Manfaat Makan Ikan yang Satu Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

doktersehat-ayo-makan-ikan
Photo Credit: PRObrownpau

DokterSehat.Com– Berkat kampanye Ayo Makan Ikan yang dipelopori oleh Menteri Susi Pudjiastuti, kini semakin banyak orang yang penasaran dengan nutrisi dari salah satu lauk dengan rasa yang enak ini. Sebuah penelitian terbaru pun menghasilkan fakta tentang kebaikan ikan yang ternyata bisa membuat kadar vitamin D dalam tubuh meningkat 2 kali lipat. Hal ini tentu akan mendukung kesehatan tulang di dalam tubuh kita.

Dalam penelitian yang dilakukan di Surrey University yang ada di Inggris, disebutkan bahwa vitamin D2 dan vitamin D3 ternyata tidak memiliki nilai gizi yang setara. Namun, para peneliti ingin memahami lebih dalam tentang nutrisi mana yang bisa meningkatkan kadar vitamin D dengan lebih baik dan efektif. Mereka pun kemudian melibatkan 335 wanita dari Asia Selatan dan Eropa yang kemudian diukur kadar vitamin D-nya selama dua periode musim dingin. Alasan memilih musim dingin adalah karena pada saat inilah paparan sinar matahari cenderung minim dibandingkan dengan musim-musim lainnya.

Para wanita ini kemudian dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok pertama mengkonsumsi vitamin D2 dalam bentuk biskuit, kelompok kedua mengkonsumsi vitamin D3 dalam bentuk biskuit, kelompok ketiga mengkonsumsi vitamin D3 dalam bentuk jus, kelompok keempat mengkonsumsi vitamin D3 dalam bentuk jus, dan kelompok terakhir yang mendapatkan placebo. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi vitamin D3 cenderung meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuhnya sebanyak 74 persen. Sementara itu, mereka yang mengkonsumsi placebo jsutru menurunkan kadar vitamin D dalam tubuhnya dalam periode yang sama.

Dr. Laura Tripkovic yang merupakan peneliti utama menyebutkan bahwa vitamin D3 yang bisa didaptkan dari ikan dan telur sepertinya memang lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan vitamin D2 yang bisa didapatkan dari roti, jamur, atau suplemen. Dengan mengkonsumsinya, maka vitamin D akan mendukung kinerja usus dalam menyerap kalsium dalam makanan sehingga membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang agar tidak rapuh.

Jadi, rajin-rajinlah makan ikan agar bisa mendapatkan vitamin D dengan lebih baik pada tubuh.