Terbit: 23 November 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, bekicot merupakan hewan yang sudah lumrah untuk dikonsumsi. Manfaat bekicot untuk kesehatan juga sudah banyak dipercaya oleh masyarakat. Selain manfaat daging bekicot, terdapat juga berbagai manfaat lendir bekicot yang tidak boleh dilewatkan. Lendir bekicot dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk merawat kecantikan.

Manfaat Lendir Bekicot untuk Kesehatan dan Kecantikan, Benarkah Efektif untuk Tubuh?

Sekilas Tentang Bekicot

Bekicot atau Achatina fulica adalah salah satu jenis siput darah. Hewan moluska satu ini pada dasarnya berasal dari Afrika Timur, tetapi saat ini dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah di dunia. Bekicot merupakan jenis spesies yang dapat menjajah habitat secara masif, bahkan pada habitat yang bukan merupakan habitat aslinya.

Salah satu manfaat bekicot adalah untuk dikonsumsi, bahkan di negara seperti Prancis, bekicot dianggap sebagai salah satu jenis makanan mewah. Bekicot dipercaya sebagai sumber protein dan memiliki kandungan zat antikanker serta antioksidan. Manfaat bekicot lainnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain dagingnya yang dikonsumsi, manfaat lendir bekicot kini juga mulai dilirik oleh dunia. Jika dagingnya dikonsumsi, lendir bekicot justru dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Lendir bekicot memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang baik untuk kulit.

Lendir bekicot memiliki kandungan mineral seperti tembaga, zinc, dan zat besi. Lendir siput juga mengandung senyawa seperti copper peptides, hyaluronic acid, glycolic acid, glycoprotein enzymes, proteoglycans, antimicrobial peptides, dan banyak senyawa lainnya. Semua senyawa tersebut dibutuhkan dalam perawatan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Manfaat Lendir Bekicot

Lendir bekicot memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Sebagian sumber juga mengatakan terdapat beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan, namun penelitian terhadap manfaat ini memang masih sangat minim sehingga masih dipertanyakan efektivitasnya.

Manfaat Lendir Bekicot untuk Kecantikan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa lender bekicot memiliki kandungan senyawa yang dibutuhkan oleh kulit. Tidak heran jika perawatan menggunakan lendir bekicot mulai booming kembali beberapa tahun belakangan ini. Berikut adalah berbagai manfaat bekicot untuk perawatan kulit!

1. Melembabkan kulit

Manfaat bekicot yang pertama adalah untuk melembabkan kulit. Kandungan berbagai macam senyawa dalam lender siput memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi epidermis kulit sehingga kulit dapat lebih terjaga kelembapannya. Kebanyakan produk perawatan dari lendir siput juga memiliki klaim dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit terhindar dari masalah kulit kering.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat bekicot untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Timbulnya jerawat di wajah adalah akibat infeksi bakteri. Lendir siput memiliki kandungan antimikroba sehingga dapat mengatasi peradangan akibat bakteri seperti jerawat. Selain dapat mengatasi jerawat, lendir siput juga dipercaya dapat mencegah jerawat datang kembali.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Selain mengatasi jerawat, manfaat bekicot untuk kulit lainnya adalah dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Penemuan manfaat bekicot yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960-an di mana seorang ahli onkologi asal Spanyol, Dr. Rafael Abad Iglesias, yang melakukan penelitian sel kanker terhadap siput, menemukan bagian kulit siput yang sembuh dari luka lebih cepat.

Setelah itu dilakukan penelitian pada kulit manusia dan ditemukan bahwa lendir siput juga dapat bekerja sebagai antiinflamasi pada kulit manusia. Jadi bukan hanya mengatasi jerawat saja, lendir siput juga dapat membantu meredakan jenis luka di kulit lainnya.

4. Menyamarkan bekas luka

Manfaat bekicot untuk kulit selanjutnya adalah menyamarkan bekas luka. Manfaat lendir bekicot yang satu ini berkaitan dengan berbagai senyawa dalam lendir bekicot yang dapat memicu produksi kolagen, elastin fibers, dan fibronectin yang bekaitan dengan proses regenerasi kulit. Perawatan yang tepat dan regenerasi kulit yang berjalan baik akan dapat membuat kulit lebih sehat dan noda hitam atau bekas luka pun dapat tersamarkan.

5. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini adalah salah satu klaim paling populer dari perawatan wajah menggunakan bekicot. Sebagian produk bahkan mengklaim dapat menyamarkan garis halus yang sudah terlanjur muncul di wajah. Hal ini tentu masih berhubungan dengan manfaat bekicot yang mampu memperlancar regenerasi kulit.

Manfaat Lendir Bekicot untuk Kesehatan

Selain manfaat untuk kecantikan, beberapa sumber juga menyatakan bahwa terdapat menfaat lendir bekicot untuk kesehatan. Manfaatnya adalah seperti mengatasi sakit gigi, sebagai pengobatan TBC, hingga mengatasi gagal ginjal. Namun penggunaannya masih menggunakan cara tradisional dan belum terdapat penelitian untuk memastikan kebenarannya.

Jika belum terdapat bukti medis dari manfaat bekicot untuk kesehatan, tentunya keamaan dan efektivitasnya juga belum diketahui, sehingga pengobatan semacam ini pun tidak disarankan. Belum terdapat juga produk lendir bekicot yang mungkin dijadikan sebagai obat, sedangkan untuk penggunaan langsung akan sangat berisiko karena bekicot liar berpotensi untuk membawa parasit yang berbahaya bagi tubuh.

Seberapa Efektif Perawatan dengan Lendir Bekicot?

Penggunaan lendir bekicot untuk kesehatan sudah dapat dipastikan kurang efektif. Bagaimana dengan manfaat bekicot untuk kecantikan? Perawatan menggunakan lendir bekicot dapat ditemukan dalam berbagai bentuk. Lendir bekicot dapat dijadikan bahan untuk berbagai produk seperti masker hingga serum. Terdapat juga terapi bekicot atau pijat wajah menggunakan bekicot hidup yang ditawarkan oleh salon kecantikan.

Pada dasarnya, sangat sulit untuk mengontrol kualitas dari lendir bekicot, karena setiap bekicot mungkin akan memproduksi lendir yang berbeda. Manfaat lendir bekicot untuk wajah sebenarnya tidak seistimewa yang didengar oleh masyarakat. Selain lendir bekicot, tentunya bahan lain dalam produk kecantikan tersebut juga memiliki andil dalam merawat kulit.

Jika seperti ini kenyataannya, tentunya bisa dikatakan bahwa menggunakan lendir bekicot secara langsung, belum tentu lebih baik daripada menggunakan produk dengan kandungan lendir bekicot yang kandungan lendirnya lebih sedikit. Padahal terapi bekicot tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menggunakan produk yang sudah ada di pasaran.

Selain itu, kita juga dapat membandingkan produk perawatan bekicot dengan produk dari bahan dasar lain seperti buah, herbal, atau bahkan clay. Terdapat berbagai produk kecantikan dengan harga yang beragam dan produk dengan kandungan lendir siput dapat dikatakan memiliki harga yang cukup tinggi. Jika dibandingkan, manfaat setiap perawatan tersebut mungkin pada dasarnya tidak berbeda jauh.

Tips Perawatan dengan Lendir Bekicot

Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan perawatan dengan menggunakan produk kecantikan berbahan dasar siput. Baik atau tidaknya produk perawatan kulit tidak diukur dari harganya, melainkan dengan cocok atau tidaknya produk tersebut dengan kulit kita. Jika produk dengan bahan dasar lendir siput adalah yang paling efektif di kulit Anda, itu artinya Anda harus memilih perawatan ini dibandingkan dengan jenis perawatan lain.

Cara aman untuk memastikan produk tersebut aman atau tidak untuk kulit kita adalah dengan cara mencobanya sedikit saja pada bagian kulit tangan atau belakang telinga. Jika tidak muncul reaksi alergi, maka berarti produk tersebut aman untuk Anda gunakan. Sedangkan untuk mengetahui efektivitasnya, tentu harus dilakukan perawatan secara rutin dalam jangka waktu tertentu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi