4 Manfaat Lompat Tali untuk Program Diet

Doktersehat-Manfaat-Olahraga-Lompat-Tali-Bagi-Tubuh
Photo Credit: Flickr.com/Matt Saunders

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak tahu lompat tali? Permainan yang satu ini merupakan sebuah permainan tradisional yang telah dikenal sejak zaman dulu, khususnya di Indonesia. Permainan yang satu ini memang sangat sederhana dan tak membutuhkan banyak biaya. Tapi, di balik kesederhanaannya itu, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satu manfaatnya adalah dalam menurunkan berat badan.

Pakar diet mengatakan bahwa permainan ini lebih efektif menurunkan berat badan daripada menyiksa diri untuk mengurangi jumlah makan. Namun, bagaimanapun juga agar hasil diet cepat terlihat, kita harus mengimbangi pola makan serta olahraga yang teratur.

Nah, bagi Anda yang tidak suka berolahraga ataupun tak ada waktu, permainan ini bisa menjadi solusinya. Sebab, ada beberapa manfaat yang bisa dihasilkan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya.

1. Membakar Kalori Secara Cepat

Jangan salah sangka, lompat tali tak hanya bisa membuat tubuh lebih tinggi, tapi juga bisa membakar kalori sangat banyak. Bahkan, diklaim bahwa lompat tali bisa membakar kalori lebih tinggi daripada berjalan kaki. Oleh karenanya, permainan ini bisa Anda lakukan setiap hari, minimal 5 menit.

2. Melancarkan Metabolisme

Metabolisme tubuh yang baik akan menghasilkan manfaat segudang, salah satunya adalah mempercepat penurunan berat badan. Ya, untuk mendapatkan metabolisme baik banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah lompat tali. Namun jangan lupa juga untuk mengimbangi dengan makanan sehat seperti sayur dan buah.

3. Membuang Racun

Perlu diketahui, ada banyak cara untuk tubuh membuang racun secara alami, salah satunya adalah dengan loncat. Ketika Anda loncat-loncat dalam ritme yang tinggi, maka akan ada banyak racun yang terbuang melalui keringat dan menjadi uap. Untuk itu, lompat tali sangat efektif dalam membuang racun ketika Anda sedang diet.

4. Membuang Lemak Paha

Seperti diketahui, membuang lemak pada paha bukanlah sebuah hal yang mudah. Ketika diet, mungkin Anda bisa mendapatkan perut yang rata, tapi belum tentu bisa mengecilkan paha. Untuk itu, lompat tali adalah solusinya. Sebab, dalam melakukan permainan ini, otot paha dan kaki akan digunakan secara maksimal sehingga bisa meluruhkan lemak yang menumpuk.