Terbit: 26 Oktober 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokerSehat.Com – Siapa sih yang tidak kenal lidah buaya? Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak hanya mampu untuk mengatasi berbagai penyakit dan menyelesaikan berbagai masalah wajah, lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan rambut yang sehat, lho!

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Perawatan yang Cocok untuk Semua Tipe Rambut!

Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan jenis tanaman dari genus aloe vera. Ada banyak sekali jenis aloe lainnya dan hampir semuanya memiliki bentuk yang mirip. Tetapi aloe vera dan lidah buaya merupakan salah satu yang banyak ditemui di Indonesia dan juga banyak dibudididayakan karna manfaatnya sangat banyak mulai untuk dikonsumsi, untuk kesehatan, hingga untuk kecantikan.

Jika berbicara tentang manfaat lidah buaya untuk rambut, tentunya sangat berkaitan erat dengan kandungan yang ada pada lidah buaya. Bukan tanpa alasan memang lidah buaya menjadi tanaman yang sangat banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan dan juga kesehatan.

Lidah buaya dapat dikatakan sebagai tanaman yang kaya akan nutrisi. Lidah buaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, zinc, hingga besi. Lidah buaya juga dipercaya kaya akan zat antioksidan seperti fenol, flavonoid, dan saponin.

Kandungan lidah buaya lain yang juga memiliki manfaat untuk rambut adalah asam amino. Selain itu, kadar air yang tinggi dalam lidah buaya juga merupakan salah sau alasan lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu buktinya adalah banyak ditemukannya produk perawatan rambut yang berbahan dasar lidah buaya. Tapi selain menggunakan produk perawatan rambut untuk lidah buaya, sebenarnya kita juga bisa langsung menggunakan tanaman lidah buaya untuk rambut sebagai perawatan sehari-hari.

Perawatan menggunakan lidah buaya langsung tentunya akan lebih aman dan kandungan asli dari lidah buaya juga akan lebih terjaga. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika melalukan perawatan lidah buaya untuk rambut:

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Lidah buaya untuk rambut juga aman digunakan untuk bayi dan anak-anak. Jadi Anda sebagai orang tua tidak perlu bingung untuk memilih perawatan rambut untuk anak karena lidah buaya yang sangat mudah didapat ini bisa menjadi pilihan Anda.

2. Mencegah rambut rontok

Kerontokan rambut adalah masalah rambut yang cukup meresahkan. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut yang sangat parah juga bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, masalah kerontokan rambut tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Selain merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan. Hal ini tentunya karena lidah buaya tidak hanya merangsang pertumbuhan rambut, tapi juga menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga rambut juga menjadi lebih kuat.

3. Mengatasi rambut rusak

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut rusak. Rambut rusak biasanya ditandai dengan rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Ada banyak penyebab dari rambut rusak mulai dari paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, hingga kebiasaan melakukan hair styling.

Selain menghindari faktor penyebabnya, Anda juga bisa mengatasi rambut rusak dengan cara melakukan perawatan lidah buaya untuk rambut. Menggunakan masker lidah buaya secara rutin dapat memelihara keratin rambut sehingga rambut dapat sehat kembali.

Lidah buaya akan membantu mengembalikan dan mengunci kelembapan rambut sehingga rambut tidak kering lagi. Rambut yang tadinya kasar juga akan berangsur menjadi halus karena keratin rambut yang terjaga akan dapat memelihara kutikula rambut sehingga rambut yang kasar akan berkurang.

Tetapi untuk rambut bercabang, sebaiknya potong rambut bagian bawah untuk menghilangkannya. Lidah buaya dapat membantu rambut yang bercabang tidak muncul lagi setelahnya.

4. Mengatasi rambut berminyak

Tidak hanya dapat mengatasi rambut rusak, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah rambut lepek. Sama halnya perawatan kecantikan dengan lidah buaya yang dapat dilakukan untuk semua jenis kulit. Perawatan lidah buaya untuk rambut juga cocok untuk semua jenis rambut.

Rambut lepek atau terlalu berminyak adalah disebabkan produksi minyak berlebih di kepala. Lidah buaya dapat mengontrol produksi minyak berlebih tersebut tanpa membuat kulit kepala menjadi kering dan menyebabkan masalah lainnya.

5. Mengembalikan warna rambut

Rambut yang rusak terkadang tidak hanya ditandai dengan rambut kering, kasar, dan bercabang, tapi sebagian orang juga merasakan hilangnya warna asli rambut. Bagi orang Indonesia yang mayoritas memiliki pigmen rambut berwarna hitam, pudarnya warna rambut biasanya akan membuat warna rambut berubah menjadi kemerahan atau kekuningan.

Kondisi ini tentunya amat mengganggu dan mengesankan rambut yang kurang sehat. Merawat rambut dengan lidah buaya secara rutin dapat membantu Anda mengembalikan warna asli dan kilau rambut Anda.

6. Mengatasi ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adala dermatitis seboroik. Pemicu dermatitis ini bisa bermacam-macam, termasuk juga akibat bakteri dan jamur. Lidah buaya yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi dapat membantu untuk mengatasi masalah ini.

Ketika mengaplikasikan lidah buaya, terdapat cooling sensation yang akan Anda rasakan di kulit kepala sehingga kepala yang terasa gatal akibat ketombe pun akan lebih tenang dan nyaman.

7. Menutrisi alis dan bulu mata

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah untuk menutrisi bulu mata dan alis. Setiap masalah yang dialami rambut di kepala mulai dari ketombe hingga kerontokan juga bisa dialami alis dan bulu mata. Maka dari itu, menjaga kesehatan alis dan bulu mata juga menjadi hal yang sangat penting.

Aplikasikan gel lidah buaya setiap hari pada bagian alis dan bulu mata dengan hati-hati untuk mndapatkan bulu mata yang lebih subur, kuat, tebal, dan juga sehat.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut

Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut dengan cara menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut secara rutin. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan masker rambut lidah buaya:

  • Siapkan dua lembar lidah buaya ukuran sedang atau satu yang berukuran besar.
  • Potong dan kupas lidah buaya dan ambil bagian daging buah dan juga gelnya.
  • Hancurkan bagian daging buah hingga halus dan bercampur dengan gelnya.
  • Aplikasikan gel lidah buaya tersebut ke seluruh rambut.
  • Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di kulit kepala sambil dipijat selama beberapa menit.
  • Diamkan selama 30-60 menit, jika diperlukan tutup kepala menggunakan shower cap atau handuk.
  • Bilas kembali rambut hingga bersih dari semua gel lidah buaya.
  • Lakukan perwatan ini satu atau dua minggu sekali untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Perawatan lidah buaya untuk rambut bisa Anda rasakan manfaatnya jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Selain mengaplikasikan masker pada rambut, Anda juga bisa mengaplikasikan masker ke wajah untuk mendapatkan berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi