Selain untuk Membersihkan Gigi, Ini 3 Manfaat Lain Pasta Gigi

manfaat-odol-doktersehat
photo credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Ketika sedang menggosok gigi, Anda pasti akan menggunakan pasta gigi atau yang biasa disebut dengan odol yang umumnya digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela gigi. Tidak hanya untuk membersihkan gigi saja, odol juga kerap digunakan sebagai obat yang dipercaya mampu menyembuhkan luka bakar.

Tahukah Anda bahwa odol ternyata masih memiliki manfaat lain di dalam kehidupan sehari-hari? Selain untuk menggosok gigi, berikut adalah 3 manfaat odol yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Membersihkan Noda di Dinding

Dinding bisa menjadi media menggambar paling sempurna bagi anak kecil di rumah. Pasalnya, mereka suka mencorat-coret dan menggambar apapun di dinding dan membuatnya menjadi kotor. Tentu saja, dinding yang penuh dengan coretan akan terlihat tidak menarik.

Mau tidak mau Anda harus segera mengecatnya kembali. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dinding tanpa harus mengecatnya kembali, yakni dengan membersihkannya menggunakan odol. Caranya, oleskan odol ke dinding yang akan dibersihkan. Kemudian gosok menggunakan kain lap yang kasar.

2. Membersihkan Noda pada Pakaian

Terkadang, ada banyak jenis noda yang bisa menempel pada pakaian. Noda tersebut tidak semuanya bisa dihilangkan hanya dengan dicuci menggunakan detergen saja. Bahkan, Anda juga perlu menggunakan alat pembersih noda untuk membersihkan noda yang membandel.

Pasta gigi ternyata bisa membersihkan noda yang membandel pada pakaian. Anda hanya perlu mengoleskan pada pakaian yang terkena noda kemudian kucek hingga noda tersebut hilang.

3. Membersihkan Permen Karet yang Menempel pada Rambut

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti permen karet menempel pada rambut?

Walaupun terdengar tidak masuk akal, tapi nyatanya banyak orang yang mengalaminya. Saat permen karet menempel pada rambut, akan sulit untuk membersihkannya. Bahkan di lain kasus, ada yang sampai mencukur rambutnya untuk membersihkan permen karet yang menempel tersebut.

Jika Anda mengalami hal serupa, sebaiknya jangan buru-buru mencukur rambut Anda. Sebab, ada cara yang ampuh untuk mengatasa masalah tersebut yaitu dengan menggunakan odol. Caranya, gunakan odol dan sikat gigi. Sikat perlahan pada rambut yang terkena permen karet hingga permen karet mengelupas dari rambut.