Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lentil merupakan salah satu jenis polong-polongan yang kaya akan nutrisi untuk tubuh. Anda akan menemukan berbagai nutrisi seperti vitamin K, serat makanan, protein tanpa lemak, kalium, zinc, niacin, folat, zat besi dan kalsium. Cara memasaknya juga sangat mudah dan bisa Anda tambahkan dalam makanan Anda sehari-hari.

lentil-untuk-kecantikan-doktersehat-1

Selain baik untuk tubuh, ternyata lentil juga memiliki manfaat luar biasa dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Rambut yang lebih lebat

Tingginya zat besi yang terkandung dalam lentil bisa membantu Anda mengatasi masalah kerontokan rambut. Zat besi tersebut akan membawa oksigen ke folikel rambut yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Jadi, dengan rajin mengonsumsi lentil, Anda akan mendapatkan rambut yang lebih lebat dan lembut.

2. Anti penuaan dini

Lentil juga bermanfaat untuk mencegah terjadinyaa penuaan dini. Kandungan protein dan serat yang tinggi membuat Anda bisa memenuhi seperempat rekomendasi kebutuhan kedua nutrisi tersebut. Makanlah setiap pagi agar Anda merasa lebih kenyang dan menghilangkan perasaan ingin makan camilan.

3. Mencerahkan kulit

Selain dikonsumsi, lentil juga bisa Anda gunakan sebagai bahan perawatan kulit. Bahkan, polong-polongan ini juga dapat membantu mencerahkan kulit. Caranya, Anda hanya perlu merendam 2 sendok makan lentil selama semalam, kemudian haluskan keesokan paginya. Tambahkan 2 sendok madu dan satu sendok sari lemon, kemudian oleskan merata pada wajah. Bilas setelah masker alami tersebut kering.

4. Menguatkan kuku

Mengonsumsi lentil juga berfungsi untuk menguatkan kuku Anda agar tetap kuat dan sehat. Selain memakannya, Anda juga bisa menghaluskan lentil yang sudah direndam, kemudian mengoleskannya pada kuku. Diamkan selama beberapa saat hingga kering sebelum membilasnya dengan air.

5. Terapi untuk kulit kering

Kulit kering merupakan masalah lain yang bisa sangat mengganggu. Berca-bercak kulit kering bisa diatasi dengan menggunakan masker berbahan dasar lentil. Caranya, rendam lentil merah dalam susu selama semalam. Kemudian oleskan pasta ini yang sudah dicampur dengan air mawar pada wajah setiap hari. Kulit kering Anda akan kembali sehat setelah menggunakan terapi ini.

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata lentil juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai tambahkan lentil dalam diet Anda sehari-hari, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi