Terbit: 7 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang khawatir untuk mengonsumsi buah-buahan saat diare. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa serat pada buah yang biasanya memperlancar pencernaan bisa membuat kondisi diare menjadi semakin parah. Padahal, menurut pakar kesehatan, buah-buahan tetaplah penting untuk dikonsumsi setiap hari meskipun kita sedang mengalami diare. Salah satu buah yang sangat dianjurkan tatkala kita sedang mengalami masalah kesehatan ini adalah buah pisang.

Manfaat Makan Pisang Saat Diare

Meski memiliki kandungan serat lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam pepaya, pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare karena adanya kandungan pektin yang bisa meningkatkan kekerasan kotoran. Hal ini tentu akan membantu meringankan diare. Sementara itu, jika kita makan pepaya saat diare, maka kita pun mendapatkan kandungan selilosa yang bisa memberikan manfaat yang sama.

Memang, dengan menurunkan asupan serat, maka kotoran yang diproduksi tubuh saat diare akan menjadi lebih keras. Hanya saja, bukan berarti saat diare kita harus benar-benar menghindari serat. Serat sangatlah penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak hanya bagi saluran pencernaan saja. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi serat dengan cukup, maka kadar kolesterol dalam darah bisa dijaga keseimbangannya.

Hanya saja, jika memang diare sudah sangat parah, akan jauh lebih baik bagi kita untuk meminta pertolongan kepada dokter sehingga bisa mendapatkan pengobatan yang tepat, tidak hanya mengandalkan buah-buahan atau makanan tertentu. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup karena jika tidak, maka risiko untuk terkena dehidrasi yang dipicu oleh diare pun meningkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi