11 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

khasiat-lobak-putih-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda termasuk orang yang gemas mengonsumsi lobak putih? Jika Anda suka makan lobak putih maka itu bagus karena ada beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat lobak putih bahkan bisa menghindarkan Anda dari beberapa penyakit berbahaya.

Baca terus untuk mengenal lobak putih lebih jauh. Temukan informasi mengenai apa itu lobak, kandungan gizi lobak putih, manfaat lobak putih untuk kesehatan, dan informasi lainnya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu lobak?

Lobak adalah tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Nama ilmiah dari lobak adalah Raphanus sativus. Tumbuhan lobak masuk ke dalam famili Brassicaceae. Lobak juga tergolong ke dalam sayuran cruciferous.

Tumbuhan lobak berasal dari Tiongkok atau Cina. Lobak memiliki nama yang berbeda-beda. Dalam bahasa Hindi, lobak dikenal dengan nama mooli. Di berbagai negara, lobak juga memiliki nama lain seperti Radishmoolangi, mulo, mulanki, dan lainnya.

Lobak memiliki variasi warna seperti putih, merah, ungu, dan hitam. Di antara variasi lobak, lobak putih adalah varian lobak banyak dimanfaatkan oleh orang-orang. Lobak putih memiliki rasa manis dan agak pedas. Lobak putih bisa dimakan mentah seperti pada salad atau jus dan juga bisa diolah menjadi sayuran atau osengan.

Kandungan zat gizi lobak putih

Lobak putih mengandung zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat gizi makro yang ada di dalam lobak putih di antaranya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Meski tidak banyak, lobak putih juga memiliki kalori.

Tanaman lobak putih mengandung potasium dalam jumlah yang sangat banyak. Lobak putih juga mengandung mineral lain seperti sodium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Beberapa vitamin yang ada di dalam lobak putih yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

Anda telah mengetahui semua kandungan nutrisi yang ada di dalam lobak putih. Manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh sangat erat kaitannya dengan zat-zat gizi yang telah disebabkan. Anda bisa meningkatkan derajat kesehatan dan mencegah beberapa penyakit dengan mengonsumsi lobak putih.

Berikut ini adalah beberapa khasiat lobak putih untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lobak putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kehadiran antioksidan di dalam lobak putih yang didapatkan melalui kandungan vitamin C. Peningkatan sistem kekebalan tubuh terjadi karena vitamin C telah memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain vitamin C, beberapa kandungan zat gizi lainnya seperti vitamin B, vitamin E, dan potasium juga turut berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Pengonsumsian lobak putih secara teratur bisa mencegah Anda jatuh sakit dan tidak mudah tertular penyakit.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki masalah berat badan yang berlebih maka mengonsumsi lobak putih bisa menjadi solusi karena khasiat lobak putih bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Lobak putih mengandung serat dan kandungan air yang tinggi.

Kandungan serat pada lobak putih akan menambah massa tinja Anda dan membantu membuangnya. Selain itu, serat tersebut juga membuat Anda terasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda untuk makan lebih banyak.

3. Membantu detoksifikasi

Makanan dan minuman yang Anda makan mengandung racun-racun yang berbahaya jika tidak segera dibuang. Racun yang dibiarkan menumpuk bisa mengganggu kesehatan Anda dan memicu berbagai masalah medis.

Manfaat lobak putih bisa membantu Anda untuk membuang racun-racun tersebut. Kandungan zat yang ada di dalam lobak putih bisa menghilangkan limbah metabolisme tubuh yang bersifat racun sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

4. Menjaga kesehatan kulit

Lobak putih ternyata juga bisa membuat kulit Anda tetap sehat. Khasiat lobak putih yang satu ini ada karena beberapa kandungan seperti air, vitamin C, vitamin B kompleks, dan berbagai mineral. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

Kulit yang tetap lembap akan terhindar dari gangguan kulit seperti kulit kering, kulit bersisik, kulit kusam, ruam kulit, dan kulit pecah-pecah. Oleh karena itu, konsumsilah lobak putih agar kulit Anda tetap sehat dan indah.

5. Membantu proses pencernaan

Manfaat lobak putih juga bisa membantu proses pencernaan. Hal ini tidak lepas dari dukungan serat yang terkandung di dalam lobak putih. Serat makanan pada lobak putih bisa membantuk gerakan usus menjadi lebih teratur.

Selain itu, serat makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem pencernaan tubuh bisa metabolisme tubuh membaik. Khasiat lobak putih juga bisa membersihkan usus Anda dari berbagai zat penggangu kesehatan karena mengandung serat makanan.

6. Melindungi dan menjaga organ hati

Organ hati adalah organ yang sangat penting dijaga karena hati memiliki banyak fungsi. Fungsi hati yang sangat banyak bisa terganggu jika hati memiliki banyak masalah. Oleh karena itu, perlindungi terhadap hati harus dilakukan.

Manfaat lobak putih bisa menjaga kesehatan hati dan mengatasi beberapa masalah. Khasiat lobak putih yang dapat melakukan detoksifikasi tubuh ternyata bisa mengurangi kerja hati. Ini bisa mencegah hati dari kerusakan karena beban kerja menetralisir racun.

7. Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga kesehatan organ hati, manfaat lobak putih juga dapat menjaga kesehatan organ jantung. Serat makanan yang dikandung oleh lobak putih dapat menyerap kolesterol untuk dibuang. Hal ini berdampak pada penurunan kadar lipid darah.

Kadar lipid darah yang berkurang adalah kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Jika kadar kolesterol LDL dan kadar trigliserida menurun maka hal ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

8. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium yang sangat tinggi pada lobak putih ternyata memiliki khasiat terhadap tekanan darah. Berkat kandungan potasium, manfaat lobak putih ternyata bisa mengendalikan tekanan darah.

Hal ini dikarenakan potasium pada lobak putih dapat mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium di dalam tubuh. Pengonsumsian lobak putih bisa menurunkan tekanan darah. Ini sangat baik bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Mengontrol kadar gula darah

Tidak hanya tekanan darah, lobak putih ternyata juga bisa mengontrol kadar gula darah. Sayuran cruciferus ini memang memiliki kemampuan hipoglikemik yang bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

10. Mengobati demam dan flu

Jika Anda atau keluarga Anda mengalami demam atau flu maka jangan tergesa-gesa untuk mengambil obat-obat kimia. Manfaat lobak putih ternyata bisa mengobati demam dan flu. Ini dikarenakan lobak putih mengandung zat-zat yang bersifat antibiotik sehingga mampu mengatasi infeksi yang menyebabkan demam dan flu.

11. Mencegah radang tulang rawan

Manfaat lobak putih bisa membantu mengobati osteoartritis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam lobak putih dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Vitamin C di dalam lobak putih juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan. Pengonsumsian lobak putih pun bisa mencegah Anda dari radang atau nyeri pada tulang rawan.