Akhir-akhir ini, berita mengenai lobster kerap menghiasi media nasional. Terlepas dari segala perdebatan yang terjadi, kali ini akan dibahas mengenai potensi manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi hewan laut yang satu ini. Apa saja manfaat lobster bagi tubuh?

manfaat-lobster-doktersehat

Lobster dan Kandungan Nutrisinya

Lobster adalah sejenis hewan laut bercangkang yang masuk ke dalam filum arthropoda, sama halnya seperti udang. Lobster merupakan salah satu hidangan laut populer selain ikan, kepiting, dan udang yang memiliki banyak ‘penggemar’ (mungkin termasuk Anda salah satunya).

Lobster yang memiliki nama ilmiah Nephropidae juga terkenal akan harganya yang mahal. Stigma makanan ‘mewah’ pun kerap melekat pada hewan laut yang satu ini. Akan tetapi, hal ini sebanding dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya yaitu:

  • Asam lemak omega-3
  • Selenium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Zinc
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Vitamin E

Manfaat Lobster bagi Kesehatan Tubuh

Atas adanya kandungan nutrisi yang sedemikian beragamnya, lobster dipercaya membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah sederet manfaat lobster laut bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meminimalisir Risiko Anemia

Manfaat lobster bagi kesehatan yang pertama adalah untuk meminimalisir risiko penyakit kekurangan darah atau yang umum kita kenal sebagai anemia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Jawabannya ada di kandungan lobster berupa zat besi dan tembaga. Kedua jenis mineral ini bekerja bersama-sama dalam mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah di dalam tubuh berada di bawah angka normal. Anemia ditandai oleh sejumlah gejala seperti:

  • Kelelahan
  • Kepala pusing
  • Abnormalitas detak jantung
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Napas pendek

2. Mencegah Penyakit Tiroid

Mengonsumsi lobster juga dinilai dapat membantu mencegah Anda mengalami penyakit tiroid di masa mendatang.

Manfaat lobster yang satu ini dihasilkan oleh selenium yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari Medical News Today, selenium adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi tiroid. Mineral ini juga memiliki sifat antioksidan.

Kekurangan (defisiensi) selenium—masih dari sumber yang sama—dikatakan memiliki keterkaitan dengan penyakit kelenjar tiroid, dan sudah dibuktikan bahwa pada para penderita penyakit tiroid, pemberian selenium efektif untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

3. Merawat Kesehatan Mental

Lobster juga merupakan sumber dari asam lemak esensial, tepatnya asam lemak omega-3.

Adanya kandungan asam lemak omega-3 menghasilkan manfaat lobster lainnya yang tak kalah penting, yakni untuk merawat kesehatan mental.

Menurut National Institute on Alcohol and Abuse and Alcoholism (NIAAA) of National Institutes of Health in Bethesda, asam lemak omega-3 terbukti mampu mengurangi gejala-gejala yang berkaitan dengan masalah mentasl seperti agresif, impulsif, dan depresi.

Sementara itu, selenium yang dimiliki oleh lobster dikatakan dapat meminimalisir risiko anak menderita gangguan mental ADHD.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Masih dari kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya, manfaat lobster laut lainnya yang sangat penting adalah bisa menurunkan kadar tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Hal ini tentu saja sangat positif. Sebagaimana kita ketahui, tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang jika tidak segera ditangani dapat berujung pada penyakit serius seperti jantung dan stroke.

5. Merawat Kesehatan Tulang

Selain selenium, mineral lainnya yang terkandung di dalam lobster adalah kalsium dan fosfor. Kehadiran keduanya lantas menghasilkan manfaat lobster untuk membentuk dan menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Untuk setiap 6 ons lobster, terdapat setidaknya 140 miligram kalsium dan 274 miligram fosfor. Jumlah ini diklaim berkontribusi terhadap kecukupan kalsium harian sebesar 14 persen, dan kecukupan selenium harian sebesar 39 persen.

Menariknya, kalsium dan fosfor pada lobster juga disebut-sebut memiliki manfaat lain yang tak kalah penting yakni membantu merawat kesehatan saraf dan sel tubuh.

6. Merawat Kesehatan Otak

Satu lagi manfaat besar lobster laut yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu untuk merawat kesehatan dan fungsi organ otak!

Adanya kandungan vitamin B12 pada lobster menjadi alasan mengapa makanan laut ini baik untuk kesehatan otak Anda jika dikonsumsi secara benar. Vitamin B12 berfungsi untuk merawat fungsi myelin, elemen yang tugasnya melindungi sistem saraf otak.

Tidak tanggung-tanggung, kandungan vitamin B12 pada lobster berkontribusi sebanyak 88 persen dari total angka kebutuhan vitamin B12 harian.

7. Merawat Kesehatan Jaringan Tubuh

Manfaat lobster terakhir yang dibahas kali ini adalah untu merawat kesehatan jaringan tubuh.

Lobster adalah salah satu sumber protein hewani, dan di dalam protein hewani terkandung asam amino. Nah, asam amino inilah yang berperan penting dalam merawat kesehatan jaringan tubuh kita.

Lobster Juga Memiliki Dampak Negatif, Lho!

Bagaimana, beragam sekali manfaat lobster laut yang bisa Anda dapatkan, bukan?

Kendati demikian, segala manfaat lobster tersebut hanya bisa Anda dapatkan apabila lobster dikonsumsi sewajarnya. Masalahnya, banyak orang yang terlalu menyukai makanan laut yang satu ini sehingga mengonsumsinya secara berlebihan. Padahal, mengonsumsi lobster terlalu banyak justru dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Ini dia sejumlah dampak negatif yang mungkin akan Anda rasakan apabila mengonsumsi lobster dalam jumlah banyak dan sering:

  • Peningkatan kadar kolesterol. Lobster mengandung kadar kolesterol yang terbilang tinggi sehingga mengonsumsinya secara berlebihan akan secara otomatis meningkatkan volume pemicu penyakit jantung dan stroke ini di tubuh Anda
  • Lobster adalah sumber protein hewani. Asupan protein hewani yang terlalu banyak menurut penelitian dapat memicu timbulnya penyakit gula darah tersebut

Selain itu, beberapa orang juga mungkin akan mengalami reaksi alergi seperti ruam, kulit gatal, dan sebagainya pasca mengonsumsi lobster. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut ini apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadapnya.

Itu dia informasi mengenai manfaat lobster yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, mengonsumsi lobster secara rutin tidak serta merta membuat Anda sehat. Hal ini juga harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga dan makan buah-buahan. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai tata cara hidup sehat yang benar. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anonim. 2015. 5 Health Benefits from Eating More Lobsters. https://www.herworld.com/lifestyle/5-health-benefits-eating-more-lobsters-0 (Diakses pada 27 Desember 2019)
  2. Anonim. 3 Surprising Health Benefits of Lobster. https://csfbvi.com/news/3-surprising-health-benefits-of-lobster/ (Diakses pada 27 Desember 2019)
  3. Tremblay, S. Is Lobster Healthy Food? https://www.livestrong.com/article/402859-is-lobster-healthy-food/ (Diakses pada 27 Desember 2019)
  4. Ware, M. 2018. Everything you need to know about lobster. https://www.medicalnewstoday.com/articles/303332.php (Diakses pada 27 Desember 2019)