10 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Mencegah Kanker!

manfaat-masker-madu-doktersehat

DokterSehat.Com– Sejak zaman dulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah sangat dikenal dan ampuh. Madu memiliki rasa manis sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti gula, dari segi kesehatan tentu madu lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Madu berbentuk cairan yang kental dengan warna kuning, dan coklat. Dan madu sangat umum dijadikan sebagai sumber energi karena memiliki kandungan 64 kalori per sendok makan.

Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah.

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Minum Air Madu di Pagi Hari

Inilah Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Sejak zaman kuno, madu telah digunakan sebagai makanan maupun obat-obatan. Madu sangat tinggi dalam senyawa tanaman bermanfaat, dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Madu sangat sehat jika digunakan sebagai pengganti gula, yaitu 100% zero kalori. Berikut adalah khasiat madu untuk kesehatan berdasarkan ilmu pengetahuan.

1. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung.

2. Kurangi bisul dan gangguan gastrointestinal lainnya

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perawatan dengan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan gastroenteritis bakteri. Ini mungkin terkait dengan manfaat ketiga.

3. Khasiat Madu sebagai Antibakteri dan antijamur

“Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida,” kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru.

4. Manfaat Madu untuk Meningkatkan kinerja atletik

Atlet Olimpiade kuno akan makan madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, menunjukkan bahwa madu lebih unggul dalam menjaga kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan daripada pemanis lainnya.

Baca juga: 15 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin

5. Mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan

Khasiat madu membantu mengatasi batuk, terutama madu soba. Dalam sebuah penelitian terhadap 105 anak-anak, satu dosis madu soba sama efektifnya dengan satu dosis dextromethorphan dalam meredakan batuk malam hari dan memungkinkan tidur lebih nyenyak.

6. Madu menyeimbangkan 5 elemen

Telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic di India selama setidaknya 4000 tahun dan dianggap memengaruhi ketiga ketidakseimbangan material primitif tubuh secara positif. Madu juga dikatakan bermanfaat dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kemih, asma bronkial, diare, dan mual.

Madu disebut sebagai “Yogavahi” karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh. Ketika madu digunakan dengan sediaan herbal lainnya, madu meningkatkan kualitas obat dari sediaan tersebut dan juga membantu mereka untuk menjangkau jaringan yang lebih dalam.

7. Pengaturan gula darah

Meskipun mengandung gula sederhana, itu tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi tepat fruktosa dan glukosa benar-benar membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyentak gula darah Anda.

8. Menyembuhkan luka dan luka bakar

Penggunaan madu di luar tubuh telah terbukti efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Diperkirakan bahwa efek pengeringan gula sederhana dan sifat antibakteri madu bergabung untuk menciptakan efek ini. Studi telah menunjukkan itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

9. Probiotik

Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri yang ramah. Ini termasuk hingga 6 spesies lactobacilli dan 4 spesies bifidobacteria. Ini mungkin menjelaskan banyak dari “sifat-sifat terapeutik misterius dari madu.”

Baca juga: Jenis-Jenis Madu yang Baik untuk Merawat Kulit

10. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Jenis madu manuka dari Australia telah ditemukan untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh menurut sebuah penelitian di School of Medicine, Cardiff University, Inggris.

Sebagai tambahan, manfaat madu selain untuk kesehatan, juga dapat digunakan untuk kecantikan, karena madu dipercaya dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

Demikian khasiat madu untuk menyehatkan tubuh secara alami yang bisa Anda coba di rumah, Teman Sehat!