Terbit: 9 Juli 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sejak dahulu kala madu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat madu ini cukup beragam dari mulai mengobati penyakit ringan hingga mencegah penyakit berbahaya sekalipun. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

manfaat-madu-doktersehat

Madu dan Kandungan Nutrisinya

Madu sudah turun-temurun dimanfaatkan sebagai medium pengobatan alternatif maupun sumber nutrisi harian. Bukan tanpa alasan mengapa madu dipercaya dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Berbagai studi telah membuktikan bahwa makanan yang dihasilkan oleh hewan lebah ini memang sangat baik untuk tubuh dikarenakan padanya terkandung sejumlah vitamin dan nutrisi penting.

Vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam madu meliputi:

  • Kalori
  • Vitamin B
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Zinc
  • Gula
  • Antioksidan (flavonoid)

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Lantas, apa saja yang manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi madu secara tepat?.

1. Sumber Energi

Manfaat madu yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Ya, mengonsumsi madu di pagi hari sebelum beraktivitas dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga aktivitas yang hendak Anda lakukan bisa berjalan lancar.

Kandungan glukosa pada madu diklaim menjadi alasan mengapa makanan ini bisa dijadikan alternatif sumber energi selain gula. Anda bisa mengonsumsi madu saat sarapan dengan cara mencampurkannya dengan teh atau mengoleskannya pada roti.

2. Antibakteri dan Antijamur

Madu juga diklaim sebagai agen antibakteri alami. Menurut penelitian yang dirilis oleh European Journal of Clinical Microbiology & Infectious Diseases, jenis madu Manuka terbukti efektif dalam melawan bakteri Clostridium difficile yang mana bakteri ini menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan seperti diare. Jenis bakteri lainnya yang bisa diatasi dengan madu ini adalah:

  • Helicobacter pylori
  • Staphylococcus aureus

Selain antibakteri, madu Manuka juga merupakan agen antijamur. Hal ini dikarenakan pada madu tersebut terkandung hidrogen peroksida yang diklaim ampuh mengatasi infeksi jamur.

3. Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Khasiat madu selanjutnya adalah untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Menurut penelitian, efektivitas madu dalam mengatasi batuk dan sakit tenggorokan ini bahkan lebih baik ketimbang obat-obatan kimia yang diformulasikan untuk mengatasi batuk tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sendiri telah merekomendasikan madu sebagai salah satu medium pengobatan batuk.

4. Mengendalikan Gula Darah

Madu memang mengandung gula, namun selama penggunaannya tepat, madu justru tidak akan membuat kadar gula darah di dalam tubuh Anda melonjak tajam hingga berujung pada penyakit diabetes. Tingkat keamanan madu ini tentu saja lebih baik daripada gula pada umumnya sehingga Anda yang menderita diabetes atau ingin menghindar dari penyakit mematikan tersebut disarankan untuk mulai menggunakan madu sebagai pemanis alih-alih gula biasa.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat madu yang tak disangka-sangka adalah bisa mencegah, atau setidaknya meminimalisir, risiko penyakit jantung. Ya, kandungan zat antioksidan di dalamnya berdasarkan studi dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu faktor pemicu utama penyakit jantung.

6. Menyembuhkan Luka

Studi lainnya juga menunjukkan jika madu dapat digunakan sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan luka pada kulit. Studi tersebut mengatakan jika kandungan zat di dalam madu mampu mengatasi luka, baik itu luka bakar, kecelakaan, maupun luka pascaoperasi. Sifat antibakteri yang dimilikinya pun dapat mencegah luka terinfeksi.

7. Mengatasi ‘Hangover

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari The NYU Langone Medical Center mengklaim bahwasanya mengonsumsi madu dapat mengatasi gejala hangover. Gejala ini ditandai dengan sensasi kepala pusing, mual, dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya. Kondisi ini umumnya muncul pasca seseorang mengonsumsi minuman beralkohol. Nah, madu berperan dalam mengoksidasi alkohol tersebut sehingga gejala-gejala yang tadi disebutkan akan mereda.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Minum Air Madu di Pagi Hari

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat bebas penyakit pastilah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh merupakan garda terdepan tubuh dalam menangkal serangan penyakit. Guna memperkuat daya tahan tubuh, salah satu cara alami yang  bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi madu secara rutin. Manfaat madu yang satu ini pun sudah banyak dibuktikan oleh penelitian sehingga efektivitasnya hampir dipastikan terjamin.

9. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar

Berkaitan dengan sistem pencernaan, madu juga dapat dimanfaatkan guna mengatasi masalah pada sistem pencernaan tersebut. Salah satu dari masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan mengonsumsi madu adalah sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

Menurut sebuah studi, madu memiliki dampak yang positif dalam mengatasi gangguan pencernaan yang satu ini. Selain itu, masalah pencernaan seperti sulit buang air besar (BAB) alias sembelit juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu.

10. Mengatasi Diare

Masalah pencernaan lainnya yang bisa diobati dengan madu adalah diare. Pada sebuah studi yang melibatkan 150 anak, ditemukan fakta bahwa madu (jika dikonsumsi bersama dengan obat diare lainnya) dapat menyembuhkan diare lebih cepat.

Anda bisa mencampurkan 1 (satu) sendok teh madu dengan segelas air hangat kemudian diminum setiap kali diare kambuh. Akan tetapi, pastikan takaran madu tidak berlebihan karena hal ini justru akan memperparah kondisi.

11. Mencegah Penyakit Kanker

Khasiat madu selanjutnya yang tak kalah penting adalah untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat madu asli untuk mencegah penyakit mematikan ini tak lain dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan di dalamnya.

Zat antioksidan pada madu berfungsi untuk merawat sel- sel tubuh dan mencegahnya dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Sebagaimana yang kita ketahui, kanker berawal dari rusaknya sel-sel tubuh saat terserang radikal bebas.

12. Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Ibu hamil kemungkinan besar akan mengalami yang namanya morning sickness. Kondisi ini ditandai dengan gejala berupa sensasi mual yang bahkan juga disertai muntah. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala mual tersebut adalah dengan mengonsumsi madu. Manakala gejala muncul, segera minum kira-kira 1 sendok teh madu, baik itu secara langsung maupun dilarutkan ke dalam segelas air hangat.

13. Mengatasi GERD

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini juga mengungkapkan bahwasanya madu dapat membantu meredakan refluks asam lambung atau yang biasa kita kenal dengan nama GERD. Penyakit lambung yang satu ini memang tergolong penyakit yang umum dialami orang-orang. Nyeri ulu hati (heartburn) dan mual adalah 2 gejala utama yang dialami oleh penderitanya.

14. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Adanya zat antioksidan dan antiinflamasi lantas menghasilkan khasiat madu untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah studi mengungkapkan bahwasanya madu mampu mencegah otak dari kerusakan. Kendati efektivitas madu ini baru berhasil diuji pada hewan tikus, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap mengonsumsinya sebagai bagian dari usaha merawat otak agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

15. Meningkatkan Kesehatan Organ Reproduksi

Salah satu jenis madu yakni royal jelly berdasarkan penelitian terbukti memberikan dampak positif dalam merawat kesehatan organ reproduksi. Pada wanita, madu diklaim dapat mereduksi gejala yang timbul saat pra-menstruasi (PMS) dan juga saat memasuki periode menopause.

Sementara itu, kandungan zat pada madu juga disebut-sebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Sayangnya, penelitian yang dilakukan masih menjadikan hewan sebagai objek penelitiannya. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan guna menguji efektivitasnya pada manusia.

16. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat madu asli lainnya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda yang mungkin akhir-akhir ini sering mengalami kesulitan tidur bisa menjadikan madu sebagai salah satu cara alternatif untuk memperbaiki kualitas tidur.

Khasiat madu untuk meningkatkan kualitas tidur dikarenakan kandungan zatnya dapat menstimulasi pelepasan hormon serotonin. Hormon serotonin yang tak lain merupakan hormon pengatur mood ini lantas dikonversikan lagi menjadi hormon melatonin. Nah, hormon melatonin inilah yang bertugas untuk membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak.

17. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition pada tahun 2010 silam menemukan fakta bahwa madu efektif untuk menimbulkan efek kenyang yang lebih lama. Hal ini tentu saja baik untuk menjaga agar frekuensi makan Anda tidak berlebihan sehingga berat badan tetap ideal atau turun jika memang saat ini Anda sedang dalam program penurunan berat badan.

Mengonsumsi madu sebelum tidur juga diklaim akan membantu tubuh untuk membakar lemak lebih optimal. Akan tetapi, hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan aktivitas sehat lainnya seperti berolahraga.

18. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat adalah dambaan hampir setiap orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Madu adalah salah satu solusi untuk membuat kulit Anda senantiasa tampil sehat dan menawan. Kandungan zat antioksidannya diklaim efektif untuk membuat kulit lembut dan tidak kering serta mencegah kulit dari peradangan maupun kerusakan sel.

Baca juga: Jenis-Jenis Madu yang Baik untuk Merawat Kulit

19. Mengatasi Ruam pada Kulit

Anda juga bisa memanfaatkan madu guna mengatasi masalah kulit berupa ruam. Cukup mengoleskan madu secukupnya ke area kulit yang terdampak secara rutin, ruam pada kulit dipercaya akan hilang selang beberapa hari pemakaian. Kendati klaim manfaat madu yang satu ini belum bisa dikatakan kuat, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.

20. Merawat Kesehatan Rambut

Selain kulit yang sehat, rambut yang sehat tentunya juga menjadi dambaan Anda, bukan? Lagi-lagi, madu bisa Anda andalkan untuk menghasilkan rambut yang indah dan menawan. Madu dianggap sebagai pelembab alami rambut, pun berdasarkan studi yang yang dirilis oleh European Journal of Medical Research pada tahun 2011, madu efektif mengatasi masalah rambut yang sering dialami orang-orang yakni ketombe.

21. Menurunkan Kolesterol

Kembali membahas perihal manfaat madu asli untuk mencegah penyakit jantung, kali ini Anda harus tahu jika madu menurut sejumlah penelitian dapat menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol’ jahat’ dan sebaliknya, meningkatkan kadar lemak HDL alias kolesterol ‘baik’. Seperti yang kita ketahui, kolesterol juga menjadi faktor pemicu terjadinya penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya yakni stroke.

22. Mengatasi Radang Sendi (Arthritis)

Madu juga bisa untuk membantu mengatasi peradangan pada sendi (arthritis). Kendati belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai klaim khasiat madu yang satu ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengonsumsi madu manakala terserang gangguan kesehatan yang satu ini.

23. Manfaat Madu Lainnya

Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari madu, di antaranya sebagai berikut:

  • Meredakan stres
  • Mengatasi gangguan penglihatan
  • Mengobati sakit gigi pada anak-anak
  • Mengatasi masalah pernapasan
  • Menghilangkan cegukan

Sayangnya, lagi-lagi khasiat madu tersebut masih minim bukti ilmiah sehingga belum dikatakan kuat. Anda mungkin bisa menanyakan hal ini lebih lanjut dengan dokter guna memastikan apakah memang madu bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan tersebut.

 

  1. Ahuja, A. 2018. 11 Amazing Benefits of Honey For Weight Loss, Hair and Skin. https://food.ndtv.com/health/11-amazing-honey-benefits-boosts-immunity-treats-cough-and-more-1397491 (Diakses pada 9 Juli 2020)
  2. Anonim. Honey. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-honey/art-20363819?pg=1 (Diakses pada 9 Juli 2020)
  3. Beryy, J. 2019. What are the health benefits of raw honey? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324997#coughs (Diakses pada 9 Juli 2020)
  4. Frey, M. 2020. Honey Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/honey-nutrition-facts-and-calories-4164274#citation-3 (Diakses pada 9 Juli 2020)
  5. Goldman, R. 2019. The Top 6 Raw Honey Benefits. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-raw-honey-benefits#heal-wounds (Diakses pada 9 Juli 2020)
  6. Gunnars, K. 2018. 10 Surprising Health Benefits of Honey. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey#section5 (Diakses pada 9 Juli 2020)
  7. Nordqvist, J. 2018. Everything you need to know about honey. https://www.medicalnewstoday.com/articles/264667 (Diakses pada 9 Juli 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi