10 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Doktersehat-mandi-air-hangat

DokterSehat.Com– Teman Sehat! Mandi setelah beraktivitas seharian membuat tubuh kembali segar. Mandi juga membuat tubuh kita sehat dan menghilangkan semua kotoran yang melekat. Sehingga, bila kita tidak mandi sehari saja, badan terasa gatal-gatal dan lengket seluruh tubuh.

Ada sebagian orang yang suka mandi dengan air yang dingin, tapi ada juga yang lebih terbiasa dengan mandi air hangat. Mandi air hangat ternyata lebih di anjurkan, daripada kita mandi dengan air yang dingin. Ini di karenakan, manfaat mandi air hangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Mandi Air Hangat

Berikut ini manfaat mandi air hangat yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Mandi dengan air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk sensasi relaksasi yang lebih kuat. Selain itu air hangat yang dicampur dengan minyak ini akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

Baca juga: Tips Berendam Air Hangat yang Tidak Membahayakan Penis

2. Melembapkan kulit

Mandi air hangat akan membuka pori-pori Anda dan membersihkan semua kotoran dan juga minyak yang menempel pada tubuh Anda. Kehangatan alami dari air ini akan melembapkan kulit dan juga membuatnya lembut serta kenyal.

3. Melepaskan racun

Manfaat mandi air hangat akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh, ini akan menyebabkan Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh.

4. Mengatasi susah tidur

Jika Anda mengalami masalah susah tidur, mandi air hangat ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah tidur Anda. Berrendam dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang mana akan menurun secara perlahan-lahan saat Anda mulai meninggalkan bak mandi. Perubahan suhu ini akan memicu Anda untuk mengantuk dan cepat tertidur.

5. Penghilang stres

Saat Anda mandi air hangat, janganlah terburu-buru atau tergesa-gesa, luangkan waktu dan nikmati setiap detik untuk bersantai dalam air hangat. Dengan melakukan hal ini Anda akan mendapatkan efek tenang pada tubuh. Lakukan ritual mandi air hangat ini setiap Anda selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Ini dijamin akan menghilangkan stres dan membantu Anda untuk tidur dengan lebih nyenyak.

6. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini adalah sistem yang bagus untuk mereka yang memiliki kondisi jantung yang harus berhati-hati terhadap peningkatan tekanan darah mereka. Jika Anda memiliki kondisi jantung, maka pertama-tama Anda harus berkonsultasi dengan dokter, karena mandi air hangat juga akan meningkatkan denyut jantung Anda. Jika mereka mengatakan tidak apa-apa, maka itu cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah Anda.

7. Menurunkan berat badan

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes dan berendam di bak mandi air panas secara teratur dapat menurunkan kadar gula dan glukosa dalam darah. Studi ini menemukan bahwa berendam dalam air panas selama sekitar 20-30 menit, 6 hari seminggu, membuat peserta kehilangan hampir 2,5 pon (2 kg) per bulan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

8. Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar jenis sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Efek positif dari air panas pada pembuluh darah kita dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala kita.

9. Meningkatkan kecerdasan otak dan kesehatan saraf

Berendam dalam air hangat menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga berkurang secara signifikan, yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Suhu dan tekanan air juga akan dengan lembut meringankan tulang belakang dari setiap ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit Parkinson.

Baca juga: Tips Berendam Air Hangat yang Tidak Membahayakan Penis

10. Melindungi tulang, otot dan sendi

Mandi air hangat akan menghasilkan keajaiban bagi persendian, otot, dan bahkan tulang. Faktanya, suhu air hangat membantu meredakan efek kondisi seperti osteoarthritis, tanpa menyebabkan eksaserbasi gejala atau efek merugikan lainnya.

Ternyata mandi air hangat menyimpan begitu banyak manfaat bagi tubuh ya, Teman Sehat! Selain memberikan kenyamanan ternyata melakukan ritual ini juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.