4 Manfaat Mandi Susu, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

mandi-susu-doktersehat

DokterSehat.Com – Selain dikenal memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan, susu juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat susu untuk kecantikan dengan cara mandi susu. Kebiasaan mandi susu untuk kecantikan ini disebut-sebut sudah ada sejak zaman Mesir Kuno.

Ratu Mesir, Cleopatra, yang sangat memerhatikan kecantikan, diceritakan sering mandi susu sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini bisa jadi benar karena pada dasarnya sudah banyak hal berbau kecantikan yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno seperti lipstick hingga riasan mata.

Selain dengan mandi susu, manfaat susu untuk kecantikan juga sudah dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit yang menjadikan susu sebagai bahan utamanya.

Manfaat Mandi Susu

Mendapatkan manfaat susu dengan cara diminum menjadi hal yang sudah biasa. Tapi, apa manfaat yang bisa kita dapat dengan mencampurkan susu dengan air yang digunakan untuk mandi? Berikut adalah 4 manfaat mandi susu untuk kulit yang wajib Anda ketahui.

1. Melembapkan dan mengatasi kulit kering

Manfaat mandi susu yang pertama adalah dapat menjaga kelembapan kulit dan juga mengatasi kulit kering. Masalah kulit kering hingga bersisik juga bisa Anda redakan dengan cara mandi susu ini. Kandungan lemak alami dalam susu sangat membantu melembapkan kulit, sedangkan kandungan asam laktat di dalamnya juga membantu proses pengangkatan sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk hingga menjadikan kulit bersisik pun terangkat dan kulit jadi lebih sehat dan juga lembap.

2. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Manfaat mandi susu selanjutnya adalah menghaluskan dan juga mencerahkan kulit. Setelah sel-sel kulit mati terangkat, kulit pun terlihat lebih cerah. Nutrisi dalam susu seperti vitamin E dan zinc juga membantu proses regenerasi kulit baru yang menghasilkan kulit baru yang lebih halus.

3. Mencegah gejala penuaan

Manfaat mandi susu selanjutnya membuat Anda terhindar dari gejala-gejala penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam susu mampu untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat gejala penuaan. Sedangkan vitamin D yang ada di dalam susu berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit.

Elastisitas kulit yang terjaga bisa membuat kulit Anda terkesan sehat dan tentunya juga terlihat lebih muda. Jadi bisa dikatakan bahwa mandi susu ini bisa membuat Anda awet muda.

4. Meredakan rasa gatal dan menenangkan kulit

Ada banyak sekali masalah kulit yang bisa memberikan efek gatal pada kulit. Rasa gatal ini terkadang bisa sangat mengganggu bahkan bisa membuat Anda stres. Rasa gatal yang mungkin timbul akibat kelainan kulit tertentu atau akibat sunburn, bisa Anda redakan dengan mandi susu. Mandi susu dapat memberikan efek menenangkan kulit.

baca juga : Ingin Kulit Semakin Cantik? Cobalah Mandi Santan

Cara Mandi Susu

Terdapat beberapa cara mandi susu di rumah yang bisa Anda pilih. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan susu khusus mandi yang sudah banyak dijual di pasaran. Tapi jika Anda masih ragu dengan produk tersebut Anda juga bisa menggunakan susu murni untuk mandi susu di rumah. Susu yang Anda pilih bisa berupa susu murni cair ataupun susu bubuk.

Cara mandi susu di rumah:

  • Siapkan 2 hingga 3 cangkir susu murni cair yang sudah dipanaskan atau susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air hangat.
  • Campurkan susu tersebut ke dalam air yang sudah Anda persiapkan untuk mandi, jika diperlukan gunakanlah air hangat.
  • Berendamlah di dalam air susu tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk menggosok tubuh ketika berendam agar sel-sel kulit mati terangkat dari tubuh. Tidak disarankan berendam terlalu lama karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Setelah selesai, bilas kembali tubuh Anda dengan air bersih.

Larutan mandi susu sering kali dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya yang juga memiliki manfaat untuk kulit seperti madu dan minyak esensial. Minyak esensial juga berguna untuk menambahkan aroma agar Anda juga bisa menjadi lebih rileks.

Mandi susu bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal usia, bahkan mandi susu juga bermanfaat untuk bayi. Tapi sebaiknya sebelum melakukan mandi susu, Anda melakukan tes alergi dengan cara membasuh sedikit campuran susu dan air ke kulit Anda, jika terjadi reaksi sepert gatal-gatal dan kulit memerah, lebih baik jangan lakukan mandi susu.