Terbit: 16 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Lo han kuo adalah sejenis buah-buahan yang memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari buah yang kerap dijuluki sebagai ‘buah biksu’ ini? Berikut informasi selengkapnya!

11 Manfaat Lo Han Kuo, Si ‘Buah Biksu’

Apa Itu Lo Han Kuo?

Lo han kuo—atau luo han guo—adalah buah yang berasal dari daratan Tiongkok Selatan dan Thailand Selatan. Buah yang memiliki nama ilmiah Siraitia grosvenorii ini memiliki bentuk yang menyerupai melon namun dengan ukuran yang lebih kecil. Dikenal sebagai ‘buah biksu’ karena konon katanya, buah ini pertama kali dibudidayakan oleh biksu pada berabad-abad yang lalu.

Hingga kini, buah lo han kuo masih dipercaya sebagai salah satu medium pengobatan tradisional Tiongkok atau Traditional Chinese Medicine (TCM). Selain untuk mengobati sejumlah penyakit, buah ini juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pemanis buatan.

Manfaat Lo Han Kuo bagi Kesehatan Tubuh

Makan buah biksu secara rutin akan membuat tubuh senantiasa sehat, pun mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko sejumlah penyakit berbahaya. Berikut adalah manfaat dari buah ini yang perlu Anda ketahui!

1. Membantu Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat lo han kuo yang pertama adalah dapat membantu menjaga maupun menurunkan berat badan Anda. Hal ini oleh karena buah tersebut tidak mengandung kalori, karbohidrat, atau lemak sama sekali.

Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau sekedar ingin menjaga berat badan agar tidak bertambah, mengonsumsi buah ini setiap hari bisa jadi salah satu pilihan. Caranya adalah dengan menjadikan buah ini sebagai bahan pemanis makanan alih-alih menggunakan gula biasa.

2. Menjaga Kadar Gula Darah tetap Normal

Rasa manis buah biksu berasal dari senyawa alami yang bernama mogrosida. Kabar baiknya, senyawa ini aman bagi penderita diabetes karena tidak meningkatkan gula darah. Meski begitu, makanan dan minuman yang dimaniskan dengan buah biksu—mungkin ditambah gula dan bahan lain—dapat meningkatkan jumlah karbohidrat dan kalori.

3. Mengatasi Peradangan Tubuh

Berdasarkan sebuah studi tahun 2011, luo han guo adalah buah yang juga dapat mengatasi peradangan pada tubuh. Ya, kandungan zatnya memiliki sifat antiinflamasi. Itu sebabnya, buah ini kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan terkait dengan radang, contohnya sakit tenggorokan.

4. Merawat Kesehatan Jantung

Merawat kesehatan jantung dan mencegah organ tersebut dari penyakit berbahaya menjadi manfaat lo han kuo selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Ini karena pada pada buah tersebut terkandung zat-zat yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Seperti yang kita ketahui, kolesterol adalah salah satu pemicu dari penyakit jantung. Ada banyak sekali kasus penyakit jantung yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh.

5. Mengatasi Infeksi

Luo han guo juga mengandung zat yang bersifat antimikroba. Ini lantas membuat buah tersebut dapat menghambat pertumbuhan mikroba penyebab infeksi, dan sebaliknya, meningkatkan aktivitas bakteri ‘baik’ di dalam tubuh seperti:

  • Casei
  • Bifidum
  • Salivarius
  • Acidophilus

6. Mencegah Gangguan Ginjal

Buah ini mengandung pemanis alami yang aman karena tidak menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula darah (glukosa). Hal ini lantas juga membuat buah tersebut juga dapat mencegah organ ginjal dari gangguan medis.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Buni, Efek Samping, dan Kandungannya

7. Mencegah Kanker

Pemanis buatan sangat terkait dengan berbagai jenis kanker karena bahan ini menyebabkan peradangan dalam tubuh yang lama-kelamaan dapat merusak sel-sel tubuh hingga akhirnya bermutasi menjadi sel kanker. Oleh karena itu, mengganti gula dengan buah biksu dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko Anda terkena kanker di masa mendatang.

Mogrosida yang ada pada buah ini menurut penelitian dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mogrosida hanya menurunkan jumlah kerusakan DNA oleh radikal bebas dengan mengoptimalkan sistem antioksidan dalam tubuh.

Sebuah studi pada tikus mengungkapkan bahwa mogrosides V menghambat perkembangan sel kanker pankreas. Mogrosida juga menghambat pertumbuhan sel leukemia, dan tenggorokan serta kanker kolorektal. Studi lainnya pun menunjukkan bahwa lo han kuo mengandung zat antikarsinogen yang mampu menghambat pertumbuhan tumor pada kulit dan payudara.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sifat antimikroba yang ada dalam buah ini juga membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus sehingga  sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, antioksidan pada luo han guo bekerja dengan cara melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

9. Membantu Meredakan Reaksi Alergi

Tubuh manusia terdiri dari sel mast yang memediasi respons histamin. Respons ini terjadi saat tubuh kita merasakan rangsangan asing seperti sengatan serangga atau pemicu alergi (alergen) lainnya.

Manfaat buah biksu juga termasuk membantu meredakan reaksi alergi. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini berpotensi menurunkan respons histamin terhadap alergi. Hasil penelitian tersebut mungkin belum terbilang kuat, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengonsumsi buah ini manakala reaksi alergi muncul.

10. Menjaga Keseimbangan Hormon

Penelitian mengungkapkan bahwa ada hubungan antara konsumsi pemanis buatan dengan otak. Mengonsumsi pemanis buatan menyebabkan ketidakseimbangan hormon otak hingga berujung pada sejumlah masalah seperti insomnia.

Selain itu, pemanis buatan yang berlebih juga mengganggu aliran darah sehingga berdampak pada keseimbangan hormonal seseorang. Hal ini kemungkinan besar tidak akan terjadi apabila pemanis yang Anda gunakan adalah buah lou han kuo. Zat pemanis alaminya justru akan menjaga hormon tetap seimbang sehingga mencegah tubuh dari ketidakseimbangan hormon tersebut.

11. Mengatasi Stres dan Depresi

Buah ini dapat menjaga kadar hormon tetap seimbang, maka mengonsumsinya juga bisa membantu Anda dalam mengatasi gangguan psikologis berupa stres dan depresi. Ini mungkin belum dapat dipastikan, namun tidak ada salahnya untuk coba memakannya, bukan?

 

  1. Capritto, A. 2020. Monk Fruit Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/monk-fruit-benefits-side-effects-uses-4588601 (accessed on 16 October 2020)
  2. McDermott, A. 2017. Why Everyone’s Going Mad for Monk Fruit. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/monk-fruit-health-benefits#health-benefits (accessed on 16 October 2020)
  3. Rinkesh. year unknown. 13 Amazing Health Benefits of Monk Fruit. https://www.conserve-energy-future.com/monk-fruit-benefits.php (accessed on 16 October 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi