10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah

aloe-verra-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Aloe vera atau lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Manfaat itu terdiri dari mengatasi masalah sembelit karena memiliki banyak serat hingga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit khususnya di bagian wajah. Lidah buaya bisa digunakan secara langsung atau diolah dahulu menjadi produk yang aman dan siap pakai.

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya memiliki cukup banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dari kulit wajah. Dengan mengaplikasikan secara langsung atau dengan menggunakan produk olahan dari lidah buaya, beberapa jenis manfaat di bawah ini bisa segera didapatkan.

  1. Mengatasi luka terbakar ringan

Kalau wajah Anda mengalami luka bakar ringan seperti terkena api dari korek atau mungkin rokok, lidah buaya bisa membantu menanganinya. Selamanya luka tidak membuat kulit jadi melepuh hingga perdarahan, Anda bisa menggunakan krim dengan bahan dasar lidah buaya. Bersihkan dahulu area wajah yang terbakar dengan air dingin lalu segera oleskan perlahan-lahan hingga merata.

  1. Menyembuhkan sunburn

Menikmati liburan di pantai memang sangat menyenangkan. Namun, sinar matahari yang ada di pantai sangat terik dan bisa memicu sunburn di kulit. Kulit bisa terbakar dengan stadium yang beragam. Stadium ringan hanya akan menyebabkan rasa perih dan panas. Namun, kalau sudah parah bisa melepuh. Lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi luka secara perlahan-lahan dan menghindari kerusakan.

  1. Memperbaiki gesekan di kulit

Gesekan di kulit wajah bisa terjadi karena banyak hal. Terkadang kaos yang digunakan menggesek wajah saat dipakai. Wajah yang tergesek akan terasa sakit dan bisa memunculkan area berwarna merah. Untuk mengembalikan kulit wajah agar kembali seperti semula, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin atau langsung dengan lidah buaya.

  1. Menyembuhkan luka sayatan

Luka sayatan akibat benda tajam kalau tidak terlalu parah juga bisa disembuhkan oleh lidah buaya. Luka akan dibuat mudah mengering dan kulit kembali seperti semula. Luka sayatan tidak akan terlihat lagi atau menjadi sangat samar-samar sehingga nilai estetika dari wajah tidak akan mengalami penurunan.

  1. Mengatasi kulit yang kering

Kulit wajah kerap mengalami dua masalah besar, pertama terlalu berminyak dan memicu jerawat. Selanjutnya kulit mudah sekali kering dan terlihat sangat kusam. Kalau Anda memiliki kulit yang sangat kering, ada baiknya diberi pelembab, sering dicuci dengan air dingin atau dengan mengaplikasikan lidah buaya secara rutin.

  1. Mengembalikan kulit yang beku

Kalau Anda sedang berada di lingkungan yang dingin seperti sedang musim salju di negara empat musim, kulit bisa saja membeku. Kulit yang membeku biasanya terasa sangat nyeri dan kadang sampai mengalami perdarahan. Lidah buaya bisa mengembalikan kondisi kulit kembali seperti semula.

  1. Mengatasi gejala herpes

Herpes bisa muncul di sekitar wajah khususnya di dekat mulut. Saat herpes muncul biasanya akan muncul cluster yang berisi banyak bisul yang di dalamnya berisi banyak sekali air. Area ini terasa sakit, panas, dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kalau Anda mengalami kondisi ini, lidah buaya membantu menurunkan rasa sakit dan panasnya agar lebih nyaman.

  1. Menyembuhkan kulit dari eksim

Eksim yang muncul pada kulit wajah menyebabkan permukaan menjadi sangat kering dan terasa kasar. Kondisi ini menyebabkan kulit terlihat sangat kusam dan terasa gatal. Eksim juga kadang menyebabkan area wajah agak berminyak dan menurunkan nilai estetikanya. Pengaplikasian lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi gatal dan kering berlebihan.

  1. Mengatasi inflamasi akibat psoriasis

Inflamasi akibat psoriasis juga bisa muncul di area wajah. Kondisi ini menyebabkan wajah terasa tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya sebanyak dua kali dalam sehari di area yang terdampak.

  1. Mencegah inflamasi akibat jerawat

Masalah wajah yang sering muncul dan agak sulit untuk diatasi adalah jerawat yang jumlahnya banyak dan mengalami inflamasi. Akibatnya kulit wajah jadi mengalami pembengkakan dan tidak nyaman saat disentuh. Salah satu cara untuk meredakan inflamasi yang muncul akibat jerawat adalah dengan mengaplikasikan gel dari lidah buaya secara rutin agar area itu menjadi lebih adem dan mengecil.

Cara menggunakan lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya bisa diaplikasikan secara langsung dengan membuat gelnya sendiri. Anda bisa mengupas lidah buaya lalu dicuci bersih. Gel yang ada di tengah daun bisa ditumbuk lalu diaplikasikan langsung ke kulit. Cara ini bisa Anda lakukan kalau memiliki daun lidah buaya segar dalam jumlah banyak.

Kalau Anda tidak memiliki daun lidah buaya yang banyak, lebih baik membeli produk yang sudah jadi. Ada banyak jenis krim lidah buaya di pasaran yang bisa digunakan secara langsung dan aman karena diolah dengan benar.

Kemungkinan efek samping dari lidah buaya

Efek samping penggunaan lidah buaya tetap ada apalagi kalau Anda mengolahnya sendiri. Bisa saja gel yang dibuat tidak higienis dan memungkinkan bakteri hidup di sana saat pengolahan dilakukan.

Beberapa orang yang kulitnya sangat sensitif mengaku sering mengalami nyeri dan gatal, bahkan mengalami bentol-bentol. Jadi, sebelum mengaplikasikan lidah buaya ke kulit ada baiknya untuk mengecek dahulu kondisi kulit dengan mengoleskannya di tangan. Kalau terasa tidak nyaman, jangan digunakan di wajah.

Inilah beberapa manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan kulit di wajah. Dengan mengaplikasikan lidah buaya secara langsung di wajah secara rutin, kulit akan menjadi lebih sehat dan tidak kering. Dari beberapa manfaat dari lidah buaya di atas, mana saja yang ingin Anda dapatkan atau sudah pernah Anda dapatkan selama ini?