Manfaat Makan Kangkung yang Ternyata Bagus untuk Kolesterol

kangkung-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/dcost_seafood

DokterSehat.Com– Kangkung adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya karena mudah didapatkan di mana saja, kangkung juga tergolong bahan makanan dengan harga yang murah dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dengan rasa yang lezat. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak sekali manfaat makan kangkung untuk kesehatan.

Kangkung bisa menurunkan kolesterol?

Situs Wellbody menyebut kangkung sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin jika kita ingin menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan tikus percobaan, dihasilkan fakta bahwa tikus yang rutin makan kangkung mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dengan signifikan. Sebagai informasi, kolesterol jahat adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit mematikan seperti penyakit jantung koroner atau stroke.

Selain itu, di dalam kangkung juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi seporsi kangkung dengan ukuran 56 gram, maka kita sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin A dan vitamin C harian. Hal ini tentu akan berperan besar bagi kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Kita juga bisa menemukan kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam kangkung. Hal ini berarti manfaat makan kangkung bisa mencegah paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan datangnya penyakit. Kangkung juga memiliki sifat anti inflamasi yang tentu bisa mencegah dan mengatasi peradangan dengan efektif.

Manfaat makan kangkung untuk kesehatan

Selain berbagai manfaat kesehatan yang disebutkan sebelumnya, pakar kesehatan juga menyebut hobi makan kangkung bisa membuat kita mendapatkan berbagai manfaat lainnya bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat makan kangkung yang bisa Anda dapatkan:

  1. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Diabetes pada 2013 lalu menghasilkan fakta bahwa rutin makan kangkung bisa mencegah datangnya diabetes. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang bisa menangkal berbagai macam oksidasi yang bisa menyebabkan datangnya penyakit ini. Memang, penelitian ini dilakukan pada ibu hamil, namun ada kemungkinan hal ini juga bisa memberikan dampak yang sama bagi orang biasa.

  1. Mencegah kerusakan hati

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Molecules, dihasilkan fakta bahwa manfaat makan kangkung ternyata bisa mencegah munculnya luka, kerusakan, dan peradangan pada hati. Hal ini disebabkan oleh adanya enzim di dalam kangkung yang bisa membantu proses detoksifikasi pada hati dengan lebih baik.

  1. Mencegah datangnya dehidrasi

Di dalam kangkung terdapat kandungan mineral yang sangat tinggi seperti kalium dan natrium yang bisa membantu menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Kita pun tidak akan mudah terkena dehidrasi akibat hal ini.

  1. Mengobati anemia

Di dalam kangkung terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi. Hal ini bisa membantu membuat produksi sel darah merah meningkat. Sebagai informasi, sel darah merah berperan besar dalam membuat oksigen bisa dialirkan ke berbagai sel, organ, dan jaringan tubuh. Selain itu, keberadaan sel darah merah yang cukup juga akan membantu mencegah sekaligus mengatasi anemia.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Di dalam kangkung terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, khususnya sembelit atau susah buang air besar. Sayangnya, ini menjadi salah satu manfaat makan kangkung yang belum banyak diketahui.

  1. Mencegah kanker

Di dalam kankung terdapat 13 senyawa antioksidan yang bisa mencegah datangnya kanker seperti kanker perut, kanker payudara, dan kanker kulit. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit berbahaya dan mematikan ini, cobalah untuk memperbanyak makan kangkung.

Melihat adanya berbagai manfaat makan kangkung untuk kesehatan, maka Anda tak perlu lagi ragu untuk rutin makan kangkung demi menjaga tubuh tetap sehat.