Tak Disangka, Ternyata Ini 10 Manfaat Main Catur untuk Anak

manfaat-catur-untuk-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda bermaksud untuk memperkenalkan permainan catur kepada anak? Hal tersebut merupakan sebuah niat yang sangat baik. Ternyata, ada banyak manfaat main catur untuk anak. Mungkin Anda juga tidak menyangka bahwa main catur memiliki manfaat yang akan membuat Anda terkejut.

Manfaat main catur untuk anak

Apakah Anda pernah menyangka bahwa permainan catur memiliki manfaat yang sangat berguna untuk perkembangan karakter dan kemampuan berpikir anak? Sebuah permainan yang katanya diciptakan dengan tujuan agar bisa berpikir strategis dan menjadi jenderal yang ahli ternyata memang sangat bermanfaat untuk anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat main catur untuk anak:

1. Melatih konsentrasi anak

Permainan catur merupakan sebuah permainan yang bisa melatih konsentrasi anak. Hal ini dikarenakan pada karakteristik dari permainan catur yang memaksa anak untuk fokus dalam melihat berbagai peluang yang ada saat gilirannya tiba.

Tujuan utama yaitu bisa mengambil pion raja milik lawan tanding adalah motivasi yang utama dan sangat kuat bagi anak-anak untuk mencegah segala hal yang bisa menjadi hambatan. Oleh karena itu, anak-anak harus memiliki konsentrasi tinggi untuk mencapai tujuan tersebut dan berhasil menang.

Baca juga: Penyebab Anak Mengalami Gangguan Konsentrasi dan Cara Mengatasinya

2. Meningkatkan memori anak

Manfaat main catur tidak hanya bisa meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi saja. Ternyata, semakin meningkat kemampuan konsentrasi anak maka semakin meningkat pula kemampuan mengingat anak.

Ada korelasi yang cukup kuat antara kemampuan konsentrasi dengan kemampuan mengingat. Ketika anak memiliki konsentrasi yang baik saat main catur maka anak akan mampu mengingat setiap langkah yang membuat mereka berhasil dan setiap langkah yang merupakan sebuah kesalahan.

3. Melatih kesabaran anak dan terus bekerja keras

Dalam permainan catur, tidak hanya menuntut konsentrasi dan ingatan yang baik saja tetapi diperlukan pula sebuah kesabaran dan sebuah kerja keas. Anak harus sering latihan main catur agar bisa menjadi pemenang.

Terus berlatih bermain catur akan membuat anak memiliki banyak pengalaman akan kekalahan sehingga ia akan selalu berusaha untuk menghindarinya. Latihan main catur memerlukan sebuah kesabaran dan usaha keras untuk menerima kekalahan saat masih baru dan memetik sebuah pelajaran melalui kesalahan-kesalahan yang ada.

4. Meningkatkan IQ anak

Mau pintar, main catur! Itulah pepatah yang cocok untuk mewakili manfaat main catur yang satu ini. Jangan terkejut mengetahui bahwa permainan catur bisa meningkatkan IQ anak Anda. Pion demi pion yang berhasil diambil merupakan sebuah tanda peningkatan IQ anak Anda.

Main catur merangsang perkembangan dendrit anak Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan IQ pada anak yang telah bermain catur dalam waktu empat bulan. Jadi, apabila Anda ingin IQ anak Anda meningkat maka ajaklah ia untuk main catur.

5. Melatih penggunaan otak kanan dan otak kiri bersama-sama

Otak yang terbagi menjadi dua sisi, yakni otak kanan dan otak kiri, memiliki keunikan memproses informasi. Otak kiri memiliki fokus pada ingatan, logika, analisis, dan hitungan, sedangkan otak kanan didominasi oleh kreativitas, seni, imajinasi, intuisi, dan emosi.

Pada banyak orang, ada satu sisi otak yang digunakan lebih dominan dari sisi yang lain. Hal ini sering membuat labelisasi orang otak kanan dan orang otak kiri. Padahal menggunakan kedua sisi otak memberi hasil yang lebih baik. Permainan catur merangsang kedua sisi otak untuk sama-sama memproses informasi.

6. Meningkatkan kemampuan akan kreativitas

Sebelumnya telah disebutkan bahwa main catur dapat mengaktifkan kedua sisi otak secara optimal. Sisi otak kanan yang berfokus pada kreativitas sudah pasti difungsikan lebih optimal dan membuat kemampuan akan kreativitas menjadi semakin baik.

7. Meningkatkan kemampuan matematika anak

Matematika yang merupakan kemampuan dari otak kiri telah banyak berkontribusi di dalam permainan catur. Matematika telah menyatu di dalam permainan catur. Jadi, bisa dikatakan bahwa manfaat main catur untuk anak bisa meningkatkan kemampuan matematikanya.

8. Meningkatkan keterampilan membaca anak

Ada sebuah penelitian yang membandingkan kemampuan membaca anak di sekolah dasar dengan aktivitas main catur. Ternyata, hasil penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang main catur memiliki keterampilan membaca di atas rata-rata. Manfaat main catur untuk anak bisa meningkatkan keterampilan membaca.

Baca juga: Bunda, Ini Manfaat Anak Rajin Membaca

9. Melatih anak untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah

Permainan catur memiliki tujuan utama untuk mengambil pion raja milik lawan. Namun, terdapat sejumlah gangguan yang harus dihadapi untuk bisa mencapai tujuan utama dalam permainan catur.

Oleh karena itu, anak akan berusaha berpikir untuk memecahkan masalah berupa hambatan yang menghalanginya untuk mencapai tujuannya mengambil pion raja lawan. Hal ini bagaikan simulasi dari kehidupan nyata. Melalui permainan catur, anak terlatih untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapinya demi mencapai tujuan utamanya di dunia nyata.

10. Melatih anak memiliki pemikiran strategis

Manfaat main catur untuk anak bisa melatih anak berpikir secara strategis. Dalam permainan catur, kesuksesan dan juga kekalahan ditentukan oleh setiap pergerakan pion sehingga anak pun tertuntut untuk memikirkan sebuah strategi untuk bisa sukses dan juga terhindar dari kesalahan pergerakan.