Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak bisa dipungkiri lagi jika olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga dan keringat sehingga menyebabkan rasa haus dan lapar.  Oleh karenanya, hasrat untuk makan dan minum akan meningkat secara drastis.

3 Alasan Mengapa Anda Harus Segera Makan dan Minum Setelah Berolahraga

Namun, banyak yang beranggapan bahwa makan setelah berolahraga bisa menyebabkan olahraga Anda tidak membuahkan hasil. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Sebab, menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan dan minum baik dilakukan paling tidak selama satu jam setelah latihan untuk mendapatkan kembali energi yang hilang.

Selain itu, ada beberapa efek buruk yang akan terjadi pada tubuh Anda jika tidak langsung makan setelah berolahraga, diantaranya:

1. Kehilangan Otot

Ketika berolahraga, tubuh akan membakar kalori dan glikogen di dalam tubuh. Jika setelah olahraga Anda tidak segera makan, maka tubuh akan kehabisan glikogen sehingga pada saat Anda berolahraga kembali, yang dibakar adalah energi lain seperti lemak atau jika tidak ada lemak, akan beralih ke otot. Sehingga, Anda akan berpotensi kehilangan massa otot.

2. Dehidrasi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa olahraga merupakan aktivitas yang membutuhkan tenaga cukup banyak. Selain itu, dengan berolahraga, cairan di dalam tubuh, seperti keringat akan keluar dalam jumlah yang sangat banyak. Sehingga, Anda harus mengganti cairan tersebut dengan cara makan dan minum sesegera mungkin setelah berolahraga. Jika tidak, maka Anda akan mengalami dehidrasi. Bahkan, kasus yang lebih parah lagi adalah bisa menyebabkan aritma jantung atau palpitasi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Gula Darah Rendah dan Ingin Pingsan

Ini berlaku bagi Anda yang berolahraga pada pagi atau sore hari tanpa makan dan mengisi tubuh dalam beberapa jam setelahnya, maka tubuh akan mengambil energi yang tersimpan, salah satunya adalah glikogen. Jika glikogen diambil oleh tubuh saat berolahraga, kemungkinan besar kadar gula darah akan menurun. Kondisi tersebut bisa membuat tubuh terasa pusing dan ingin pingsan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi