Terbit: 22 September 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada berbagai macam manfaat masker alpukat untuk wajah.  Alpukat memiliki kandungan alami yang dapat membuat kulit Anda jadi halus, bersih, bersinar, dan sehat. Ketahui apa saja manfaat alpukat untuk wajah berminyak dan berjerawat, cara membuat masker alpukat di rumah, dll.

12 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Kandungan Alpukat

Alpukat mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, riboflavin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, kalium, lutein, beta-karoten, asam lemak omega-3 dan antioksidan, dan agen anti-penuaan.

Anda bisa mendapatkan manfaat alpukat dengan memakannya secara langsung namun untuk hasil yang lebih optimal sebagai perawatan kulit dan rambut, Anda juga bisa membuat masker alpukat dengan mudah di rumah.

Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah

Perawatan kulit wajah dengan masker alpukat terbukti cocok untuk segala tipe kulit dan membuat wajah jadi glowing. Masker alpukat juga lebih murah bila dibandingkan dengan serangkaian merek perawatan kulit di pasaran.

Memakai bahan alami untuk wajah juga mengurangi iritasi dan efek samping lainnya. Berikut ini adalah manfaat masker alpukat untuk wajah, yaitu:

1. Melembapkan Kulit

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, Anda bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan masker alpukat minimal satu minggu sekali. Alpukat mengandung vitamin A dan vitamin E alami untuk melembapkan kulit Anda lebih sempurna.

2. Memelihara Kulit

Alpukat memiliki kandungan antioksidan sebagai sumber alami perawatan kulit Anda. Masker alpukat dapat membuat kulit Anda jadi kenyal dan halus, bahkan hasilnya lebih baik dari penggunaan kosmetik atau skin care buatan.

Masker alpukat memiliki efek melembapkan kulit dan menguncinya lebih lama, jadi kulit tidak akan jadi kering lagi. Manfaat masker alpukat adalah dengan menutrisi kulit hingga ke lapisan dalam.

3. Membersihkan Kulit

Masker alpukat dapat membersihkan wajah dari noda hitam dan bakteri lainnya secara efektif. Pembersih muka dengan kimia hanya membersihkan kulit di bagian luar pori-pori saja, namun masker alpukat dapat membersihkan hingga ke dalam pori-pori.

Aplikasikan masker alpukat ke wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan kekuatan retinol, asam amino, dan glutamin. Kandungan ini membuat kulit jadi sehat, lembut, dan terlindungi. Tekstur masker alpukat yang lembut juga mengurangi efek iritasi kulit.

4. Anti-Aging Alami

Banyak orang mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli produk anti-aging namun hasilnya belum tentu terbukti. Masker alpukat memiliki agen alami anti-penuaan kulit. Alpukat mengandung vitamin A yang merupakan bentuk retinol.

Retinol adalah sumber alami untuk pertumbuhan sel-sel kulit baru serta sebagai sumber kolagen. Kulit Anda membutuhkan banyak kandungan kolagen untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang mungkin timbul akibat penuaan. Kolagen juga membuat Anda jadi kencang dan kenyal.

5. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas mengancam kesehatan manusia dan sumbernya dari lingkungan sehari-hari seperti polusi, asap rokok, radiasi, dan lain-lain. Radikal bebas adalah molekul dan elektron yang tidak berpasangan. Dalam rangka mencari pasangan elektron tersebut, molekul sangat reaktif hingga merusak molekul lainnya.

Molekul radikal bebas dalam jumlah yang banyak dapat merusak sel-sel kulit juga. Masker alpukat memiliki kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas di kulit dan mengganti sel-sel kulit mati.

6. Tabir Surya Alami

Banyak sekali produk tabir surya dengan kandungan SPF tinggi yang bisa Anda gunakan, namun masker alpukat sepertinya lebih bisa diandalkan. Masker alpukat dapat membantu memblokir sinar UV matahari lebih efektif.

Anda juga tidak perlu mengaplikasikan tabir surya setiap kali Anda keluar rumah, cukup dengan rutin menggunakan masker alpukat minimal satu minggu sekali. Baca juga tentang hal yang harus diperhatikan saat memilih tabir surya.

7. Eksfoliasi Kulit

Selain masker alpukat, Anda juga dapat membuat scrub alpukat dengan bahan tambahan lain seperti telur, bulir jeruk, dan madu. Scrub alpukat adalah bahan eksfoliasi kulit alami untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah dan sehat.

8. Mencegah Keriput dan Kerutan

Alpukat sangat kaya akan sumber antioksidan yang berfungsi untuk meremajakan kulit, mengurangi kerutan dan keriput di wajah. Manfaat masker alpukat untuk wajah juga membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit agar terlihat segar dan lebih muda.

9. Proteksi Kulit Wajah

Minyak alpukat kaya akan kandungan omega 3 dan omega 6 yang berfungsi sebagai proteksi kulit Anda. Ketika kulit memiliki lapisan lipid lebih tebal, kulit menjadi lebih kuat melawan infeksi, iritasi, dan bakteri yang membuat masalah kulit. Ketahui lebih banyak tentang manfaat minyak alpukat.

10. Mencerahkan Kulit

Masker alpukat dapat Anda jadikan sebagai perawatan kulit dasar untuk mencerahkan kulit. Alpukat dapat membersihkan noda hitam serta bakteri yang masuk ke pori-pori kulit.

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di Masker alpukat yang dicampur dengan madu paling efektif untuk membuat  kulit kusam jadi cerah. Kandungannya juga efektif untuk membuka pori-pori dan sebagai anti-bakteri.

Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Anda sedang mencari tahu tentang cara alami menangani jerawat? Berikut ini adalah manfaat masker alpukat untuk wajah berminyak dan berjerawat, yaitu:

1. Mengurangi Minyak Wajah

Masker alpukat cocok untuk segala tipe wajah, mulai dari wajah kering hingga tipe wajah berminyak. Aplikasikan masker alpukat setiap minggu pada tipe wajah berminyak untuk membantu mengurangi tingkat minyak di kulit, mengurangi efek mengkilap minyak khususnya di daerah T-zone wajah, dan risiko jerawat.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat masker alpukat di wajah untuk mengatasi jerawat. Jerawat timbul di wajah karena bakteri dan peradangan kulit. Alpukat kaya akan vitamin A, B, K, dan E untuk mengurangi efek peradangan kulit serta mengatasi jerawat, gejala eksim, rosacea, psoriasis dan gangguan kulit lainnya.

Terdapat banyak manfaat masker alpukat untuk wajah. Anda juga bisa membuat masker alpukat sendiri dengan sangat mudah di rumah.

Cara Membuat Masker Alpukat Alami

Berikut ini cara membuat masker alpukat alami dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan, yaitu:

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok makan jus lemon
  • 1 sendok makan madu

Cara membuat masker alpukat alami:

  • Kerok daging alpukat dan hancurkan hingga halus.
  • Campurkan telur, jus lemon, dan madu.
  • Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.
  • Cuci muka sebelum memakai masker alpukat.
  • Oleskan masker alpukat ke wajah hingga merata.
  • Diamkan selama 20 menit hingga masker meresap.
  • Bilas dengan air hangat dengan lembut.
  • Lihat dan rasakan perbedaan sebelum dan setelah pakai masker alpukat.

Cara membuat masker alpukat sangat mudah dan cepat. Lakukan perawatan kulit dengan masker alpukat secara rutin setiap minggu. Dapatkan wajah bersih dan mulus dengan bahan alami yaitu manfaat masker alpukat untuk wajah.

 

  1. Derm Review. 2018. Avocado Face Mask. https://thedermreview.com/avocado-face-mask. (Diakses pada 21 September 2019).
  2. Graydon Skin Care. 2019. 4 Benefits of Avocado For Skin. https://graydonskincare.com/blogs/beauty-tips/4-benefits-of-avocado-for-skin. (Diakses pada 21 September 2019).
  3. Mon, Yee. 2017. Benefits of Avocado Face Mask. https://yangonlife.com.mm/en/article/benefits-avocado-face-mask. (Diakses pada 21 September 2019).
  4. Staughton, John (BASc, BFA). 2019. Avocado Face Mask And Its Benefits. https://www.organicfacts.net/avocado-face-mask.html. (Diakses pada 21 September 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi