Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang tua menganggap bayi baru lahir belum butuh mainan. Bayi yang baru lahir memang belum bisa menggenggam atau memainkan mainan tersebut, namun sebenarnya mainan bayi dapat membantu perkembangan bayi. Salah satu mainan yang dapat membantu perkembangan bayi antara lain adalah mainan gantung.

Bunda, Ini Manfaat Mainan Gantung bagi Bayi

Manfaat mainan gantung bagi bayi

Mainan gantung termasuk mainan yang mudah didapatkan di pasaran. Mainan gantung ini umumnya digantung di atas boks bayi atau di atas play mat bayi. Ada banyak model dari mainan gantung ini. Anda bisa memilih mainan yang hanya terdiri dari boneka yang empuk, atau memiliki bunyi-bunyian dan alunan musik yang lembut. Selain membantu si kecil tidur lebih nyenyak, mainan ini juga dapat membuatnya tertaik untuk bermain.

Mainan gantung umumnya memiliki warna yang cerah. Pemilihan warna ini bukan tanpa alasan, melainkan dapat digunakan untuk membantu merangsang indra penglihatan bayi. Saat melihat mainan gantung tersebut, perkembangan otak si kecil dapat ikut meningkat dan melatih fokus penglihatannya.

Anda dapat bermain dengan bayi sambil menggeser mainan tersebut ke berbagai arah, lalu amati pergerakan bola matanya. Umumnya mata bayi berusia 3-4 minggu sudah mulai bisa mengikuti gerakan tangan atau barang yang berada di sekitarnya.

Sedangkan musik atau suara yang ditimbulkan dari mainan gantung tersbeut juga dapat merangsang pendengaran bayi. Pendengaran bayi saat baru lahir sebenarnya sudah dapat berfungsi dengan baik. Namun pendengarannya masih terus berkembang hingga ia berusia 6 bulan. Untuk itu ia perlu mendapat stimulasi untuk melatih pendengarannya.

Saat akan memilih mainan gantung untuk anak, sebaiknya pilih yang memiliki perpaduan warna kontras untuk merangsang penglihatan anak. Sedangkan untuk musik, pilih yang memiliki denting musik yang lembut sehingga dapat membuat anak merasa rileks dan nyaman. Hindari memilih mainan gantung yang terlalu panjang karena dapat membuat bayi menariknya terlalu kencang.

Mainan yang bermanfaat bagi bayi berusia 0-6 bulan

Selain mainan gantung, beberapa mainan yang bisa Anda berikan pada bayi baru lahir antara lain boneka yang berisi pasir, squishy, buku bayi, mainan dengan cermin dan mainan yang memiliki suara. Saat memilih mainan anak pastikan terbuat dari bahan yang aman dan pilih mainan berukuran besar untuk mengurangi risiko bayi tersedak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi