7 Manfaat Lulur untuk Tubuh dan Tips Menggunakannya

manfaat-lulur-doktersehat

DokterSehat.Com – Lulur adalah produk skin care yang digunakan pada kulit untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Perawatan kulit menggunakan lulur harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Lalu, apa saja manfaat lulur yang bisa didapatkan jika digunakan secara rutin? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

Manfaat Lulur

Banyak wanita yang melakukan perawatan menggunakan lulur secara rutin. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Penggunaan skin care bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan tentunya juga sehat, begitu juga dengan lulur.

Nah, apa saja sebenarnya manfaat lulur untuk kulit?

1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat lulur yang pertama adalah mengangkat sel kulit mati.

Jika tidak dieksfoliasi secara rutin, sel kulit mati yang menumpuk dapat menimbulkan masalah pada kulit seperti hiperpigmentasi atau mengganggu kelembapan kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering, kusam, dan tidak bercahaya.

Penggunaan sabun mandi biasa hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit namun tidak membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga penggunaan lulur diperlukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut.

2. Mencerahkan kulit

Perawatan dengan lulur juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan tampak tidak bercahaya.  Bagian tubuh tertentu yang lebih sulit dijangkau seperti ketiak atau selangkangan biasanya akan lebih gelap dibandingkan dengan bagian kulit lainnya.

Penggunaan lulur yang dapat mengangkat sel kulit mati dapat membantu mencerahkan bagian-bagian kulit tersebut. Jenis lulur yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah seperti lulur kopi, bengkoang, dan lemon.

3. Melembapkan kulit

Salah satu syarat kulit yang sehat adalah yang kelembapannya terjaga.

Kulit yang kering lebih rentan terhadap iritasi dan berbagai masalah kulit. Sedangkan kulit yang lembap akan terlihat sehat dan lebih mudah dalam menyerap nutrisi dari setiap produk yang diaplikasikan ke kulit.

Beberapa jenis lulur memiliki kandungan yang dapat menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat. Jenis lulur yang bisa membantu melembapkan kulit adalah seperti lulur bengkoang, kopi, zaitun, dan cocoa butter.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Manfaat luluran yang keempat adalah dapat membantu menghaluskan dan melembutkan kulit.

Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi lebih kasar. Dengan terangkatnya sel kulit mati, maka akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga tekstur kulit pun akan terasa lebih halus dan lembut.

5. Mencegah penuaan kulit

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit akan mengalami penuaan.

Apabila kulit tidak dirawat dengan baik, maka proses penuaan ini dapat terjadi lebih cepat. Terutama jika kulit sering terpapar radikal bebas dari polusi, paparan sinar UV, dan sumber lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah penuaan kulit adalah dengan menggunakan lulur secara rutin. Pilihlah jenis lulur yang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas yang dapat memicu penuaan.

Jenis lulur yang dapat direkomendasikan untuk mencegah penuaan adalah seperti lulur green tea, lulur madu, lulur alpukat, dan masih banyak lagi.

6. Mengencangkan kulit

Manfaat lulur yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah dapat membantu mengencangkan kulit.

Selain karena berbagai kandungan nutrisi yang terserap oleh kulit, pijatan pada tubuh ketika mengaplikasikan lulur juga sangat berguna untuk melancarkan aliran darah. Hal ini juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih kencang.

7. Relaksasi

Pijatan pada tubuh dapat melancarkan aliran darah dan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu, umumnya lulur juga memiliki aroma-aroma khas yang cocok untuk relaksasi. Jadi, dapat dikatakan bahwa relaksasi juga merupakan salah satu manfaat luluran. Tubuh yang lebih rileks tentunya akan terasa lebih sehat, tingkat stres juga dapat menurun jika kita melakukan perawan satu ini secara rutin.

Tips Luluran

Jika ingin mendapatkan manfaat luluran dengan maksimal, tentunya tata cara penggunaan lulur juga harus diperhatikan. Menggunakan lulur secara rutin memang baik, tapi tentu lulur juga tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa tips luluran yang harus Anda perhatikan:

  • Gunakanlah lulur sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Lulur yang digunakan untuk kulit normal, kulit kering, dan kulit sensitif mungkin berbeda. Sebelum memilih lulur, sebaiknya kenali lebih dulu karakter dan kebutuhan kulit Anda.
  • Jika memiliki kulit sensitif atau kering, sebaiknya pilih jenis lulur yang lebih lembut dan jangan menggosok lulur terlalu keras. Kulit sensitif dan kering lebih rentan, melakukan lulur terlalu lama dan penggunaan lulur yang terlalu kasar dapat memicu iritasi dan menyebabkan kemerahan pada kulit.
  • Luluran bukan merupakan perawatan yang harus dilakukan setiap hari, cukup dilakukan seminggu satu kali saja. Kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi dan membentuk sel kulit baru, sehingga melakukan luluran terlalu sering dapat melukai kulit dan mengganggu regenerasi kulit.
  • Jika ingin membuat lulur sendiri di rumah, pastikan pemilihan bahan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Pastikan juga Anda telah memahami tata cara penggunaan lulur yang benar agar mendapatkan manfaat maksimal bagi kulit Anda.

Itu dia berbagai manfaat lulur untuk tubuh. Ternyata manfaat luluran bukan hanya untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit, tapi masih banyak lagi manfaat lainnya. Jika ingin menjaga kecantikan kulit, lakukanlah perawatan ini secara konsisten.

Karakter kulit seseorang dapat berubah-ubah. Jika karakter kulit berubah, perawatan yang dibutuhkan oleh kulit tentu juga berubah. Jangan lupa untuk selalu memilih perawatan menyesuaikan kebutuhan tersebut.