Tak Hanya Mencegah Keriput, Mandi Air Dingin Juga Memiliki Manfaat ini!

doktersehat-mandi

DokterSehat.Com– Sampai saat ini, banyak orang yang sangat gemar mandi menggunakan air hangat karena dipercaya bisa memberikan efek rileks pada tubuh yang sedang lelah akibat rutinitas seharian. Hal tersebut memanglah benar. Tapi, jika terlalu sering mandi menggunakan air hangat akan memberikan efek samping yang tidak baik pada kulit, seperti keriput dan kulit kering.

Untuk mengatasinya, Anda bisa beralih mandi dengan air dingin. Sebab, air dingin bisa membuat suhu pada tubuh Anda menjadi stabil kembali. Selain itu, mandi menggunakan air dingin juga cukup direkomendasikan oleh pakar kesehatan sebab memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut diantaranya:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air dingin dipercaya bisa mengalirkan darah secara lancar ke seluruh organ di dalam tubuh. Jika Anda terlalu sering mandi menggunakan air hangat, maka aliran darah menjadi tidak stabil. Untuk itu, beralihlah mandi dengan air dingin. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya beberapa gangguan seperti pengerasan arteri atau masalah aliran darah lainnya.

2. Menyehatkan Rambut

Jika Anda terlalu sering mandi dengan air hangat, maka pori-pori di dalam tubuh akan terbuka sehingga menjadikan beberapa bagian tubuh terganggu, salah satunya adalah kerontokan. Sebab, pori-pori pada kulit kepala menjadi rentan dimasuki kotoran. Untuk itu, gunakanlah air dingin agar mencegah terjadinya penumpukan kotoran pada kulit kepala. Sebab, jika terus dibiarkan, maka Anda akan mengalami kerontokan yang akhirnya menyebabkan kebotakan.

3. Memberi Kebugaran

Selain mencegah kerontokan rambut, mandi dengan air dingin juga bisa memberikan kebugaran pada tubuh Anda. Hal itu terjadi karena aliran darah yang tidak lancar akan dialirkan dengan baik oleh reaksi dingin yang didapatkan oleh tubuh. Sebagai contoh, pada pagi hari saat Anda mandi dengan air dingin, maka secara cepat tubuh Anda akan mengalami reaksi menggigil yang akhirnya bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.