15 Manfaat Mahkota Dewa, Atasi Diabates Hingga Tingkatkan Vitalitas!

manfaat-mahkota-dewa-doktersehat

DokterSehat.Com – Mahkota dewa sudah tidak asing lagi dalam dunia pengobatan herbal di Indonesia. Manfaat mahkota dewa yang paling populer adalah sebagai pengobatan diabetes. Selain manfaat tersebut, ternyata masih banyak lagi manfaat dari tanaman dengan buah berwarna merah terang ini.

Sekilas Tentang Mahkota Dewa

Mahkota dewa yang memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa adalah salah satu tanaman khas Indonesia. Tanaman ini menghasilkan buah yang berwarna merang terang ketika sudah masak. Buah mahkota dewa tidak umum dikonsumsi, tapi sering digunakan sebagai herbal.

Mahkota dewa banyak digunakan sebagai obat herbal karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Mahkota dewa memiliki kandungan alkaloid, saponin, dan polifenol jenis flavonoid. Cara menggunakan mahkota dewa yang paling umum adalah dengan mengeringkan buahnya, setelah itu buah yang sudah kering bisa diseduh untuk kemudian diminum.

Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Penggunaan mahkota dewa sebagai obat herbal sudah sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah berbagai manfaat mahkota dewa yang banyak dipercaya masyarakat!

1. Mengatasi sakit kepala

Manfaat mahkota dewa yang pertama adalah dapat mengatasi sakit kepala. Terdapat beberapa kandungan bioaktif dalam ekstrak mahkota dewa yang bisa bertindak sebagai senyawa analgesik atau pereda nyeri. Selain mengatasi sakit kepala, mahkota dewa juga bisa meredakan nyeri pada tubuh akibat berbagai sebab.

2. Obat flu dan batuk

Selanjutnya adalah manfaat mahkota dewa untuk mengatasi flu dan batuk. Kandungan antioksidan dalam mahkota dewa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan penyakit flu dan batuk dapat lebih cepat.

3. Menangkal radikal bebas

Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Manfaat mahkota dewa yang dapat menangkal radikal bebas membuat buah ini dipercaya mampu untuk melawan berbagai penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker.

4. Antivirus dan antibakteri

Manfaat mahkota dewa selanjutnya adalah sebagai antivirus dan antibakteri. Virus dan bekteri dapat menyebabkan berbagai macam infeksi pada tubuh. Konsumsi mahkota dewa yang memiliki kandungan senyawa seperti saponin dan alkaloid ini akan membantu Anda terhindar dari berbagai infeksi akibat virus dan bakteri.

5. Meningkatkan vitalitas

Mahkota dewa juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas, terutama pada pria. Kandungan saponin dan alkaloid kembali berperan dalam manfaat mahkota dewa yang satu ini. Kedua senyawa ini banyak ditemukan dalam berbagai obat herbal yang didunakan sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah.

6. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Keberadaan racun dalam tubuh bisa menyebabkan masalah. Salah satu contohnya adalah adanya racun dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan diare. Manfaat mahkota dewa adalah dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat mahkota dewa baik untuk detoksifikasi tubuh dan mengatasi gejala keracunan.

7. Menurunkan kolesterol

Mahkota dewa mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, itu artinya obat herbal satu ini dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat. Terbentuknya plak adalah salah satu pemicu tersumbat dan terganggunya aliran darah.

8. Membantu mengatasi pengentalan darah

Pengentalan darah terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah yang bisa dipicu oleh berbagai faktor. Sama halnya seperti plak akibat kolesterol, pengentalan darah juga bisa mengganggu aliran darah. Kandungan saponin dalam dalam mahkota dewa dapat membantu mengatasi proses penggumpalan darah.

9. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Mahkota dewa yang kaya antioksidan juga mampu untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, stroke, dan penyakit lainnya. Herbal satu ini mampu untuk melancarkan peredaran darah dan mengatasi kondisi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah seperti yang sudah disebutkan di atas.

10. Menurunkan gejala alergi

Manfaat mahkota dewa selanjutnya adalah sebagai anithistamin yang dapat menurunkan gejala alergi. Senyawa polifenol yang ada dalam mahkota dewa dapat membantu tubuh mecegah produksi histamin yang merupakan pemicu dari munculnya gejala seperti gatal, ruam, merah, rhinitis, pembengkakan, hingga kesulitan untuk bernapas.

11. Mengatasi gatal pada kulit

Infeksi pada kulit hampir selalu ditandai dengan rasa gatal. Selain bagian buahnya, bagian daun mahkota dewa ternyata juga bisa digunakan. Salah satunya adalah untuk mengatasi rasa gatal pada kulit akibat berbagai macam sebab.

12. Mengatasi gejala asam urat

Penyakit asam urat dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada beberapa titik sendi dalam tubuh. Sebagai pereda nyeri, manfaat mahkota dewa adalah meredakan rasa nyeri pada sendi.

Namun tidak hanya sampai di situ saja, kandungan polifenol dalam mahkota dewa juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang menjadi pemicu kambuhnya asam urat.

13. Obat diabetes

Mengatasi gejala diabetes adalah salah satu manfaat mahkota dewa yang paling populer. Beberapa penelitan juga menunjukkan bahwa mahkota dewa memang efektif untuk mengontrol kadar gula darah sehingga dapat bisa digunakan oleh penderita diabetes.

14. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan antioksidan dalam mahkota dewa juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme merupakan proses tubuh membentuk energi. Lancarnya metabolisme sangat penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsinya.

15. Meningkatkan sistem imun

Selain meningkatkan metabolisme, meningkatkan sistem imun juga merupakan manfaat mahkota dewa. Semakin baik sistem imun seseorang, maka akan semakin mampu untuk menangkal berbagai macam penyakit.

Mahkota dewa memang sudah umum digunakan sebagai obat herbal, tapi penggunaannya harus tetap dilakukan secara hati-hati. Perlu diketahui bahwa tidak semua bagian dari tanaman mahkota dewa dapat digunakan. Terdapat bagian dari buah mahkota dewa yang beracun, yaitu bagian bijinya.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa manfaat mahkota dewa yang membutuhkan penelitan lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Jika ingin menggunakan mahkota dewa sebagai pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter sebelumnya.