Manfaat Makan Lengkuas Bisa Cegah Kanker, Benarkah?

Photo Source: Twitter/negeri_sendiri

DokterSehat.Com– Lengkuas dikenal sebagai salah satu bumbu masakan yang sering dimasak oleh masyarakat. Hanya saja, keberadaan lengkuas ini bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan, apalagi jika kita salah mengiranya sebagai daging dan tidak sengaja mengunyahnya. Rasanya yang sangat kuat biasanya membuat banyak orang langsung meludahkannya. Hanya saja, apakah sebenarnya berbahaya jika kita makan lengkuas atau justru ada manfaat makan lengkuas?

Pakar kesehatan dr. Josh Axe dari Draxe.com menyebutkan bahwa jika kita tak sengaja mengunyah lengkuas, kita tak perlu ragu untuk terus memakan dan menelannya. Meskipun rasanya mungkin agak aneh, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lengkuas ternyata memiliki kandungan yang bisa mencegah atau melawan kanker, penyakit yang bisa membahayakan nyawa.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di Iran, dihasilkan fakta bahwa ekstrak cairan yang dibuat dari lengkuas mampu menghancurkan sel kanker lambung hanya dalam waktu 24 jam. Memang, penelitian ini baru dilakukan di laboratorium, namun hasil ini dianggap cukup signifikan bagi pencegahan kanker. Penelitian lainnya yang dilakukan pada 2017 lalu juga menghasilkan fakta bahwa senyawa di dalam lengkuas mampu mencegah perkembangan sel kanker pankreas dengan signifikan.

Kanker lain yang menyerang saluran pencernaan yang bisa dicegah berkat lengkuas adalah kanker usus besar dan kanker hati. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 lalu, kandungan di dalam lengkuas mampu memicu kondisi apoptosis, kematian sel pada kanker usus besar.

Sementara itu, sebuah penelitian yang dilakukan di China Taipei pada 2015 silam menghasilkan fakta bahwa senyawa ekstrak lengkuas mampu mempengaruhi sel HepG2, sejenis sel kanker hati. Sel ini tidak lagi mampu menempel pada sel-sel hati yang sehat sehingga membuat penyebarannya bisa dicegah dengan signifikan.

Kanker lain yang bisa dicegah dengan lengkuas adalah kanker payudara. Selain kanker lambung, penelitian di Iran membuktikan bahwa ekstrak lengkuas mampu memicu kematian MCF-7 yang merupakan sel kanker payudara. Sementara itu, penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari National Chiani University yang ada di China Taipei juga menyebutkan bahwa tiga senyawa yang didapatkan dari akar lengkuas mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker melanoma atau kanker kulit dengan efektif.