7 Manfaat Masker Arang untuk Wajah Cantik

masker-arang-doktersehat

DokterSehat.Com – Masker arang atau yang dikenal juga dengan masker charcoal adalah salah satu jenis masker yang sangat diminati belakangan ini. Pasalnya, masker arang memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung dalam satu jenis bahan alami saja.

Masker yang umumnya terbuat dari arang bambu ini mengandung karbon aktif yang memiliki banyak sekali manfaat. Bahan aktif tersebut mampu meyerap berbagai racun, bakteri, bahan kimia, dan juga partikel mikro yang menempel di kulit, sehingga kulit pun menjadi bersih maksimal.

Masker arang yang dijual di pasaran memiliki berbagai macam bentuk mulai dari bentuk bubuk, krim atau gel, peel off mask, hingga sheet mask. Apa saja sebenarnya manfaat masker arang bambu atau kayu ini bagi kulit? Berikut adalah 7 di antaranya!

1. Menghilangkan Komedo

Manfaat masker arang yang pertama adalah untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Kebanyakan produk masker arang yang terkenal sebagai masker pengangkat komedo hadir dalam bentuk peel off mask. Masker arang peel off biasanya langsung dapat mengangkat komedo, sedangakan masker arang bentuk lainnya dapat membuat komedo menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Menghilangkan Jerawat

Selain menghilangkan komedo, masker arang juga ampuh untuk mengatasi masalah komedo. Kandungan antiinflasmasi dalam masker arang mampu membuat jerawat lebih cepat kering. Jenis masker arang yang direkomendasikan untuk menghilangkan jerawat adalah masker charcoal powder yang bisa Anda campurkan dengan air mawar.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat masker arang selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang besar dapat memicu berbagai macam masalah kulit karena kotoran, debu, dan juga sisa make up akan dengan mudah masuk ke dalam pori-pori. Ketika terjadi penyumbatan pori-pori maka akan timbul berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

4. Mengontrol Produksi Sebum

Masker arang tidak hanya sekedar mengurangi produksi sebum berlebih di wajah tetapi juga bisa mengontrolnya. Jadi, meskipun masker arang mampu menghentikan produksi minyak berlebih, masker arang tidak akan membuat wajah menjadi kering. Beberapa produk masker arang bahkan memiliki klaim boleh digunakan oleh pemilik wajah kering.

5. Mencegah dan Mengatasi Penuaan

Gejala penuaan pastinya akan terjadi pada semua orang. Tapi ternyata bukan hanya faktor umur saja yang berpengaruh terhadap gejala penuaan, tetapi juga pla hidup dan faktor lingkungan. Kulit yang lebih sering terpapar polusi dan radikal bebas tentunya dapat memicu munculnya gejala penuaan lebih cepat.

Kandungan dalam masker arang mampu mendetoksifikasi kulit kita sehingga gejala penuaan dini pun dapat dicegah. Selain itu, pemakaian masker arang secara rutin juga terbukti dapat menyamarkan garis halus pada wajah yang sudah terlanjur muncul.

baca juga : 4 Resep Masker Alami dan Mudah untuk Masalah Kulit Anda

6. Menghilangkan Kulit Kusam

Selain menyebabkan masalah seperti jerawat, komedo, dan juga gejala penuaan, penumpukan kotoran di wajah juga akan membuat kulit kita menjadi lebih kusam. Penggunaan masker arang akan membuat kulit yang kusam menjadi lebih cerah dan juga bercahaya.

7. Exfoliator Alami

Proses exfoliating memang harus dilakukan secara rutin. Bukan hanya mengangkat kotoran yang ada di wajah, proses exfoliating juga akan mengangkat sel kulit mati. Arang atau charcoal yang terbuat dari bahan alami ini sangat aman digunakan sebagai exfoliator alami. Hasilnya kulit pun menjadi lebih bersih, cerah, dan terlihat sehat.

Tips Memilih Masker Arang

Masker arang bambu memang memiliki klaim aman untuk digunakan, tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih produk masker arang yang Anda gunakan.

  • Masker arang ternyata bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang, maka dari itu ada baiknya jika Anda mencoba produk masker arang langsung pada wajah ketika pertama kali. Anda bisa mencobanya di tangan atau di bagian belakang telinga untuk mengetahui adanya reaksi alergi atau tidak.
  • Jenis masker arang peel off yang diklaim ampuh sebagai masker pengangkat komedo, sebaiknya Anda gunakan hanya pada area yang berkomedo saja seperti hidung dan dagu. Cara pengangkatan masker yang lengket di kulit memungkinkan ikut tertariknya jaringan kulit terluar.
  • Jika tujuan penggunaan masker arang bukan untuk mengangkat komedo, jangan pilih jenis masker peel off. Lebih baik pilih masker yang membersihkannya dengan cara dibilas dengan air.
  • Perhatikan kandungan lain yang ada dalam produk masker arang. Kebanyakan produk sudah dicampur dengan berbagai macam bahan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal. Jika terdapat kandungan lain yang tidak cocok di kulit Anda, sebaiknya hindari produk tersebut.