Terbit: 19 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com – Salah satu buah tropis yang paling banyak digunakan untuk makanan adalah mangga. Buah yang terdiri dari puluhan jenis ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam segar. Tidak mengherankan kalau mangga banyak dibuat menjadi campuran minuman baik itu jus atau smoothies.

manfaat-buah-mangga-doktersehat

Nah, mangga yang selama ini kita konsumsi sering dianggap berguna untuk tubuh. Namun, kita hanya tahu kalau mangga banyak mengandung vitamin C saja. Padahal mangga masih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah mangga selengkapnya.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan

Buah mangga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Berikut beberapa contoh manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Menstabilkan gula darah

Buah yang manis masih memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula ini bisa meningkatkan gula darah di dalam tubuh seseorang dengan cepat. Nah, meski buah yang manis lebih dianjurkan untuk dihindari, mangga justru baik untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Dari studi yang dilakukan pada orang yang obesitas, mengonsumsi 30 gram mangga kering yang setara setengah mangga besar ternyata menyebabkan gula darah di dalam tubuh mengalami penurunan yang cukup signifikan.

  1. Menyehatkan mata

Mangga yang dikonsumsi secara rutin juga memberikan manfaat yang besar pada tubuh khususnya dalam hal kesehatan mata. Buah ini mengandung senyawa bernama lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan mata khususnya bagian lensa dan retina.

Rutin mengonsumsi mangga akan membuat Anda jarang sekali mengalami gangguan pada mata entah itu rabun dekat atau jauh. Selanjutnya antioksidan juga menjaga mata dari kondisi katarak yang menyebabkan kebutaan.

  1. Berpotensi cegah kanker

Mangga mengandung senyawa antioksidan bernama polifenol. Dari penelitian yang dilakukan, senyawa ini mampu melindungi tubuh dari berbagai kanker mulai dari paru, payudara, prostat, dan yang paling efektif dicegah, kanker di usus.

Selain senyawa folifenol yang sangat bermanfaat, mangga juga mengandung vitamin C dan E yang sama-sama bekerja sebagai anti kanker. Oh ya, senyawa ini tidak akan berguna dengan maksimal kalau gaya hidup Anda masih buruk seperti sering merokok dan mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

  1. Baik untuk kulit dan rambut

Mangga mengandung vitamin A dan C yang mampu menyehatkan kulit kepala dan juga rambut. Mengonsumsi buah ini dengan takaran yang tepat bisa membuat rambut juga terus sehat dan jarang rontok.

Saat mengonsumsi mangga, Anda bisa menambahnya dengan masker rambut. Masker ini terbuat dari minyak zaitun dan kadang telur dan lidah buaya.

  1. Baik untuk diet

Mangga mengandung cukup banyak serat dan karbohidrat kompleks. Anda bisa menggunakan mangga sebagai pengganti nasi untuk makan pagi atau malam. Penggantian ini bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

  1. Mengatasi gangguan BAB

Buah adalah salah satu solusi paling tepat untuk mengatasi masalah sembelit. Kalau Anda mengalami sembelit, ada baiknya untuk mengonsumsi mangga dengan jumlah yang tepat. Kandungan serat tinggi bisa membantu Anda BAB dengan lancar.

Oh ya, mangga yang Anda makan sebisa mungkin baru dikupas dan sehat. Kalau sudah tidak segar dikhawatirkan akan ada gangguan pada rasa dan kandungan nutrisinya.

  1. Mencegah gangguan kardiovaskular

Mengonsumsi mangga akan memberikan asupan serat dan kalium di dalam tubuh. Serat akan menarik kolesterol yang terlalu banyak. Sementara itu kalium akan menyebabkan kadar sodium atau garam di dalam tubuh juga ikut menurun dengan cepat.

Kolesterol dan sodium adalah duet maut dalam mengganggu kesehatan kardiovaskuler termasuk di dalamnya terdapat jantung.

Mengonsumsi buah mangga yang benar

Buah mangga memang bermanfaat untuk tubuh, tapi kalau Anda sembarangan mengonsumsinya bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Berikut beberapa cara mengonsumsi mangga dengan benar.

  • Hanya konsumsi mangga yang matang dengan sempurna. Akan lebih baik lagi kalau matang sempurna di atas pohon. Beberapa mangga yang agak mentah masih memiliki rasa asam yang kuat sehingga mengonsumsinya bisa membuat Anda sakit perut.
  • Beberapa jenis mangga memiliki tekstur buah yang mudah sekali lembek dan busuk. Bahkan terkena tekanan yang kuat sudah berubah rasa. Kalau Anda tidak mengalami masalah dengan buah mangga, hanya makan bagian yang masih padat saja.
  • Mangga yang baru saja diambil dari pohon masih mengandung getah yang cukup banyak. Getah dari mangga ini bisa saja menyebabkan rasa gatal di mulut kalau dikonsumsi secara langsung. Lebih baik didiamkan dahulu 1-2 hari agar agak layu dan getahnya hilang.
  • Mangga mengandung serat yang tinggi. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa saja menyebabkan Anda mengalami sakit perut dan diare. Pertimbangkan jumlah mangga yang dikonsumsi agar perut tidak mengalami gangguan.
  • Mangga tidak bisa didiamkan lama setelah dikupas. Beberapa buah akan teroksidasi dan menjadi agak hitam. Kecuali Anda akan mengonsumsinya secara langsung jangan mengupasnya terlebih dahulu.
  • Meski disimpan di dalam kulkas, rasa dari mangga akan mengalami perubahan. Oleh karena itu kalau ingin mengonsumsinya dalam bentuk dingin, simpan mangga yang masih berkulit di dalam kulkas. Selanjutnya kulkas kalau dibutuhkan. Mangga yang disimpan di dalam kulkas juga tidak bisa bertahan lama, usahakan untuk menghabiskan dalam waktu kurang dari seminggu.

Berikut beberapa informasi tentang manfaat buah mangga untuk kesehatan. Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau buah ini memiliki banyak manfaat yang besar sehingga bisa dikonsumsi secara rutin dan porsinya sesuai. Mangga jenis apa yang paling Anda sukai?



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi