10 Manfaat Lemon untuk Wajah agar Lebih Menawan

manfaat-lemon-untuk-muka-doktersehat

DokterSehat.Com – Lemon adalah salah satu varian buah jeruk yang cukup populer. Buah lemon tidak hanya dinikmati sebagai minuman segar saja. Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa manfaat lemon untuk wajah?

Mungkin banyak wanita yang tidak menyadari bahwa mereka tidak memerlukan produk perawatan wajah yang begitu mahal untuk memiliki wajah yang menawan. Kaum hawa bisa menggunakan lemon sebagai cara alami untuk mengatasi beberapa masalah pada wajah.

Baca lebih lanjut penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang buah lemon. Temukan informasi mengenai kandungan gizi buah lemon dan manfaat lemon untuk wajah di bawah ini.

Kandungan gizi buah lemon

Buah lemon adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium juga banyak dikandung oleh buah lemon. Kandungan-kandungan zat gizi tersebut ternyata bermanfaat untuk kecantikan tubuh terutama wajah.

Manfaat lemon untuk wajah agar lebih indah

Para wanita biasanya akan membeli produk-produk perawatan wajah atau mendatangi salon kecantikan untuk memiliki wajah yang lebih cantik dan menawan. Padahal ada beberapa manfaat lemon untuk wajah yang memiliki hasil serupa tetapi tidak membuat kantong bolong.

Manfaat lemon untuk wajah cukup luas. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah lemon. Anda bisa menerapkan lemon pada wajah Anda dalam bentuk jus atau masker wajah. Penggunaan lemon untuk wajah harus hati-hati bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lemon untuk wajah agar terlihat lebih menarik:

1. Membersihkan kulit wajah

Manfaat lemon untuk wajah bisa membersihkan kulit wajah Anda dari kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Kotoran-kotoran seperti debu bisa terangkat hanya dengan menerapkan air lemon sebagai toner pada wajah.

Caranya adalah sediakan beberapa ons air perasan buah lemon di dalam sebuah wadah bersih. Gunakanlah kapas untuk menyerap air lemon tersebut lalu usapkanlah ke wajah sambil memberi tekanan sedikit agar kotoran-kotoran bisa terangkat.

2. Menjaga kelembapan wajah

Tidak hanya krim pelembap wajah, buah lemon ternyata bermanfaat untuk menjaga kelembapan wajah. Gunakanlah air perasan buah lemon yang dicampur dengan beberapa tetes air kelapa. Campuran air lemon dan air kelapa bisa membantu menjaga kulit wajah tetap hidrasi dan lembap.

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

Apakah Anda tahu bahwa manfaat lemon untuk wajah bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati? Manfaat lemon untuk wajah memang bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah. Ini dikarenakan lemon mengandung antiseptik. Antiseptik bersifat mengelupas sel-sel kulit yang telah mati.

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Anda juga akan temukan bahwa manfaat lemon untuk wajah bisa mengecilkan pori-pori wajah dan menutupnya. Hal ini dikarenakan buah lemon bersifat sebagai astringen kulit yang bisa merangsang pori-pori kulit kembali tertutup sehingga kulit menjadi lebih kencang.

5. Mengencangkan kulit wajah

Tidak perlu menggunakan krim pengencang kulit. Anda bisa menggunakan buah lemon untuk memilih wajah yang kencang. Manfaat lemon untuk wajah bisa mengencangkan kulit. Selain karena bisa menutup pori-pori, lemon mengandung vitamin C tinggi sehingga kulit wajah terlihat tetap kencang.

6. Memutihkan wajah

Tidak sedikit wanita yang menginginkan kulit wajah putih berseri. Jangan tergesa-gesa untuk menggunakan produk pemutih wajah yang sangat mahal. Anda bisa menjadikan lemon sebagai bahan pemutih wajah alami.

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini tentunya sangat diinginkan oleh banyak wanita. Kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalam lemon bisa membantu mencerahkan kulit wajah sehingga nampak lebih putih.

7. Mengobati jerawat

Selain soda kue, lemon juga bermanfaat untuk mengobati jerawat di wajah. Jerawat di wajah memang sangat mengganggu kepercayaan diri Anda. Anda bisa menggunakan lemon untuk mengobati jerawat. Ini dikarenakan lemon mengandung bahan yang bersifat antibakter sehingga bisa menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

8. Mengatasi wajah berminyak

Apakah Anda memiliki masalah minyak berlebih pada wajah? Wajah berminyak memang seringkali mengganggu penampilan. Wajah menjadi telrihat lebih kusam apabila memiliki minyak berlebih. Anda bisa menggunakan lemon untuk mengatasinya. Manfaat lemon untuk wajah bisa untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

9. Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Sebagian besar wanita muda dan paruh baya tentunya memiliki rasa khawatir dan takut apabila tanda-tanda penuaan dini telah muncul. Tanda-tanda penuaan dini berupa keriput, age spot, dan pigmentasi bisa Anda atasi dengan menggunakan lemon.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bersifat antioksidan. Antioksidan pada lemon akan membantuk sel-sel kulit wajah menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan pada lemon juga akan merangsang peningkatan produksi kolagen kulit sehingga tanda penuaan bisa diatasi segera.

10. Membuat bibir lebih cerah

Pada wajah terdapat bagian yang cukup penting untuk penampilan agar terlihat lebih cantik dan indah. Bagian tersebut adalah bibir. Pada beberapa wanita yang memiliki bibir gelap akibat bawaan lahir, merokok, atau sebab lainnya bisa menggunakan lemon.

Lemon bisa membantu mencerahkan warna bibir. Ini dikarenakan lemon mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Sel-sel kulit mati ini cenderung membuat bibir nampak kusam dan gelap. Jadi bila sel kulit mati tersebut terangkat maka bibir pun terlihat lebih cerah.