaiknya Anda mencampurkan madu dan bahan alami lainnya, karena ditakutkan madu justru akan menyerap kelembapan kulit dan menjadikannya semakin kering. Anda bisa mencampurkan madu dengan minyak kelapa untuk dijadikan masker.

Aplikasikan masker madu atau masker madu ditambah minyak kelapa selama 20-30 menit di wajah, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa mengaplikasikan masker madu ke bibir Anda juga karena madu juga baik untuk melembapkan bibir.

2. Mengatasi Jerawat

Khasiat madu untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengatasi jerawat.

Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Masker madu bisa meredakan peradangan jerawat dalam waktu satu malam saja.

Caranya adalah dengan mencampurkan madu murni dan juga bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya.

3. Mengatasi Infeksi Jamur

Manfaat madu untuk kecantikan yang ketiga adalah dapat mengatasi infeksi jamur pada kulit.

Infeksi jamur di kulit seperti kurap bisa muncul dimana saja termasuk juga di wajah. Anda bisa memanfaatkan madu untuk menghilangkan kurap di wajah Anda.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan madu murni sebanyak dua kali sehari di bagain kulit yang terkena kurap. Lakukan setiap hari hingga kurap hilang.

4. Penyembuh Luka

Manfaat masker madu setiap hari selanjutnya adalah dapat menjadi penyembuh luka seperti luka bakar maupun luka sayatan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa madu bisa bertindak sebagai antiinflaamsi, antibakteri, dan juga antifungal bagi kulit. Madu juga memiliki sifat antimikroba yang membuatnya cocok untuk dijadikan antiseptik sebagai pertolongan pertama jika wajah Anda terluka.

Cara menggunakan madu sebagai antiseptik sama seperti menggunakan masker madu untuk jerawat yaitu dengan cara mencampurkan madu dengan bubuk kunyit murni langsung pada bagian yang terluka.

Baca Juga : Jenis-Jenis Madu yang Baik untuk Merawat Kulit

5. Exfoliator

Manfaat masker madu yang kelima adalah sebagai exfoliator alami.

Tidak semua exfoliator harus memiliki tekstur yang kasar di kulit. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi exfoliator yang ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah berkat kandungan enzim yang ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan scrub madu saja atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang lebih maksimal.

Pemilik kulit kering direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah, sedangkan pemilik kulit berminyak bisa mencampurkan tepung gram dengan madu. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit, setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

6. Masker Madu untuk Kulit Sensitif

Sifat antiinflamasi dari madu juga sangat cocok untuk merawat kulit sensitif Anda.

Kulit sensitif biasanya akan sangat mudah terkena iritasi, alergi, dan masalah kulit lainnya. Madu mampu untuk menenangkan kulit sensitif.

Cara aplikasinya adalah dengan mencampurkan madu dengan zat lain yang juga bisa menenangkan kulit seperti air wajar atau lidah buaya. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

7. Anti-Aging

Khasiat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging agent.

Madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging. Manfaat masker madu yang mampu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan.

Aplikasikan masker madu alami pada wajah, lalu diamkan 15-30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Yuk, buat masker madu sendiri di rumah dan rasakan khasiat madu untuk wajah Anda!

 

Sumber:

  1. Shatzman, Celia dan Aryelle Siclait. 2019. 12 Ways Honey Can Up Your Beauty Game. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19946109/beauty-uses-for-honey/. (Diakses 24 November 2019).
  2. Watson, Kathryn. 2019. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin. https://www.healthline.com/health/honey-for-face. (Diakses 24 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi