Terbit: 28 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Liburan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Menyambut libur tahun baru, sudahkah Anda menentukan destinasi yang tepat untuk berlibur? LBukan hanya dapat mengurangi stres akibat tekanan rutinitas sehari-hari, tapi juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat liburan berikut ini!

7 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan, Bisa Memperpanjang Usia!

Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Liburan tentu saja bukan sekedar ajang untuk membuang-buang uang. Liburan bisa menjadi ajang untuk ‘resfreshing’ di tengah-tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Selain untuk menyegarkan pikiran, ternyata ada banyak sekali manfaat liburan bagi kesehatan, lho! Berikut adalah 7 manfaat liburan yang wajib Anda ketahui!

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat liburan bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Perjalanan ke tempat baru akan mempertemukan Anda dengan lingkungan baru dan berbagai pengalaman yang baru. Hal ini akan merangsang otak untuk membangun ketahanan sel yang dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif.

Pengalaman bertemu dengan orang baru, lingkungan baru, budaya baru, dan situasi yang baru ini dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi seseorang. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa liburan dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif.

2. Meningkatkan sistem imun

Meningkatnya sistem imun tubuh juga adalah salah satu manfaat liburan bagi kesehatan. Adanya antibodi adalah untuk melindungi tubuh dari patogen. Ketika melakukan perjalanan, tubuh akan beradaptasi dengan lingkungan baru dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, justru sebaliknya antibodi dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Hal ini lah yang membuat orang yang sering melakukan perjalanan tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengunjungi tempat yang baik untuk kesehatan

Anda kemungkinan dapat menemukan tempat-tempat yang baik untuk kesehatan. Terdapat beberapa tempat wisata yang tidak hanya menjadi tempat berlibur saja, tapi secara langsung dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Contohnya seperti berendam air panas di sumber alami.

Berendam air hangat dapat membantu relaksasi otot dan menjadikan tubuh lebih bugar. Selain itu, berendam di air alami yang kaya mineral, mungkin juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kulit Anda. Berbagai manfaat yang tidak dapat Anda dapatkan hanya dengan berendam air hangat di rumah bisa Anda dapatkan ketika liburan.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Benarkah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular merupakan salah satu manfaat liburan? Dilansir dari Forbes, Dr. Mehmet Oz menyatakan bahwa liburan dapat menurunkan sebanyak 32% angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular pada pria. Kurangnya liburan juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita.

Hal ini juga dibuktikan dengan bukti lainnya. Seperti yang dilansir The Chopra Center, terdapat informasi yang ditampung oleh Framingham Heart Study, salah satu penelitian menunjukan bahwa wanita yang liburan setiap enam tahun atau lebih jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskulat delapan kali lebih tinggi.

Manfaat liburan untuk mencegah penyakit jantung ini diyakini karena pada darasnya berlibur dapat meningkatkan aktivitas fisik seseorang. Jika kita melakukan aktivitas fisik lebih banyak, tentunya masih pada batas normal, maka kesehatan jantung juga semakin meningkat.

5. Menjaga kebugaran

Disadari atau tidak, manfaat liburan bagi kesehatan juga dapat menjaga kebugaran. Sepeti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa liburan mengharuskan kita untuk beraktivitas fisik lebih banyak.

Tentunya Anda tidak ingin perjalanan Anda menjadi sia-sia, sehingga Anda merasa penasaran dengan berbagai kegiatan yang mungkin bisa dilakukan di tempat yang dikunjungi. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa beragam mulai dari jalan kaki menelusuri kota, melakukan olahraga ekstrim, berenang, hiking, dan masih banyak kegiatan lainnya.

6. Mencegah depresi

Manfaat liburan untuk mencegah dan mengatasi stres tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menjalani rutinitas yang sama setiap hari sangat mungkin membuat Anda bosan dan merasa tertekan. Maka dari itu, Anda membutuhkan liburan. Berlibur dapat membuat seseorang lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi.

7. Membuat umur panjang

Bagaimana liburan bisa membuat umur seseorang lebih panjang? Ternyata, manfaat liburan bagi kesehatan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian.

Selain itu, liburan dapat meningkatkan sistem imun dan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit. Liburan juga sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Semua manfaat tersebutlah yang membuat liburan dipercaya dapat membuat seseorang lebih panjang.

Tips Liburan Sehat dan Menyenangkan

Liburan secara rutin memang dapat membawa efek jangka pendek maupun jangka panjang bagi kesehatan, tapi tentunya liburan tersebut juga harus merupakan liburan yang tidak mengganggu kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ketika liburan!

1. Buat perencanaan yang matang

Tips pertama, buatlah perencaaan liburan yang matang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan liburan yang efisien sehingga tidak membuat Anda terlalu kelelahan atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Perhatikan jarak tempuh ke tempat yang akan dituju, cuaca di tempat yang akan dituju, hingga jalan dan situasi yang akan dilewati selama perjalanan.

2. Jaga pola makan

Ketika berlibur, mungkin Anda juga akan melaksanakan wisata kuliner. Tidak ada salahnya memang mencicipi makanan khas dari suatu daerah atau negara, tapi pastikan juga bahwa asupan gizi Anda tetap seimbang.

Begitu juga ketika sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan, asupan makanan harus tetap terjaga. Bagi yang sering mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya pilih makanan dan minuman yang bisa menghindari Anda dari mual.

3. Jaga pola tidur

Ketika sedang berlibur ke tempat baru, Anda mungkin sebisa mungkin ingin memaksimalkan waktu, tapi hal ini bukan alasan untuk mengurangi waktu tidur Anda. Jika tidak ingin kesehatan Anda terganggu, maka sebaiknya cukupkan tidur Anda. Pertimbangkan juga adanya jet lag ketika bepergian ke tempat yang jauh menggunakan pesawat.

Itu dia berbagai manfaat liburan bagi kesehatan dan tips untuk mendapatkan liburan yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi