11 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bukan Cuma Turunkan Tekanan Darah!

manfaat-labu-siam-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa tidak kenal dengan labu siam? Sayuran yang memiliki bentuk mirip buah pir ini sangat populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya memiliki harga yang murah dan mudah untuk diolah, labu yang satu ini juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah kandungan dan manfaat labu siam yang wajib diketahui!

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Labu siam atau yang memiliki nama ilmiah Sechium edule adalah jenis sayuran yang mudah mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. Meskipun begitu, labu siam memilki kandungan kalori dan lemak yang sengat rendah. Lemak yang terkandung dalam labu siam juga merupakan lemak baik dan labu siam tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

Labu siam juga memiliki kandungan vitamin yang juga dibutuhkan tubuh mulai dari asam folat, vitamin C, vitamin B6, pantothenic acid (vitamin B5), niacin (vitamin B3), vitamin B1, vitamin B2, vitamin K, dan vitamin E. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral seperti kalium, sodium, kalsium, zat besi, zinc, fosforus, dan magnesium.

Sayuran yang memiliki nama chayote dalam Bahasa Inggris ini juga memiliki kandungan protein dan juga serat. Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah apigenin dan luteolin yang merupakan jenis senyawa flavonoid.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Labu siam bisa dikatakan sebagai salah satu sayuran dengan nutrisi yang cukup lengkap. Tidak heran jika labu siam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat labu siam untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat labu siam yang pertama dan paling terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi labu siam secara rutin oleh penderita hipertensi dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Efek diuretik dan kandungan antioksidan dalam labu siam adalah yang memiliki peran dalam penurunan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

Khasiat labu siam yang kedua adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, labu siam tidak mengandung kolesterol atau jenis lemak jahat lainnya. Hal ini lah yang membuat labu siam menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang memiliki masalah terkait dengan kolesterol.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat labu siam yang ketiga adalah menangkal radikal bebas. Labu siam memiliki kandungan senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin yang merupakan senyawa antioksidan. Maka dari itu, labu siam sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

4. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Kemampuan labu siam yang mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan menangkal radikal bebas menjadikan labu siam sebagai sayuran yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya mulai dari penyakit kardiovaskular hinggga penyakit kanker. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu siam juga membantu memelihara tubuh secara keseluruhan.

5. Sayuran penambah darah

Anemia merupakan jenis kelainan darah yang sangat umum dijumpai. Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah dengan cara mengonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung vitamin B2 dan zat besi, salah satunya adalah labu siam. Makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B2 dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga anemia dapat teratasi.

6. Baik untuk perkembangan janin

Manfaat labu siam selanjutnya adalah baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Labu siam mengandung asam folat yang cukup tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan juga DNA. Konsumsi labu siam untuk ibu hamil dipercaya dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

7. Menambah stamina

Khasiat labu siam selanjutnya adalah untuk menambah stamina. Beberapa kandungan senyawa dalam labu siam merupakan jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber elektrolit yang paling besar berasalah dari potasium atau kalium yang kandungannnya cukup tinggi dalam labu siam.

8. Menurunkan berat badan

Manfaat labu siam lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sedang melakukan penurunan berat badan dengan cara melakukan diet, ada baiknya memasukkan labu siam ke dalam salah satu menu diet Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa labu siam merupakan jenis sayuran yang mengenyangkan, rendah kalori, tidak memiliki kandungan lemak jahat, dan kaya akan serat. Hal ini lah yang membuat labu siam dapat menjadi sayuran yang sempurna untuk diet.

9. Mencegah sembelit

Manfaat labu siam selanjutnya adalah dapat mencegah sembelit. Konstipasi atau sembelit biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat. Labu siam tidak hanya mengandung serat, tetapi juga merupakan sayuran yang banyak mengandung air sehingga sangat cocok untuk memelihara saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

10. Mencegah penuaan dini

Khasiat labu siam yang tidak kalah penting lainnya adalah untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Munculnya gejala penuaan sebelum waktunya dapat disebabkan oleh berbagai sebab mulai dari pola hidup yang kurang sehat hingga paparan radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam labu siam dapat melawan radikal bebas dan juga ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi tubuh. Keduanya merupakan penyebab terjadinya penuaan dini.

11. Perawatan untuk batu ginjal

Tanaman labu siam juga bisa membantu perawatan batu ginjal. Namun manfaat labu siam satu ini bukan didapatkan dari buahnya, melainkan dari daunnya. Salah satu penelitian dari University of North Florida menemukan bahwa daun labu siam memiliki manfaat untuk mengatasi batu ginjal dan juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Cara Mengolah Labu Siam dan Daun Labu Siam

Jika ingin mendapatkan manfaat labu siam, maka labu siam harus diolah dengan benar. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa manfaat labu siam bisa didapatkan melalui buah dan juga daunnya. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Cara mengolah labu siam

Labu siam biasa dijadikan sebagai sayuran pelengkap di berbagai macam menu. Tapi jika ingin mendapatkan manfaat labu siam, sebaiknya masak labu siam dengan sederhana saja dengan cara mengukus atau merebusnya. Meskipun paling umum diolah dengan cara direbus, tapi labu siam muda juga sebenarnya bisa dimakan tanpa dimasak dan dijadikan lalapan atau campuran salad.

Cara kedua untuk mendapatkan khasiat labu siam adalah dengan cara minum air perasan labu siam. Umumnya cara ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah karena bekerja lebih cepat dibandingkan dengan konsumsi labu siam yang sudah dimasak. Caranya adalah dengan memarut labu siam atau menghancurkan labu siam dengan blender, kemudian ambil bagian airnya untuk diminum.

2. Cara mengolah daun labu siam

Daun labu siam juga bisa dinikmati dengan beberapa cara. Daun atau pucuk labu siam biasa diolah dengan cara ditumis. Cara lain untuk menikmati daun labu siam adalah dengan cara merebusnya. Jika merebus daun labu siam, maka baik daun maupun air rebusannya dapat Anda konsumsi dan memberikan manfaat bagi tubuh.

Itu dia 10 manfaat labu siam dan cara mengolah labu siam. Tidak disangka bukan jika sayuran yang sangat mudah ditemui dan harganya murah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Meskipun begitu, perlu diketahui labu siam hanya dapat dijadikan makanan pendamping saja, bukan menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!