Berikut Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Makanan Fermentasi

makanan-fermentasi-doktersehat
photo credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Tidak hanya makanan segar ataupun makanan olahan saja yang bisa memberikan kenikmatan saat dikonsumsi, tapi ada jenis makanan lain yang tidak kalah nikmat, yakni makanan fermentasi. Anda tentu sudah tahu seperti apa makanan fermentasi, bukan?

Makanan fermentasi tidak luput dari campur tangan mikroorganisme yaitu bakteri baik. Beberapa jenis makanan hasil fermentasi yang banyak digemari masyarakat adalah yogurt, kimchi, tempe, dan lain sebagainya.

Selain memiliki rasa yang cukup lezat, makanan hasil fermentasi ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengonsumsi makanan fermentasi, diantaranya:

1. Mengandung Enzim

Enzim memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan. Enzim berfungsi untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein, serta membuat reaksi kimia yang membuat organ dan kelenjar dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Makanan fermentasi mengandung enzim yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsinya sehingga dapat mendukung fungsi organ dalam tubuh.

2. Baik bagi Pencernaan

Jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan masalah lain yang bisa memperburuk kesehatan. Untuk itu, dibutuhkan nutrisi yang cukup agar sistem pencernaan di dalam tubuh selalu sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan hasil fermentasi, sebab kandungan probiotik, enzim, dan nutrisi yang terdapat di dalamnya mampu memberikan manfaat kesehatan bagi pencernaan Anda. Akan tetapi, konsumsilah makanan fermentasi secara wajar agar Anda tidak mengalami masalah kembung pada perut.

3. Kaya akan Probiotik

Seiring berjalannya waktu, sayuran yang biasa Anda konsumsi sekarang, kemungkinan sudah tercemar dengan bahan kimia, akibatnya bakteri baik yang terdapat di dalam sayuran tersebut mati. Berbeda dengan sayuran pada zaman dahulu yang ditanam di tanah bersih dan bebas bahan kimia sehingga kaya akan nutrisi dan probiotik. Untuk mengembalikan bakteri baik pada sayuran tersebut, Anda bisa melakukan sebuah cara, yakni melakukan fermentasi pada sayuran yang akan Anda konsumsi. Sebab, sayuran yang telah difermentasi mampu mengembalikan kandugan bakteri baik sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.