Jarang Dipakai, Bawang Bombai Ternyata Super Bermanfaat Jika Dikonsumsi Rutin!

Manfaat-rutin-makan-bombai-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ fenwench

DokterSehat.Com– Apa jenis bawang yang biasanya Anda gunakan sebagai bumbu untuk memasak? Sebagian besar tentu akan memilih bawang merah atau bawang putih sebagai pilihan jenis bawang untuk memasak, ya.

Tingginya penggunaan bawang sebagai bahan masakan dalam sehari-hari, bahkan dapat dilihat dari penjualan kedua jenis bawang tersebut yang termasuk cukup tinggi di pasaran.

bawang-bombai-doktersehat
photo credit : pexels.com

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kita tidak hanya bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih saja sebagai pilihan saat memasak?

Ya, ternyata ada pilihan jenis bawang lain yang dapat memberikan manfaat yang super untuk tubuh, yaitu bawang bombai!

Kandungan gizi bawang bombai

Dibandingkan dengan bawang merah dan putih, bawang bombai seakan kalah popularitasnya, ya, namun bukan berarti bawang bombai jadi tidak memiliki manfaat untuk tubuh, lho.

Bawang bombai umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan dikonsumsi dalam jumlah atau porsi yang lebih banyak dari bawang merah dan bawang putih.

Hal ini tentu bermanfaat karena kita bisa mengasup gizi dan vitamin yang ada pada bawang bombai, yaitu:

  • Sumber vitamin C dan B kompleks yang tinggi
  • Kandungan mineral lengkap, yaitu natrium, kalium, kalsium, zat besi dan zink
  • Memiliki kandungan serat, dalam 100 gram bawang bombai terdapat 2 gram serat

Kandungan gizi yang ada pada bawang bombai tersebut tentu bisa kita rasakan jika kita terbiasa mengonsumsi bawang bombai secara rutin, baik sebagai bahan tambahan dalam sayur atau bumbu masakan.

Manfaat utama konsumsi bawang bombai untuk kesehatan tubuh

Manfaat yang ada dari kandungan gizi pada bawang bombai tersebut, akan memberi manfaat berupa:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh & ampuh mencegah penyakit jantung serta kanker

Kandungan vitamin C dan fitonutrien yang tinggi pada bawang bombai tentu akan memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang meningkatkan imunitas tubuh, sedangkan fitonutrien yang tinggi kandungannya pada bawang bombai, yaitu quercentin, mampu memberikan asupan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan quercentin yang ada pada bawang bombai, dinilai lebih tinggi daripada buah apel atau teh.

doktersehat olahraga setelah Lebaran
photo credit: Pexels

Kombinasi asupan vitamin C dan quercentin pada bawang bombai ini mampu memberikan manfaat berupa pencegahan pada penyakit ringan, misalnya flu, demam, hingga penyakit kardiovaskular misalnya penyakit jantung hingga kanker, didukung dengan kandungan gizi pada bombai lainnya.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang ada pada bawang bombai cukup tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan jenis bawang lainnya.

Bukan hanya kadar kandungan seratnya, jenis serat yang ada pada bawang bombai juga merupakan jenis serat larut yaitu oligofruktosa, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
doktersehat-kanker-usus-besar-Inkontinensia-Usus-1024Kandungan serat jenis oligofruktosa ini baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga fungsi pencernaan terdukung optimal.

3. Menjaga kadar gula darah

Selain dua manfaat super di atas, kandungan serat yang ada pada bawag bombai juga dapat memberikan manfaat berupa menurunkan kadar gula darah tubuh.
doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c-1024Hal ini juga didukung dengan adanya kandungan sulfur pada bawang bombai yang bisa mengurangi produksi insulin.

Tak heran, bawang bombai, utamanya jenis merah, banyak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

Nah, itu dia 3 manfaat utama rutin mengonsumsi bawang bombai.

Kini setelah mengetahui manfaatnya, akan sangat baik jika Anda mulai rutin mengonsumsi bawang bombai, sebagai tambahan bahan baku dalam sayur, salad, atau bahan baku bumbu masakan maupun bumbu dalam saus alami, bukan?