Oatmeal, Menu Diet yang Memiliki Segudang Manfaat

doktersehat oatmeal
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Pola hidup sehat memang sedang ramai dilakukan oleh generasi muda saat ini. Begitu banyak yang sadar akan kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat, rendah lemak dan kalori. Selain agar terhindar dari masalah kesehatan, pola hidup sehat itu juga dilakukan untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar tidak melar.

Salah satu menu makanan sehat yang sering dikonsumsi saat ini adalah oatmeal. Ya, oatmeal memang menjadi makanan favorit dan primadona bagi orang yang melakukan diet. Pasalnya, oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari olahan gandum sehingga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lantas, tahukah Anda bahwa ternyata oatmeal tak hanya baik dalam menurunkan berat badan? Perlu diketahui, oatmeal memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan Anda. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya.

1. Menyehatkan Jantung

Oatmeal kaya akan senyawa yang bernama lignin yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Dari hasil studi terbaru mengatakan bahwa setiap orang memiliki risiko penyakit jantung yang cukup hebat, untuk mencegahnya bisa dengan cara rutin mengonsumsi oatmeal setiap hari.

2. Lebih Ekonomis

Mungkin Anda sudah tahu kalau oatmeal memang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, bisa dikatakan jika oatmeal adalah makanan yang cukup ekonomis. Harganya murah, tapi bisa memberikan efek kenyang lebih lama, daripada nasi atau makanan pokok lainnya. Banyak yang menggunakan oatmeal sebagai pengganti makanan pokok ketika uang saku sudah menipis.

3. Menyembuhkan Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi memang sangat mengkhawatirkan. Jika tidak cepat diatasi, hipertensi tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius, misalnya serangan jantung dan stroke. Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi oatmeal secara rutin sebab makanan yang satu ini sangat kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam menstabilkan tekanan darah.